×

blog/karpet-mobil-bisa-bikin-kecelakaan-cek-dulu-faktanya-112022

Karpet Mobil Bisa Bikin Kecelakaan? Cek Dulu Faktanya!

09 Nov 2022

Meski karpet mobil tidak berperan penting terhadap performa mesin, bukan berarti komponen ini tidak dibutuhkan. Tanpa karpet, kerangka bawah mobil tidak terlindungi dengan baik. 

Selain itu, suasana kabin juga akan terasa kurang nyaman serta mengganggu estetika. Ruangan kabin juga jadi tidak kedap suara. Tapi ingat, pemasangan karpet juga tidak boleh asal karena dapat menimbulkan masalah besar.

Beberapa kecelakaan lalu lintas yang terjadi disebabkan oleh pemasangan karpet yang tidak tepat. Mobil bisa kehilangan kendali akibat pedal gas yang terjerat karpet. 

Baca juga: Sejarah Airbag Sebagai Fitur Keselamatan Mobil

Tidak hanya itu, karpet yang tidak dipasang dengan benar juga bisa membuat pedal rem tersangkut. Hal ini jelas sangat berbahaya karena mobil bisa berhenti secara mendadak. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini!

 

Lakukan pengukuran dengan tepat

Risiko tersebut bisa dihindari apabila kamu menggunakan karpet mobil dengan ukuran yang tepat. Maka dari itu, disarankan untuk melakukan pengukuran sendiri alias custom karpet mobil sesuai dengan desain dan ukuran kabin supaya lebih presisi.

Namun, biasanya karpet custom cenderung lebih mahal dibandingkan produk siap pakai. Jika dana yang tersedia hanya bisa untuk membeli karpet siap pakai, pastikan kamu tidak membeli karpet untuk kendaraan yang berbeda, ya.

Baca juga:  7 Manfaat Rutin Servis AC Mobil

Hindari pula membeli karpet jenis universal mengingat adanya resiko desain yang tidak sesuai dengan kebutuhan mobil. Sebaiknya, belilah karpet yang dibuat khusus untuk mobil kamu.

 

Hindari memilih karpet yang terlalu tebal

Karpet mobil yang tebal memang memberikan rasa lebih nyaman dan kesan yang lebih berkelas. Namun, karpet yang terlalu tebal dapat mengganggu pergerakan pedal-pedal.

Jadi, selain ukuran, pastikan juga kalau ketebalannya pas dan sesuai dengan kebutuhan mobil.

 

Pilih karpet yang dilengkapi perekat

Pastikan karpet yang akan kamu gunakan dilengkapi dengan perekat atau pengunci yang kuat agar karpet tidak bergerak saat kendaraan. 

Baca juga: Cara Memoles Mobil Agar Tetap Kinclong

Dengan begitu, potensi karpet terkena pedal bisa dihindari. Selain itu, pergerakan kaki juga tidak akan terganggu akibat karpet yang licin.

 

Jenis karpet mobil

Nah, karpet mobil sendiri ada beberapa jenis dengan bahan yang berbeda-beda. Berikut pilihan beserta kelebihan dan kekurangannya

 

1. Bahan karet

Karpet dengan bahan ini terbuat dari karet asli. Usia pakainya tergolong lama, untuk membersihkannya juga mudah karena kotoran yang menempel mudah lepas saat dicuci. Hanya saja, harganya tergolong mahal dibandingkan bahan lainnya.

 

2. Bahan sintetis

Mirip dengan bahan karet, karpet berbahan sintetis juga mudah dibersihkan. Harganya pun lebih terjangkau. Namun, usia pakainya tidak selama karpet mobil karet.

 

3. Bahan PVC

Karpet berbahan PVC seringkali disebut karpet mie atau bihun lantaran permukaannya yang mirip kedua makanan tersebut. Dengan permukaan yang seperti itu, karpet berbahan PVC memiliki daya cengkram yang baik. 

Baca juga: Harga Towing Mobil, Ternyata Murah Loh!

Untuk membersihkannya juga tidak sulit, cukup dikibas-kibaskan apabila ketumpahan air. Sedangkan jika kotor, cukup dicuci dan disikat dengan sabun. Karpet jenis ini juga cepat kering saat dijemur. Harganya pun terjangkau.

 

4. Bahan beludru

Karpet berbahan beludru punya kesan yang mewah serta memberikan kenyamanan yang baik untuk kaki. Namun sayangnya, karpet jenis ini sulit dibersihkan dan dijual dengan harga yang tergolong mahal.

 

5. Bahan campuran

Terakhir adalah bahan campuran yang merupakan gabungan antara PVC dan karet sintetis. Ada juga yang hanya sekedar ditempel, misal karet dan kain beludru.

Karpet jenis ini biasanya dibuat oleh produsen untuk menekan harga agar lebih terjangkau, namun tetap awet.

Baca juga: Cara Mendapatkan Pelat Nomor Putih untuk Mobil Bekas

Apapun jenis karpet yang kamu pilih, yang terpenting pastikan ukuran dan pemasangannya tepat agar kamu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama berkendara.

Untuk informasi dan tips-tips menarik lainnya, kunjungi mobbi, ya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan