×

blog/hyundai-creta-vs-suzuki-grand-vitara-mana-yang-lebih-bertenaga-042023

Hyundai Creta vs Suzuki Grand Vitara, Mana yang Lebih Bertenaga?

10 Apr 2023

Generasi terbaru Hyundai Creta dan Suzuki Grand Vitara sama-sama dipamerkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 16 Februari 2023 lalu. 

Para pecinta SUV mulai membandingkan kelebihan dan kelemahan keduanya. Kalau kamu penasaran juga, ini dia perbandingannya, terutama dalam hal tenaga.

 

Eksterior Hyundai Creta Vs Suzuki Grand Vitara

Layaknya mobil SUV, dua kendaraan ini memiliki bodi yang besar  dan kekar, Dimensi (p x l x t) Grand Vitara adalah 4.345 milimeter x 1.795 milimeter x 1.645 milimeter dengan ground clearance 210 milimeter. 

Sementara Hyundai Creta 4.315 milimeter x 1.790 milimeter x 1.630 milimeter dengan ground clearance 200 milimeter.

Dari ukuran, Grand Vitara masih unggul, ya, dan jarak sumbu roda atau wheelbase-nya juga lebih tinggi, sehingga lebih cocok dibawa di medan terjal.

Baca juga: Apa Bedanya Mobil Listrik dan Mobil Hybrid?

Tampilan Hyundai Creta lebih stylish dengan diadakannya lampu Parametric Jewel Hidden-Type DRL yang bikin kesan unik dan berbeda dari mobil lain. 

Juga terdapat High Mounted Stop Lamp (HMSL) dan Boomerang-type Rear Light di bagian belakang.

Ada two tone color pada cat bagian luar, bikin tampilan sporty-nya makin kuat.  Hyundai creta juga membekali mobilnya dengan Diamond Cut Alloy Wheels berukuran 17 inci.

Kalau dari visual, banyak yang mengakui tampilan Suzuki Grand Vitara lebih segar. Mungkin karena ia pendatang baru juga, sehingga penampilannya masih fresh.

Baca juga: Dapat Insentif dari Pemerintah, Ini Daftar Harga Mobil Listrik Terbaru

Untuk semakin menguatkan kesan SUV, diberikan sentuhan polygonal front grill dan 3 point LED DRL (Daytime Running Light) serta LED Position Lamp pada bagian atas lampu utama Grand Vitara. 

Sangat membantu memberikan pencahayaan terang pada malam hari atau ketika cuaca berkabut.

Di sisi kiri dan kanan lampunya tidak menyambung, sehingga membuat tampilan Grand Vitara jadi terkesan lebar di depan. Sedangkan belakang, lampunya memanjang horizontal.

Di sisi samping, terdapat pelek berukuran cukup besar, sekitar 17 inci di semua variannya.

Baca juga: Intip Variasi Lampu Mobil Terjangkau Satu Ini: Lampu Halogen

Kesan sporty juga ditampilkan SUV kelas menengah itu. Secara keseluruhan, tampilan luar kedua mobil ini terlihat tangguh dan modern.

 

Tampilan interior

Suzuki Grand Vitara akhirnya muncul setelah lama absen sejak 2018. Pada bagian interior, Suzuki hadir dengan tampilan mewah menggunakan aksen emas.

Dasbornya bertingkat-tingkat dengan lekukan tegas. Door trim dan bagian dalam pintu mobil juga begitu.

Melirik ke bagian setir kemudi, ada audio switch control dan hand’s free phone control. Terdapat juga head unit touch screen 9 inci yang bisa terkoneksi dengan smartphone pengguna.

Baca juga: Jenis Asuransi Mobil yang Harus Dimiliki, Cara Klaimnya Mudah!

Dan khusus tipe GX, terdapat panoramic sunroof khusus tipe GX, bikin penumpang nggak bosan melihat-lihat pemandangan sekitar. Jok semua dilengkapi headrest adjustable

Tak hanya pengemudi, penumpang hingga bagian belakang juga bakal merasa nyaman dengan hadirnya armrest yang dapat dilipat ke sandaran jok. 

Bila kamu membawa barang dalam jumlah banyak, jok belakang bisa dilipat dengan konfigurasi 60:40.

Baca juga: Rekomendasi Merk Sarung Jok Mobil dan Hal yang Perlu Diperhatikan!

Fitur keamanan yang ada di dalam Grand Vitara adalah airbag, Electronic Stability Program with Hill Hold Assist, 3-Point ELR seat Belt, Rear Disc Brake, Hill Descent Control, hingga Tyre Pressure Monitoring System.

Interior Hyundai Creta tak kalah menarik. Mobil ini memberikan dua pilihan warna interiornya. Yaitu Full Black untuk semua tipe dan Black/Cognac Two Tone yang tersedia mulai tipe Trend ke atas.

Fokus ke bagian interior depan ada Full TFT LCD Meter Cluster 10,25 inci yang bisa mengakses berbagai pengaturan fitur kenyamanan mobil. 

Laci dasbor dilengkapi Cooled Glove Box sehingga bisa menjaga kesegaran makanan dan minuman. Setirnya pun berdesain D-Cut.

Baca juga: 6 Cara Mudah Bersihkan Dashboard Mobil Kusam

Ditambah layar Display Audio 8 Inci yang bisa terhubung ke smartphone dan kedelapan unit speaker BOSE Premium Sound System. 

Plus, semua kursinya dilengkapi Ventilated Seat, sehingga penumpang dapat mengatur suhu kesejukannya masing-masing.

 

Harga Hyundai Creta dan Suzuki Grand Vitara

Untuk harga, Hyundai Creta menyesuaikan dengan variannya, yaitu:

- Active MT Rp291.300.000

- Trend MT Rp313.000.000

- Trend IVT Rp333.500.000

- Style IVT Rp376.000.000

- Prime IVT Rp408.300.000

Sementara generasi baru Grand Vitara menawarkan dua varian, yaitu GX dan GL. Di Indonesia Suzuki Grand Vitara GX dibanderol Rp 384.400.000, sedangkan varian GL dijual mulai Rp 359.400.000.

 

Daya pacu di jalanan

Pada mesin, Hyundai Creta tersedia dalam mesin 1497 cc dengan 1 pilihan jenis bahan bakar, yaitu bensin.

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas Online, Bagaimana Sih Caranya?

Suzuki memberikan dua pilihan mesin. Pertama, 1462 cc Intelligent Electric Hybrid dengan 2 pilihan jenis bahan bakar, bensin dan listrik.  

Dengan spesifikasi mesin ini, disebutkan efisiensi bahan bakar Grand Vitara memiliki cukup baik yakni 27,97 kilometer per liter. Ada tiga pilihan model kendaraan yang ditawarkan, mulai dari EV, Eco, Power, dan Normal.

Mesin juga dipasangkan dengan transmisi e-CVT sehingga mampu menghasilkan tenaga maksimal 115,56 PS pada 5.500 rpm juga torsi 136,8 Nm pada 4.400 RPM.

Baca juga: Perawatan Mesin Turbo, Jaga Oli dan Kualitas Bahan Bakar

Yang kedua, mesin 1.5 K-Series Dual Jet, Dual VVT with Progressive Smart Hybrid. Katanya mesin sudah lengkap dengan fitur Brake Energy Regeneration and Torque Assist serta Idle Stop Start. 

Kombinasi ini memampukan konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien, yakni 21,11 km/liter. Semetara transmisi yang diusung pada kedua mesin adalah otomatis konvensional 6 percepatan dengan Paddle Shift dan manual 5 percepatan. 

Dengan perpaduan ini, mesin 1.5 K-Series sanggup mengeluarkan tenaga 103,06 PS pada 6.000 rpm dan torsi 136,8 Nm pada 4.400 RPM.

Baca juga: Pengaruh Ganti Velg Mobil Jadi Lebih Besar dari Standar

Teknologi pembakaran SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) menggunakan memakai dua komponen dalam mendampingi mesin pembakaran internal, yakni baterai lithium-ion dan ISG (Integrated Starter Generator). Diklaim, dengan ini penggunaan bahan bakarnya jadi lebih optimal.

Jadi, yang mana nih yang menjadi pilihan kamu? Apapun yang kamu pilih, pastikan untuk mempertimbangkannya dengan baik, ya. Sesuaikan kembali dengan kebutuhan dan kemampuan.

Temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya di mobbi! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan