×

blog/jadi-mobil-listrik-terpopuler-di-dunia-begini-sejarah-perjalanan-mobil-tesla-012023

Jadi Mobil Listrik Terpopuler di Dunia, Begini Sejarah Perjalanan Mobil Tesla

11 Jan 2023

Mobil Tesla dikenal sebagai mobil listrik terpopuler di dunia. Hingga saat ini, produknya cukup banyak ditemui di Indonesia, khususnya di jalanan kota-kota besar. Tesla sendiri sudah berusia hampir 20 tahun.

Sejauh ini, Tesla menyumbang sekitar 1 persen dari penjualan mobil global. Meski begitu, pada Oktober 2021, valuasi Tesla telah melampaui nilai pasar sebesar 1 triliun dollar Amerika Serikat (AS).

Nilai tersebut melampaui kapitalisasi pasar gabungan dari sembilan produsen mobil terbesar di seluruh dunia, termasuk Volkswagen dan Toyota.

Baca juga: 8 Tips Mengemudi Aman di Tengah Cuaca Ekstrem Jakarta

Di balik kesuksesan mobil Tesla, ternyata ada sejarah yang menarik untuk dibahas. Begini perjalanannya sejak awal didirikan.

 

Awal Tesla didirikan

Kamu mungkin mengira bahwa Elon Musk adalah pendiri Tesla. Namun faktanya,Tesla Motors didirikan oleh dua insinyur otomotif bernama Martin Ebenhard dan Marc Tarpenning pada Juli 2003. 

Kedua insinyur tersebut membuktikan bahwa mobil listrik lebih cepat, lebih baik, dan lebih menyenangkan untuk dikendarai dibandingkan mobil berbahan bakar minyak. 

Baca juga: 8 Tips Mengemudi Aman di Tengah Cuaca Ekstrem Jakarta

Nama Tesla sendiri diambil dari nama seorang penemu, fisikawan, teknisi mekanika, dan teknisi listrik asal AS, yaitu Nikola Tesla. Berkat penemuannya pada abad ke-19 dan awal abad 20, mobil listrik menjadi populer.

Hal tersebut karena mobil listrik lebih nyaman dan mudah dioperasikan dibandingkan mobil berbahan bakar minyak.

Pada 2004, tepatnya pada bulan Februari, Elon Musk baru terjun ke Tesla setelah menanam investasi putaran pertama, ia bergabung dengan dewan direksi perusahaan sebagai ketuanya. Kemudian pada 2008, Elon Musk menjadi CEO Tesla. 

Baca juga: Alasan Pentingnya Membeli Mobil Bekas Bergaransi

Elon Musk memiliki tujuan utama untuk mengkomersialkan mobil listrik, dimulai dari mobil sport premium. Pada awalnya, penjualan Tesla menyasar pada mobil sport, kemudian masuk ke kendaraan yang lebih populer, seperti sedan dan mobil compact.

 

Tesla Roadster

Pada tahun 2005, Tesla mulai menandatangani kontrak dengan Lotus untuk memproduksi mobil lengkap tanpa mesin berbahan bakar minyak. Hal ini menjadi awal mula lahirnya mobil sport premium Tesla, yaitu Tesla Roadster.

Mobil ini resmi diluncurkan pada Juli 2006 dan sepenuhnya bermesin listrik. Dalam sekali pengisian baterai, Tesla Roadster dapat melaju sejauh 356 kilometer. Untuk performanya, mobil ini dapat menempuh 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dengan waktu 4 detik.

Baca juga: Jarang Ganti Filter Oli Mobil, Apa Efeknya Pada Mesin?

Kemampuan tersebut membuat mobil Tesla yang satu ini memiliki keistimewaan tersendiri yang tidak dimiliki oleh mobil sport lainnya.

Berkat Tesla Roadster, Musk dianugerahi penghargaan Global Green 2006 yang diserahkan oleh Presiden Uni Soviet, Mikhail Gorbachev. Selang setahun, Musk dianugerahi penghargaan Index Design Award.

 

Tesla Model S

Di tahun 2009, Tesla memperkenalkan Tesla Model S. Mobil sedan bertenaga listrik ini dilengkapi berbagai fitur yang memukau, seperti sistem layar sentuh yang disematkan pada dashboard-nya.

Baca juga: Bahaya Air Hujan untuk Cat dan Bodi Mobil, Jika Malas Mencucinya

Mobil ini dapat menempuh jarak 300 kilometer dalam sekali pengisian baterai. Sedangkan untuk performanya, mobil ini dapat menempuh 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dalam waktu 5,5 detik.

 

Tesla Model X

Setelah meluncurkan mobil sport dan sedan, mobil ketiga Tesla merupakan sebuah crossover yang dinamai Model X. Mobil ini diluncurkan pada Februari 2012. Pemesanan pertamanya mulai diterima pada tahun 2013 dan pengirimannya dilakukan pada 2014.

Model X ini didukung dengan penggerak empat roda dan baterai berkekuatan 85 kWh. Mobil ini mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 kilometer dalam waktu kurang dari 5 detik.

 

Tesla Model 3

Produk terbaru Tesla yang bertajuk Model 3 diluncurkan pada tahun 2016. Mobil ini merupakan sedan listrik kompak yang memiliki 3 pilihan baterai, yaitu baterai berkapasitas 54 kWh, 62 kWh, dan 75 kWh. 

Baca juga: Harga Mobil dan Motor Listrik Makin Terjangkau dengan DP 0% dari OJK

Dalam sekali pengisian baterai, mobil ini dapat menempuh jarak hingga 480 kilometer. Mobil Tesla yang satu ini berhasil menjadi mobil listrik dengan capaian penjualan terbanyak pada tahun 2020.

Dari banyaknya model yang dimiliki Tesla, yang mana nih yang jadi incaran kamu? Di Indonesia sendiri, selain mobil Tesla, kamu bisa menemukan beragam mobil listrik murni hingga hybrid dari berbagai merek. 

Ada juga mobil LCGC seperti Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Toyota Agya, hingga Toyota Calya buat kamu yang mau punya mobil ramah lingkungan namun cari yang harganya pas di kantong. 

Baca juga: Pengemudi Arogan dengan Pelat Dewa Minta Jalan, Apa Harus Ngalah

Jangan bingung belinya di mana, di mobbi kamu bisa menemukan banyak pilihan mobil LCGC bekas berkualitas. 

Semua unit di mobbi dijamin tidak pernah mengalami tabrakan yang mengubah struktur rangka dan terendam banjir. Dokumen dan odometer pun dijamin keasliannya.

Spesial Januari 2023, beli mobil di mobbi bisa dapetin bonus hingga Rp 3 juta, ada juga bonus asuransi yang bikin mobil kamu terjamin perlindungannya.

Baca juga: Parade Promo Seru, Beli Mobil di mobbi Bisa Dapet Bonus hingga Rp 3 Juta!

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil di mobbi sekarang! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan