×

blog/kamus-istilah-jual-beli-mobil-biar-gampang-negosiasi-112022

Kamus Istilah Jual Beli Mobil Biar Gampang Negosiasi

23 Nov 2022

Tahu dan memahami istilah jual beli mobil bisa membuat proses tawar menawar menjadi lebih mudah dan lancar. Pahami deh kata-kata apa saja yang sering digunakan dalam proses tersebut.

Setelah mengetahui istilah jual beli mobil di atas, cari tahu juga tips agar saat menjual mobil tidak mengalami kerugian yang besar. Bagaimana sih tipsnya?

 

Tips jual mobil bekas 

Tentunya, hal pertama yang harus dicek sebelum jual mobil bekas kesayangan adalah memeriksa kondisinya. Lakukan pemeriksaan menyeluruh mulai dari fisik luar, kondisi mesin, kaki-kaki, sistem pengereman dan kelistrikan.

Baca juga: Kondisi yang Bisa Bikin Harga Mobil Bekas Jatuh

Setelah itu, apa lagi yang perlu dilakukan?

1. Cek dan tentukan harga mobil. Ingat, jangan kasih harga terlampau tinggi ya, sebaliknya juga jangan kasih harga terlalu rendah. Ini bisa merusak pasaran dan malah bisa bikin calon pembeli ilfil alias gak jadi nawar!

2. Pastikan dokumen lengkap. Nah ini paling utama, periksa kelengkapan dokumen seperti STNK dan BPKB. Kalau ada pajak yang tertunggak, sebaiknya bayar dulu. Kenapa? Ini bisa jadi salah satu trik menaikkan harga mobil kamu loh!

3. Salon dulu lah! Kesan pertama begitu menggoda. Nah, biar calon pembeli langsung kepincut ada baiknya mobil masuk salon dulu lah. Poles dan bersihkan bodi, kabin sampai ruang mesin. Setelah kinclong dijamin harganya bisa naik juga deh.

4. Pastikan kondisi mesin sehat. Sebelum dijual, pastikan tidak ada PR buat calon pembeli. Mesin harus dalam kondisi sehat, minimal selalu perawatan rutin di bengkel resmi biar harga jual gak jatuh ya.

5. Jual di tempat yang tepat. Memilih tempat menjual mobil paling pas tidak susah. Saat ini kamu bisa menjual mobil bekas dengan harga berkelas di mobbi. Caranya juga mudah, cukup lewat smartphone dan semua beres. Gampang kan?

Baca juga: Warna Mobil Paling Laku Jadi Faktor Penentu Harga Jual?

Lalu, bagaimana tips bagi kamu yang ingin membeli mobil bekas berkualitas dengan harga pantas? Gampang kok, ikutin aja langkah-langkah berikut.

 

Tips beli mobil bekas anti rugi

Agar tidak kecele alias alami kerugian besar saat membeli mobil bekas idaman, kamu sebaiknya menentukan bujet alias besaran dananya. Ingat ya, sesuaikan dan hitung dengan cermat agar biaya tidak membengkak akibat tergiur penawaran sales di lapangan!

Setelah dana ditentukan, langkah berikutnya agar tidak boncos atau rugi besar saat beli mobil bekas begini nih:

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Biaya Balik Nama Mobil Bekas dan Cara Mengurusnya

1. Periksa kondisi secara langsung. Jika beli di showroom mobil bekas, segera kunjungi dan lakukan pemeriksaan unit. Kamu bisa mengajak rekan yang paham kondisi mobil untuk membantu pemeriksaan. 

2. Pastikan bukan bekas banjir. Kamu dapat membedakan mobil bekas banjir dari aromanya. Biasanya, mobil yang terendam banjir menimbulkan aroma khas misalnya bau tidak segar saat memasuki area kabin.

3. Cek kelengkapan surat. Hal penting lainnya adalah menanyakan surat kendaraan, status pajak dan buku servis manual. Dalam dokumen tersebut tertera informasi penting bagi calon pembeli.

4. Tes drive. Jika sudah sreg, lakukan langsung pengetesan berkendara. Bisa memilih rute jalanan menanjak, menurun atau kondisi jalanan berlubang. Catat semua hal yang dirasa ganjil saat tes drive dan tanyakan ke penjual.

5. Beli di tempat terpercaya. Kamu bisa beli mobil lewat mobbi. Selain kualitasnya terjaga karena telah melewati proses inspeksi, harga jualnya juga cukup bersaing dan pantas. Selain itu proses pembelian dijamin aman dan bebas penipuan!

Nah, setelah membaca informasi tersebut, cukup mudah kan cara jual beli mobil yang menguntungkan. Jangan lupa, kuasai istilah jual beli mobil agar saat proses negosiasi jadi lebih lancar dan menguntungkan ya!

Untuk informasi dan tips-tips menarik lainnya, kunjungi mobbi, ya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan