×

blog/kaki-kaki-mobil-bunyi-apa-saja-yang-harus-dicek-dan-perbaiki-122022

Kaki-Kaki Mobil Bunyi, Apa Saja yang Harus Dicek dan Perbaiki?

16 Des 2022

Pernah mendapati kaki-kaki mobil bunyi? Bila iya, sebaiknya jangan diabaikan, ya. Sebab, bunyi yang muncul merupakan indikasi adanya masalah pada kaki-kaki. Bukan cuma bikin berkendara tidak nyaman, aspek keselamatan juga akan terganggu.

Kaki-kaki mobil yang bermasalah biasanya akan mengeluarkan suara gluduk-gluduk saat melintasi jalanan bergelombang. Berbagai hal bisa menjadi penyebabnya. Berikut, komponen-komponen yang harus kamu cek.

 

Long tie rod

Long tie rod merupakan tie rod, ball joint, dan rack end. Ketiganya saling bersinergi guna membuat gerak kaki-kaki mobil tetap selaras dengan setir. 

Baca juga: Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Kylian Mbappe, Mobil Siapa Paling Mewah?

Apabila long tie rod atau salah satu komponennya mengalami keausan, maka akan longgar dan menimbulkan bunyi gluduk-gluduk. Tak hanya itu, kendali setir pun menjadi lebih berat. Bila sudah begini, jangan menunda untuk memperbaikinya.

Kondisi aus pada long tie rod sendiri biasanya disebabkan oleh cara mengemudi yang tidak tepat saat melintas di jalan yang rusak. Untuk mencegahnya, hindari melaju dalam kecepatan tinggi saat di jalanan rusak.

 

Bushing arm

Komponen selanjutnya yang wajib dicek apabila kaki-kaki mobil bunyi adalah bushing arm yang berfungsi untuk menahan getaran dari ban dan mesin mobil. Umumnya, terdapat delapan buah bushing arm pada setiap mobil.

Baca juga: Biaya Perpanjang STNK 5 Tahunan Supaya Dapat Pelat Putih Baru

Bushing arm yang telah menipis dapat menjadi penyebab munculnya bunyi gluduk-gluduk pada kaki-kaki mobil. 

Dalam kasus yang parah, bahkan ditemukan bushing arm yang sudah benar-benar rusak dan lapisan karetnya hilang. Jika begitu, solusinya harus mengganti karet bushing arm dengan yang baru.

 

Bushing stabilizer

Bushing stabilizer menjadi komponen selanjutnya yang harus dicek apabila kaki-kaki mobil bunyi. Komponen ini bertugas menahan getaran dari link stabilizer agar tidak merambat ke sasis mobil. 

Baca juga: Tidak Ditilang, Ternyata Ini Aturan dan Sejarah Lampu DRL mobil

Seiring penggunaannya, bushing stabilizer bisa longgar, tipis, atau bahkan rusak. Hal tersebut disebabkan oleh bushing stabilizer menahan getaran link stabilizer dengan isolator berupa karet. 

Jika karet tersebut aus, maka bushing stabilizer akan longgar. Selain karet, longgarnya bushing stabilizer juga bisa disebabkan oleh pemasangan baut pengikat yang kurang kencang.

 

Shockbreaker

Selain bushing stabilizer, pastikan untuk mengecek kondisi shockbreaker saat mendapati kaki-kaki mobil bunyi. Sebab, kerusakan bisa saja terjadi pada komponen yang satu ini.

Baca juga: Trade In di mobbi, Cara Mudah Punya All New Kijang Innova Zenix

Untuk mengeceknya, kamu bisa merasakan ayunan shockbreaker saat mobil melalui jalanan yang tidak rata. Apabila terasa ayunan naik-turun setelah melalui jalanan tidak rata, bisa dipastikan shockbreaker mobil telah rusak.

 

Karet support shockbreaker

Terakhir, bunyi gluduk-gluduk pada kaki-kaki mobil juga bisa disebabkan oleh karet support shockbreaker. Komponen ini letaknya tepat berada pada bagian atas komponen shockbreaker dan terhubung langsung dengan bodi mobil. 

Fungsinya adalah untuk meredam getaran yang dihasilkan ban mobil agar tidak merambat sampai ke bodi mobil. Sama seperti komponen lainnya, karet ini bisa mengalami keausan, dan hal tersebutlah yang membuat kaki-kaki mobil menimbulkan bunyi.

Baca juga: Beli Mobil Bekas Gratis Asuransi dan Diskon 2 Juta? YA IYA DONG! #mobbidariASTRA!

Bunyi tersebut akan terdengar saat mobil melintas di jalanan yang tidak rata dan datang dari arah roda mobil bagian atas. Solusinya adalah dengan mengganti karet support atau menyetel ulang baut pengikat di antara karet support dan shockbreaker.

Apabila kamu menemukan kerusakan-kerusakan di atas pada mobil, jangan menunda untuk melakukan perbaikan. Agar lebih optimal, sebaiknya perbaikan diserahkan bengkel resmi agar ditangani dengan optimal oleh mekanik ahli. 

Yuk selalu rawat mobil kamu dan berikan perawatan yang terbaik! Selain untuk menjaga performanya, kondisi mobil yang baik juga akan membuat harga jualnya terjaga dan tetap stabil. Jadi, kamu terhindar dari kerugian di kemudian hari.

Baca juga: Jual dan Tukar Tambah Mobil Bisa Dapet Cashback hingga Rp 3 Juta? YA IYA DONG! #mobbidariASTRA!

Nah, kalau mau dobel untungnya, jual di mobbi, aja! Soalnya, mobil kamu akan dinilai secara profesional dan akurat, proses penjualannya juga dijamin aman karena dilakukan oleh ahli dari Astra! 

Spesial Desember 2022, jual mobil bekas di mobbi bisa dapet tambahan cashback hingga Rp 3 juta! 

Tunggu apalagi? Yuk kunjungi mobbi! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan