×

blog/jenis-jenis-sparepart-mobil-yang-kamu-wajib-tahu-012023

Jenis-Jenis Sparepart Mobil yang Kamu Wajib Tahu!

19 Jan 2023

Sebagai car enthusiast, sparepart atau onderdil mobil merupakan hal yang sangat penting dan harus diperhatikan. Selain kualitas, jenis dan harga juga menjadi concern. Penggantian sparepart dilakukan untuk meminimalisir pengeluaran tak terduga dari service akibat kerusakan yang tak terduga pula. 

Sebelum membahas lebih lanjut, apa sih sparepart itu? Sparepart merupakan barang yang berisikan komponen dalam satu kesatuan yang mempunyai fungsi tertentu. Sparepart memiliki jenis yang beragam.

 

Jenis Sparepart Mobil

Sparepart mobil adalah bagian mobil yang terdiri dari komponen-komponen yang membuat kesatuan dan fungsi spesifik. Ada beberapa sparepart yang lebih sering mengalami kerusakan sehingga lebih sering juga harus diganti.

 

Ada beberapa jenis sparepart yaitu :

1. Sparepart original

Sparepart mobil original disebut juga dengan istilah Original Equipment Manufacturer (OEM), berarti suku cadang merupakan produk asli dari pabrik. 

Sparepart original memiliki kualitas yang baik dan melalui tahap pengujian dalam rangka memastikan suku cadang tersebut aman saat digunakan. Selain keamanan, kualitas produk original tentunya terjamin dan terpercaya. 

Baca juga : Tidak Ditilang, Ternyata Ini Aturan dan Sejarah Lampu DRL Mobil

Sparepart original yang melalui tahap pembuatan dan pengujian berstandar internasional tentunya lebih tahan lama dan memiliki garansi produk, sehingga dapat menghemat biaya karena pemakaiannya yang awet dan usia pemakaian tinggi.

 

2. Sparepart non pabrikan atau aftermarket

Sparepart aftermarket atau non pabrikan merupakan alternatif mengganti suku cadang jika kamu tidak memiliki budget untuk sparepart original. Walaupun tidak semua harga produk aftermarket selalu lebih murah. 

Karena perusahaan-perusahaan ini memproduksi untuk keperluan hobi, custom, modifikasi mobil, dan sebagainya. Perusahaan ini walaupun tidak memiliki lisensi manufaktur, tetapi telah memiliki lisensi dalam melakukan produksi sparepart

Baca juga : DIY Cara Ganti Wiper Mobil, Mudah dan Cepat Loh

Kualitas sparepart aftermarket setara bahkan dapat lebih bagus dari original, tetapi kamu perlu cermat dan berhati-hati dalam memilih produk yang sesuai dengan kendaraanmu ya!

 

3. Sparepart KW

Sparepart KW terbagi menjadi KW 1, KW 2, dan KW 3. Perbedaan ketiganya berada pada tampilan dan bahan yang dipakai dalam proses pembuatannya. 

Produk KW tidak disarankan untuk digunakan meskipun mobil perlu diperbaiki dan budget terbatas. Biasanya produk KW tidak memiliki standar keamanan yang diakui secara global, sehingga keamanannya diragukan.

 

Berikut ini adalah Sparepart yang Harus Rutin Diganti:

1. Oli mesin dan filter oli

Harus sering diganti karena usia kerja yang terbilang cepat. Fungsi oli dan filter oli sangat penting untuk melumasi bagian dalam mesin dan filter untuk menyaring kotoran dan karbon. Hal ini harus diganti untuk dapat mengoptimalkan kinerja mesin.

 

2. Filter udara

Filter udara berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran yang timbul dari luar. Filter udara harus dibersihkan saat kendaraan mencapai 1000 kilometer dan diganti pada 40.000 kilometer.

 

3. Busi

Busi merupakan sparepart kecil namun sangat berpengaruh dalam menopang kinerja mobil. Busi akan membantu dalam memantik api dalam proses pembakaran di ruang mesin. 

Baca juga :  Kaki-Kaki Mobil Bunyi, Apa Saja yang Harus Dicek dan Perbaiki?

Penting untuk mengecek dan mengganti busi secara berkala. Penggantian busi ini dapat dilakukan saat pemakaian mobil mencapai 20.000 kilometer.

 

4. Aki

Aki mobil yang melemah dapat dirasakan dari bunyi klakson yang tak lagi nyaring, lampu indikator yang melemah serta tidak menyala dan paling parah mesin tak lagi menyala.

Dengan melemahnya aki, maka tak akan ada pasokan ke tenaga sistem kelistrikan mobil. Biasanya performa aki akan menurun di tahun kedua atau ketiga, apabila mulai parah maka harus dilakukan penggantian aki.

 

5. Filter AC

Filter AC juga umumnya diganti saat kendaraan mencapai 20.000 kilometer. Apabila filter AC tidak terawat maka dapat membuat AC rusak.

 

6. Kampas rem

Kampas rem menjadi komponen yang sangat penting dalam kendaraan. Sehingga pengecekan rem wajib dilakukan secara berkala. Selain itu, lakukan juga pengecekan kampas rem.  Jika kondisi kampas rem dan kampas rem sudah jelek, segeralah ganti dengan yang baru.

Nah, sekarang kamu tahu apa mengapa sangat penting untuk memberi perhatian lebih pada sparepart dan onderdil mobil? Pastikan lakukan cek rutin supaya berkendara semakin aman dan nyaman. 

Jangan lupa untuk mengunjungi mobbi supaya pengetahuan lengkap tentang mobil dan onderdilnya makin up to date. mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan