×

blog/jenis-kaca-film-mobil-yang-harus-kamu-hindari-052023

Jenis Kaca Film Mobil yang Harus Kamu Hindari!

31 Mei 2023

Kaca film mobil merupakan salah satu aksesori yang populer digunakan oleh pemilik mobil. Sebab, kaca film berfungsi untuk meningkatkan privasi dan melindungi kendaraan dari sinar UV. Dengan begitu, kabin jadi lebih aman dan nyaman.

Nah, dalam memilih kaca film mobil sendiri tidak boleh asal dan perlu berhati-hati karena tidak semua kaca film memberikan kualitas dan keamanan yang baik. Berikut adalah ragam kaca film yang sebaiknya kamu hindari:

 

1. Terlalu gelap

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah memilih kaca film mobil yang terlalu gelap. Memasang kaca film dengan tingkat kegelapan yang berlebihan dapat mengurangi visibilitas saat berkendara, terutama pada kondisi malam hari atau saat cuaca buruk. 

Baca juga: Review dan Harga Suzuki S-Presso, Compact City Car Rasa SUV

Ini dapat membahayakan pengemudi dan pengguna jalan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk memilih kaca film dengan tingkat kegelapan yang sesuai dengan peraturan lalu lintas.

 

2. Tidak tahan lama

Kualitas kaca film mobil sangat penting agar dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Beberapa kaca film dengan harga yang terlampau murah memiliki ketahanan yang rendah terhadap paparan sinar UV, cuaca ekstrem, dan goresan. 

Jika kaca film tidak tahan lama, biasanya akan terjadi perubahan warna, keriput, hingga pengelupasan dalam waktu singkat. 

Baca juga: Lebih dari 30 Merk Mobil dan Motor akan Ramaikan GIIAS 2023, Ada Apa Saja?

Akibatnya, kamu harus mengganti kaca film secara berkala, yang tentu saja akan menghabiskan lebih banyak waktu dan uang. Untuk itu, pilihlah kaca film berkualitas yang tahan lama agar kamu tidak perlu sering menggantinya.

 

3. Bahan yang tidak memantulkan panas

Salah satu fungsi kaca film adalah memantulkan panas matahari untuk menjaga suhu dalam mobil tetap nyaman. 

Namun, beberapa jenis kaca film menggunakan bahan yang tidak efektif dalam memantulkan panas. Hal ini membuat suhu di dalam mobil tetap tinggi, terutama pada cuaca panas. 

Baca juga: Lagi Cari Toyota Voxy Bekas? Yuk Simak Kelebihan dan Kekurangannya Berikut!

Selain membuat pengemudi dan penumpang merasa tidak nyaman, suhu yang tinggi juga dapat merusak interior mobil, seperti konsol, jok, atau dashboard. Selain itu suhu kabin yang terlalu tinggi membuat AC bekerja terlalu keras sehingga dapat membuat komponen AC menjadi cepat aus dan konsumsi BBM menjadi tinggi juga.

Pastikan kamu memilih kaca film dengan teknologi yang efektif dalam memantulkan panas, sehingga dapat menjaga suhu dalam mobil tetap stabil.

 

4. Merek belum teruji

Sebelum memilih kaca film mobil, penting untuk memeriksa reputasi merek tersebut. Beberapa merek kaca film mungkin belum teruji atau kurang dikenal dalam industri otomotif. 

Merek-merek ini mungkin menawarkan harga yang lebih murah, tetapi kualitas dan ketahanannya belum terbukti. Untuk memastikan keamanan dan kualitas kaca film, disarankan untuk memilih merek-merek yang sudah teruji dan diakui dalam industri otomotif.

 

5. Palsu

Penting untuk mewaspadai kaca film palsu atau tiruan yang beredar di pasaran. Kaca film palsu seringkali diproduksi secara ilegal tanpa memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan. 

Baca juga: Mengenal 4 Merek Baru di GIIAS 2023, Mulai dari GWM Tank hingga Haval

Mereka mungkin menawarkan harga yang sangat murah, tetapi kualitasnya sangat buruk dan tidak memberikan perlindungan yang memadai. 

Selain itu, penggunaan kaca film palsu juga melanggar hukum dan dapat mengakibatkan sanksi yang serius. Oleh karena itu, pastikan untuk membeli kaca film dari sumber yang terpercaya dan memeriksa keasliannya sebelum memasangnya di mobilmu.

Memilih kaca film mobil yang tepat sangat penting untuk menjaga kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Hindari jenis kaca film yang terlalu gelap, tidak tahan lama, bahan yang tidak memantulkan panas, merek yang belum teruji, dan kaca film palsu. 

Baca juga: Ada Uji Emisi Gratis di Jakarta, Catat Tanggal dan Lokasinya

Dengan memilih kaca film yang tepat, kamu dapat menikmati manfaat perlindungan dan privasi yang optimal dalam perjalananmu. Jangan lupa untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku terkait ketebalan dan kegelapan kaca film mobilmu.

Kunjungi mobbi dan temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di  Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan