×

blog/ingin-bebas-dari-macet-gerbang-tol-balaraja-barat-perginya-jam-segini-ya-032023

Ingin Bebas dari Macet Gerbang Tol Balaraja Barat? Perginya Jam Segini Ya!

24 Mar 2023

Macetnya gerbang tol Balaraja Barat saat pagi dan sore hari bisa membuat sebagian besar pengguna jalan merasa kesal dan terjebak dalam kemacetan yang tidak kunjung mereda.

Mengingat pentingnya waktu bagi kebanyakan orang yang harus berangkat ke kantor atau tempat kerja, menjalani rutinitas sehari-hari, dan menyelesaikan berbagai aktivitas, maka terjebak dalam kemacetan yang tidak kunjung mereda tentu akan sangat membuang-buang waktu dan tenaga.

Baca juga: Road Trip Jakarta Surabaya, Bisa Istirahat di Rest Area Mana Saja?

Oleh karena itu, penting bagi pengguna jalan untuk mengetahui beberapa pilihan jam yang dapat membantu mereka terbebas dari kemacetan gerbang tol Balaraja Barat.

 

Tips hindari macet di Gerbang Tol Balaraja Barat

Beberapa tips berikut ini akan membantu kamu supaya tidak terjebak macet ketika akan melewati jalur gerbang tol Balaraja Barat, yaitu:

 

Berangkat lebih pagi atau lebih siang

Pilihan yang pertama dan paling mudah dilakukan adalah dengan mengatur waktu berangkat ke tempat tujuan lebih pagi atau lebih siang dari biasanya. 

Jika biasanya berangkat jam 07.00, cobalah berangkat pukul 06.00 atau 06.30. Atau jika biasanya berangkat jam 08.00, cobalah berangkat pukul 09.00 atau 09.30. 

Dengan mengatur waktu berangkat yang tepat, kamu bisa menghindari kerumunan mobil yang akan membanjiri gerbang tol pada waktu-waktu tertentu.

 

Menggunakan aplikasi Waze atau Google Maps

Aplikasi Waze atau Google Maps dapat membantu kamu untuk mengetahui kondisi lalu lintas pada waktu-waktu tertentu dan menyarankan rute alternatif yang lebih lancar. 

Sebelum berangkat, kamu bisa mengecek kondisi lalu lintas pada aplikasi tersebut dan memilih rute alternatif yang lebih lancar. 

Baca juga: Sejarah Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari Era Soeharto Hingga Jokowi

Selain itu, aplikasi tersebut juga dapat memberikan informasi tentang waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat tujuan, sehingga kamu bisa memperkirakan waktu berangkat yang tepat.

 

Menggunakan transportasi umum

Menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta api dapat menjadi alternatif yang efektif untuk menghindari kemacetan di gerbang tol Balaraja Barat. 

Karena transportasi umum memiliki jalur khusus yang tidak terkena macet seperti jalan tol, maka kamu bisa sampai ke tempat tujuan dengan lebih cepat dan efisien. 

Selain itu, dengan menggunakan transportasi umum, kamu juga dapat mengurangi emisi gas buang kendaraan pribadi yang merusak lingkungan.

 

Menggunakan jalan alternatif

Jalan alternatif dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menghindari kemacetan di gerbang tol Balaraja Barat. Ada beberapa jalan alternatif yang bisa dicoba, seperti jalan arteri Serpong, jalan Tangerang, atau jalan Tol Cikupa. 

Meskipun jalan alternatif tersebut mungkin lebih jauh dari jalan tol, namun dengan memilih jalan alternatif yang tepat, kamu bisa sampai ke tempat tujuan dengan lebih cepat dan aman.

Baca juga: Cek Rutin Busi Mobil Kamu Jangan Sampai Rusak

Selain itu, beberapa hal lain yang dapat kamu siapkan sebelum memulai perjalanan kamu melewati jalur gerbang tol Balaraja Barat ataupun gerbang tol lainnya kamu juga sebaiknya:

1. Pastikan membawa uang tunai atau kartu tol yang cukup untuk membayar tol.

2. angan melanggar aturan lalu lintas saat mendekati gerbang tol.

3. Ikuti petunjuk arah yang tertera dengan jelas di sekitar gerbang tol.

4. Perhatikan kecepatan kendaraan agar tidak menimbulkan kecelakaan.

5. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik dan aman untuk melalui gerbang tol.

6. Tunggu hingga pintu gerbang tol terbuka sepenuhnya sebelum memasuki gerbang tol.

7. Jangan berhenti di atas lajur tol saat melewati gerbang tol.

8. Setelah melewati gerbang tol, pastikan untuk membayar tol yang telah tercatat pada kartu tol atau uang tunai yang telah diberikan.

Semoga tips ini bisa membantu, ya. Jangan lupa utamakan keselamatan selama berkendara!

Tertarik dengan informasi atau tips menarik seputar otomotif? Atau sedang mencari mobil bekas berkualitas? Yuk kunjungi mobbi! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan unduh aplikasi mobbi di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan