×

blog/harganya-beda-tipis-mending-pilih-honda-wr-v-dan-br-v-042023

Harganya Beda Tipis, Mending Pilih Honda WR-V dan BR-V?

18 Apr 2023

Honda WR-V seringkali disandingkan dengan Honda BR-V lantaran perbedaan harganya yang tipis. Ya, hanya dengan selisih harga Rp5.700.000, kamu bisa mendapatkan Honda WR-V tipe tertinggi dari BR-V E CVT. 

Di dealer resmi, harga Honda WR-V yang paling mahal (WR-V RS with Honda Sensing) adalah Rp317.900.000, sedangkan harga BR-V E CVT sedikit lebih mahal dengan harga Rp312.300.000. 

Lebih lengkap, ini detail harga tiap varian dari keduanya:

 

Honda WR-V

- Honda WR-V 1.5L E Rp279.400.000

- Honda WR-V 1.5L RS Rp297.400.000

- Honda WR-V 1.5L RS with Honda Sensing Rp317.400.000

Baca juga: Jadi Pengganti Honda Jazz, Apa Saja Keunggulan Honda City Hatchback?

 

Honda BR-V

- Honda BR-V S M/T Rp287.800.000

- Honda BR-V E M/T Rp302.000.000

- Honda BR-V E CVT Rp312.000.000

- Honda BR-V Prestige CVT Rp335.000.000

- Honda BR-V Prestige with Honda Sensing Rp355.000.000

 

Pilih mana?

Dengan perbedaan harga tersebut, mending pilih yang mana, ya? Daripada bingung pilih yang mana, lebih baik kita kulik dulu spesifikasi dan fitur-fitur yang ditawarkan pada tiap mobil, yuk!

 

1. Dimensi

Honda BR-V bisa menampung lebih banyak penumpang, yaitu hingga tujuh orang. Luas dimensinya (P x L x T) adalah 4.490 mm x 1.780 mm x 1.685 mm. Sementara Honda WR-V hanya mampu menampung maksimal 5 penumpang saja dengan dimensi 4.060 mm x 1.780 mm x 1.608 mm. 

 

2. Eksterior

Pada varian tertingginya, Honda WR-V RS with Honda Sensing sudah dilengkapi dengan berbagai fitur jempolan. Pada eksterior di antaranya, lampu depan LED yang dipasang lengkap dengan lampu LED DRL. Untuk lampu seinnya juga sudah sequential LED, begitu juga lampu kabut dan spionnya yang bisa dilipat secara otomatis. Kamera parkir belakang juga sudah multi-angle view sehingga semakin membantu pengendara ketika parkir mundur. Pelek WR-V juga mengusung two-tone alloy berukuran 17 inci.

Baca juga: Deretan Mobil City Car Paling Laris Sepanjang 2022 Berdasarkan Data Gaikindo

Sebenaranya fitur eksterior Honda BR-V E CVT tidak berbeda jauh. Lampu depan LED dan DRL LED juga ada, begitu juga dengan tombol untuk melipat spion samping, Smart Entry System, dan kamera parkir belakang. Hanya saja ukuran bannyalebih kecil, yaitu 16 inchi dengan velg Alloy.

 

3. Interior

Sekarang bagian dalam Honda WR-V RS varian tertingginya. Kamu akan menjumpai fitur hiburan seperti layar sentuh berukuran 7 inci, telepon hands-free, perintah suara, koneksi smartphone yang sudah terintegrasi dengan Honda LaneWatch. 

Disediakan juga 6 speaker yang terpasang di beberapa titik. Kamu juga bisa mengatur AC secara otomatis, dan material joknya kulit-fabric. Kelengkapan interior BR-V E CVT juga sama. 

Hanya fungsinya tak sebanyak pada WR-V varian tertinggi. Misalnya saja sistem layar sentuhnya (ukuran 7 inci) belum terintegrasi dengan Honda LaneWatch. AC-nya pun hanya bisa diatur secara digital.

 

4. Mesin

Baik Honda WR-V RS with Honda Sensing dan Honda BR-V E CVT sama-sama menggunakan mesin 1.5 L DOHC 4 silinder segaris 16 katup i-VTEC+DBW PGM-FI. 

Mesin ini bisa menghasilkan tenaga 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada torsi 4.300 rpm. Dan masing-masing mesin tersebut juga sama-sama dikawinkan dengan transmisi CVT.

 

5. Fitur Keselamatan

Bicara soal fitur keselamatan, Honda WR-V RS with Honda Sensing ternyata lebih unggul. Yaitu meliputi Collision Mitigation Brake System, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation System, Adaptive Cruise Control, Lead Car Departure Notification System, serta Auto High-Beam.

Baca juga: Sejarah Honda Brio, Si Mungil yang Selalu Laris!

Selain Honda Sensing, ada juga fitur-fitur keselamatan lain, seperti 6 airbag, ABS, EBD dan BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Emergency Stop Signal, Brake Override System, hingga Isofix dan Tether. Pada sistem keamanannya, Honda menyematkan Immobilizer, Auto Lock System by Speed, Alarm System, hingga Keyless Entry.

Sementara BR-V E CVT hanya memiliki 4 airbag dan itu pun tanpa Honda Sensing. Mirip dengan Honda WR-V, pada fitur keselamatan BR-V juga ada ABS, EBD, BA, VSA, Hill Start Assist, Emergency Stop Signal, Isofix dan Tether, juga Parking Sensor.

Honda BR-V E CVT memiliki sistem keamanan seperti Walk-Away Auto Lock, Immobilizer, dan Alarm System. Untuk Auto Lock System by Speed belum ada. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Mobil Mungil Buat yang Hobi Wisata Hidden Gems

Itulah perbedaan antara Honda WR-V varian tertinggi dengan Honda BR-V E CVT dari segi harga, dimensi, eksterior, interior, mesin serta fitur-fitur keselamatan dan keamanan. 

Mengingat keduanya memiliki harga yang berbeda tipis dan keunggulan masing-masing, baik Honda WR-V dan Honda BR-V sama-sama worth it untuk dimiliki. Nah, sekarang tinggal pertimbangkan kembali apa kebutuhan kamu.

Temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya di mobbi! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan