×

blog/jangan-salah-begini-ciri-ciri-aki-rekondisi-dan-palsu-092022

Jangan Salah! Begini Ciri-Ciri Aki Rekondisi dan Palsu

29 Sep 2022

Biar nggak salah pilih dan terkecoh, pastikan kamu memahami ciri aki rekondisi. Ingat, aki punya peran yang sangat penting untuk berbagai komponen kelistrikan pada mobil, salah pilih aki bisa membuat kinerjanya terganggu bahkan tidak bisa berfungsi sama sekali.

Maka dari itu, pastikan kamu menggunakan aki dengan kualitas terbaik dan hindari aki rekondisi. Pasalnya, aki rekondisi merupakan aki bekas pakai yang sudah rusak lalu diperbaiki sedemikian rupa agar bisa digunakan kembali.

Biasanya, aki rekondisi dijual di pasaran dan bukan toko resmi. Meski tidak berbahaya, aki rekondisi tidak memiliki kualitas layaknya aki baru, begitupun dengan daya tahannya, yakni hanya sekitar 7 sampai 10 bulan.

Baca juga: Cara Merawat Kaca Mobil Agar Selalu Kinclong

Alhasil, kamu jadi rugi karena harus mengganti aki selama 7 hingga 10 bulan sekali. Kamu tentu nggak mau kan aki dengan kondisi tersebut dibenamkan di mobil kesayangan? Oleh karenanya, yuk ketahui ciri-ciri aki rekondisi!

 

Harga jauh dari pasaran

Ciri aki rekondisi yang pertama bisa dilihat dari harga yang dibanderol, biasanya jauh dari harga pasaran. 

Sebagai contoh, harga aki mobil yang baru biasanya berkisar antara Rp 600 ribu hingga jutaan. Sedangkan, kamu bisa mendapatkan harga aki rekondisi cukup dengan Rp 200 ribu bahkan Rp 100 ribu.

Baca juga: Kondisi yang Bisa Bikin Harga Mobil Bekas Jatuh

Maka dari itu, jangan tergiur dengan harga murah bila tidak ingin terkecoh.

 

Terdapat goresan

Aki yang masih baru punya kondisi yang masih mulus terutama pada bagian terminal negatif dan positif. Sedangkan pada aki rekondisi, biasanya kamu akan menemukan adanya goresan pada bagian tersebut karena sudah pernah digunakan.

Selain itu, badan aki akan terlihat menggembung karena terjadi proses kimiawi di dalamnya, pada bagian tutup dan badan aki rekondisi juga biasanya terlihat tidak rapat. 

Jika kamu menemukan aki dengan kondisi tersebut, sebaiknya dihindari, ya.

 

Durasi garansi

Hal lain yang menjadi ciri aki rekondisi adalah durasi garansi yang diberikan biasanya lebih sebentar, yakni hanya sekitar tiga bulan. Berbeda dengan aki baru yang biasanya memiliki durasi garansi hingga satu tahun.

 

Tampilan aki kusam

Untuk membedakan aki rekondisi dengan aki baru bisa dengan melihat tampilannya secara keseluruhan. Aki rekondisi biasanya memiliki tampilan yang lebih kusam dan kotor. 

Baca juga: Istilah Jual Beli Mobil Biar Luwes Saat Main ke Showroom dan Negosiasi

Sedangkan aki yang masih baru, karena tersimpan dengan rapi dan aman di dalam kemasan, tampilannya akan lebih enak dipandang, tidak kotor apalagi kusam, berbeda dengan aki rekondisi yang sudah pernah dikeluarkan dari kemasan dan dipakai.

 

Lokasi penjualan tidak meyakinkan

Aki rekondisi biasanya dijual di tempat yang tidak resmi dan tidak meyakinkan, seperti di toko-toko yang ada di pinggir jalan tanpa adanya plang atau penanda khusus. Sebaiknya hindari toko seperti itu dan belilah aki di tempat terpercaya seperti toko resmi.

Nah, sebelum membeli aki, pastikan kamu memperhatikan hal-hal di atas, ya. Jika mendapati hal-hal yang mencurigakan sebaiknya hindari membeli aki tersebut.

Baca juga: Perawatan Mesin Turbo, Jaga Oli dan Kualitas Bahan Bakar

Selain memilih aki berkualitas, jangan lupa untuk lakukan juga perawatan secara keseluruhan guna menjaga performa mobil serta membuat harga jualnya tetap stabil.

Kalau mau lebih untung,  jangan lupa jualnya di mobbi (baca: Mobi), aja! Kamu dijamin mendapat penawaran harga terbaik! Soalnya, penilaian mobil dilakukan secara profesional dan akurat. Prosesnya juga mudah dan cepat. 

Bukan cuma itu, spesial bulan September 2022, jual mobil bekas di mobbi bisa dapet cashback hingga Rp 2 juta.

Baca juga: SEPTEMBER CARI AAAH, Jual Mobil di mobbi Cashback-nya Hingga Rp 2 Juta

Yuk jual mobil di mobbi sekarang! Kamu juga bisa mengakses mobbi melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan