×

blog/jangan-salah-ini-perbedaan-toyota-gr-yaris-dan-toyota-yaris-gr-sport-102022

Jangan Salah, Ini Perbedaan Toyota GR Yaris dan Toyota Yaris GR Sport

13 Okt 2022

Meski punya nama serupa, tapi Toyota GR Yaris dan Toyota Yaris GR Sport merupakan model yang berbeda baik dari spesifikasi eksterior, interior dan performanya.

Kata GR sendiri merupakan singkatan dari Gazoo Racing, yakni divisi performa Toyota yang bertanggung jawab mengembangkan kendaraan Toyota untuk turun di berbagai ajang balap, seperti World Rally Championship (WRC), Dakar Rally, dan 24 Hours of Le Mans.

Saat ini GR hadir di Indonesia dengan varian GR Sport pada beberapa model, di mana fokusnya adalah pada ubahan penampilan agar terlihat lebih sporty

Baca juga: Tips Membersihkan Noda Aspal di Bodi Mobil

Lalu, apa yang membedakan Toyota GR Yaris dan Toyota Yaris GR Sport?

 

Eksterior

Perbedaan pertama dari keduanya ada pada eksteriornya. Toyota GR Yaris hadir hanya dengan dua pintu sesuai dengan spesifikasi WRC. Sementara Toyota Yaris GR Sport menggunakan konfigurasi empat pintu layaknya hatchback pada umumnya.

Kemudian Toyota GR Yaris didesain dengan garis-garis aerodinamika dan lingkar roda belakang yang lebih lebar. Sedangkan Toyota Yaris GR Sport mendapat sentuhan Gazoo Racing hanya pada body kit dan aksesorisnya.

Baca juga: Tips Merawat Dashboard Mobil yang Sering Parkir Outdoor

Secara ukuran, Toyota GR Yaris punya bodi lebih kompak dengan panjang 3.995 milimeter, lebar 1.805 milimeter dan tinggi 1.460 milimeter.

Berbeda dengan Toyota Yaris GR Sport yang panjang bodinya mencapai 4.145 milimeter dengan tinggi 1.500 milimeter dan lebar 1.730 milimeter.

Untuk jarak sumbu roda atau wheelbase-nya, keduanya punya panjang yang juga berbeda. Toyota GR Yaris menawarkan wheelbase sepanjang 2.558 millimeter dan Toyota Yaris GR Sport sepanjang 2.550 milimeter.

Baca juga: Alasan Ban Mobil Dirotasi dan Bagaimana Caranya

Toyota GR Yaris sendiri diproduksi secara eksklusif di Jepang dan sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture atau TNGA. 

Sedangkan Toyota Yaris GR Sport menggunakan platform yang sama dengan Toyota Yaris generasi kedua. Hal ini karena mobil tersebut memang diperuntukkan sebagai kendaraan sehari-hari.

 

Interior

Tidak hanya pada eksterior, perbedaan keduanya berlanjut hingga ke interiornya. Ruang kabin Toyota GR Yaris menghadirkan nuansa khas balap dengan didominasi material kulit berkelir hitam.

Baca juga: Komponen Penyebab Overheat pada Mobil Bekas, Memang Ada?

Kemudian pada bagian lainnya seperti pedal akselerator, rem dan kopling dilapisi dengan material alumunium, sehingga semakin menambah kesan sport.

Sedangkan kabin Toyota Yaris GR Sport menampilkan suasana yang lebih cerah dengan material kulit dan fabric di seluruh joknya.

Toyota GR Yaris tidak memiliki fitur hiburan yang melimpah sebagaimana kendaraan konvensional sejenisnya, yakni hanya berupa head unit layar sentuh berukuran 7 inci dan layar cluster meter TFT berukuran 4,2 inci. 

Baca juga: Rekomendasi Toyota Yaris Bekas Siap Pakai dari mo88i (Mobi)

Sebaliknya, Toyota Yaris GR Sport punya fitur hiburan yang lebih lengkap, seperti head unit layar sentuh seluas 7 inci yang dapat terhubung ke ponsel melalui bluetooth maupun kabel USB. Ada juga fitur-fitur multimedia untuk menampilkan hiburan selama perjalanan.

 

Fitur keamanan

Keduanya punya fitur keamanan yang lengkap. Pada Toyota GR Yaris, fitur keamanannya sudah dilengkapi dengan Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Tracing Assist (LTA), dan Automatic High Beam (AHB).

Mobil ini juga sudah dilengkapi fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) yang meliputi Radar Cruise Control (RCC), Lane Tracing Assist (LTA), Automatic High Beam (AHB), Road Sign Assist (RSA) dan Secondary Collision Brake.

Baca juga: Lokasi Kamera ETLE di Jakarta, Ada Dimana Saja?

Sedangkan fitur keamanan Toyota Yaris GR Sport di antaranya adalah Vehicle Stability Control (VSC), Hill-Start Assist (HSA), Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Braking Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

 

Performa mesin

Untuk dapur pacu, sebagaimana mobil untuk keperluan balap, Toyota GR Yaris dibekali mesin 1.600 cc 3 silinder turbo direct-injection, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 268 daya kuda dan torsi puncak 370 Nm.

Tenaga tersebut dipadukan dengan transmisi manual 6-percepatan dan didistribusikan ke penggerak 4WD (All-Wheel Drive).

Baca juga: Cara Mengatasi Mobil Terendam Banjir saat Parkir

Sedangkan Toyota Yaris GR Sport dibekali dengan mesin 1.500 cc 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i. Mesin tersebut menghasilkan tenaga maksimal sebesar 105 daya kuda dan torsi puncak 140 Nm. Sangat cocok untuk digunakan sehari-hari.

 

Harga

Dengan sejumlah perbedaan tersebut, tentunya harga yang dibanderol juga berbeda. Toyota GR Yaris dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 800 jutaan dan sudah habis terjual. Kuotanya sendiri hanya ada 126 unit saja di Indonesia.

Sedangkan Toyota Yaris GR Sport dibanderol dengan harga mulai dari Rp 295 jutaan. Variannya terdiri dari 3 dan 7 airbags dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan CVT (Continous Variable Transmission).

 

Toyota Yaris bekas

Toyota Yaris varian lainnya juga nggak kalah menarik untuk dimiliki. Kamu bisa menemukan berbagai pilihan Toyota Yaris bekas berkualitas baru keluaran 2012 hingga 2021 dengan harga mulai dari Rp 120 jutaan di mobbi. Ada juga Toyota Yaris GR Sport bekas yang bisa kamu beli cukup dengan Rp 265 juta. Dijamin pas di kantong!

Baca juga: Nama Baru Promo Lebih Seru, Beli Mobil di mobbi Bisa Dapet Cashback Rp 2 Juta!

Apalagi, spesial bulan Oktober 2022, beli mobil di mobbi ada cashback senilai jutaan rupiah hingga asuransi gratis yang bikin mobil kamu terjamin perlindungannya!

Yuk beli mobil bekas di mobbi sekarang agar tidak ketinggalan promonya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan