×

blog/interior-mobil-warna-beige-butuh-perawatan-ekstra-begini-cara-merawatnya-052023

Interior Mobil Warna Beige Butuh Perawatan Ekstra, Begini Cara Merawatnya

29 Mei 2023

Warna beige pada interior mobil memberikan kesan elegan dan mewah. Namun, memiliki interior mobil dengan warna tersebut juga memerlukan perawatan ekstra agar tetap terlihat bersih, terawat, dan bebas dari noda atau kotoran yang dapat mengurangi keindahannya.

Penasaran bagaimana cara merawat mobil dengan warna beige? Yuk simak artikel ini, agar kamu mengetahui beberapa tips dan trik untuk merawat interior mobil beige agar tetap terlihat segar dan mempesona.

 

1. Hindari paparan langsung matahari

Salah satu langkah pertama dalam merawat interior mobil beige adalah menghindari paparan langsung sinar matahari yang berlebihan. Sinar matahari dapat memudarkan warna interior mobil dan menyebabkan perubahan pada tekstur bahan.

Baca juga: Diprediksi Meluncur Juni 2023, ini Bocoran Toyota Alphard dan Vellfire Generasi Baru

Gunakanlah penutup jendela atau sunshade untuk melindungi interior mobil dari paparan sinar matahari yang berlebihan saat kamu parkir di tempat terbuka.

 

2. Bersihkan secara rutin

Membersihkan interior mobil secara rutin sangat penting untuk menjaga kebersihan dan keindahan warna beige.

Lakukan pembersihan secara teratur dengan menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada permukaan jok, karpet, dan bagian lainnya.

Baca juga: Garasi Mobil Erick Thohir Nambah Genesis G80 dan Ioniq 5, ini Spesifikasinya

Pastikan untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau seperti celah-celah dan lipatan dengan menggunakan sikat yang lembut dan lap kain microfiber yang bersih. Hal ini agar warna mobil terhindar dari kerusakan akibat partikel kecil yang tertinggal.

 

3. Gunakan pembersih yang tepat

Pemilihan pembersih yang tepat juga sangat penting dalam merawat interior mobil beige. Pastikan kamu menggunakan pembersih khusus untuk interior mobil yang aman digunakan pada permukaan bahan beige.

Hindari menggunakan produk yang mengandung bahan kimia keras atau abrasif yang dapat merusak warna dan tekstur interior mobil. Sebaiknya, pilihlah pembersih yang lembut dan pH seimbang untuk menjaga keawetan warna dan kelembutan material.

 

4. Hindari Makan atau Minum dalam Mobil

Menghindari makan atau minum dalam mobil merupakan langkah penting dalam merawat interior mobil beige. Jika kamu memang harus makan atau minum di dalam mobil, berhati-hatilah agar tidak tumpah atau meninggalkan noda pada permukaan interior.

Baca juga: Komparasi Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Xpander Cross

Gunakan penutup jok atau perlengkapan pelindung seperti lap atau sarung jok untuk mencegah noda dan kotoran yang sulit dibersihkan.

 

5. Perhatikan suhu dan kelembaban

Suhu dan kelembaban yang ekstrim dapat mempengaruhi keawetan dan penampilan interior mobil beige. Jaga suhu dalam kendaraan agar tetap nyaman dan hindari paparan kelembaban yang berlebihan.

Gunakan sistem pendingin udara atau pengatur kelembaban jika perlu untuk menjaga kenyamanan interior mobil.

Baca juga: Apa Bedanya Mobil Listrik dan Mobil Hybrid?

Hindari juga menyimpan barang-barang yang bisa menyebabkan penumpukan kelembaban, seperti baju basah atau makanan yang dapat memicu pertumbuhan jamur.

 

6. Lakukan Perawatan Tepat pada Material Khusus

Interior mobil beige terbuat dari berbagai bahan, termasuk kulit sintetis, kulit asli, dan bahan kain. Setiap jenis material memerlukan perawatan yang berbeda.

Pastikan kamu mengikuti panduan perawatan yang disarankan oleh pabrikan untuk menjaga keindahan dan keawetan material tersebut.

Gunakan produk perawatan yang sesuai, seperti conditioner atau pelindung untuk kulit, dan cuci atau bersihkan bahan kain sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

 

7. Jaga Kebersihan Tangan dan Pakaian

Sebelum memasuki mobil, pastikan tangan kamu dalam keadaan bersih dan bebas dari kotoran atau bahan yang dapat meninggalkan noda.

Baca juga: Cuaca Panas Ekstrem Masih Berlanjut, Lakukan Ini Agar AC Mobil Tetap Dingin

Hindari menggosok-gosokkan tangan yang kotor atau menggunakan pakaian dengan warna yang mudah luntur saat berada di dalam mobil. Hal ini akan membantu mengurangi risiko transfer kotoran atau noda ke permukaan interior mobil beige.

 

8. Perawatan Teratur oleh Profesional

Selain melakukan perawatan rutin sendiri, penting juga untuk menjadwalkan perawatan teratur oleh profesional. Bawa mobil kamu ke bengkel atau layanan perawatan interior mobil untuk membersihkan secara mendalam dan melindungi material beige dengan perawatan khusus.

Baca juga: Beli Solar Subsidi Wajib Pakai QR Code, Sudah Berlaku di 234 Wilayah

Profesional dapat membersihkan dengan metode yang tepat serta mengaplikasikan pelindung khusus untuk menjaga keindahan dan kualitas interior mobil. Sehingga kamu tidak perlu khawatir dalam menangani mobil dengan warna beige.

Dengan melakukan perawatan yang tepat, kamu dapat mempertahankan keindahan dan kehangatan interior mobil beige.

Selain itu, rajinlah membersihkan dan melindungi interior mobil agar tetap awet dan nyaman digunakan. Tidak sulit kan untuk merawatnya? Untuk itu, pastikan kamu lakukan hal-hal di atas, ya! Interior mobil dijamin terhindar dari kusam!

Kunjungi mobbi dan temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di  Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan