×

blog/diy-cara-ganti-wiper-mobil-mudah-dan-cepat-loh-122022

DIY Cara Ganti Wiper Mobil, Mudah dan Cepat Loh

16 Des 2022

Cara ganti wiper mobil ternyata tidak sulit dan bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus ke bengkel. Wiper mobil sendiri memang perlu diganti setidaknya setahun sekali atau setiap 6 bulan, tergantung seberapa sering kamu menggunakan fitur ini.

Hal ini karena wiper terbuat dari karet sehingga memiliki sifat mengikis dan seiring pemakaiannya wiper dapat terurai atau getas. 

Bukan cuma itu, sinar UV yang dipancarkan matahari, paparan debu, cuaca pancaroba di Indonesia, hingga kurangnya perawatan juga bisa merusak wiper, mulai dari retak hingga robek. 

Baca juga: Berlaku Kembali, Apa Saja Pelanggaran yang Kena Sanksi Tilang Manual?

Jika tetap digunakan dengan kondisi tersebut, kinerjanya jadi kurang efektif sehingga, tidak lagi mampu memberikan pandangan yang maksimal saat berkendara di tengah hujan, bahkan dapat menimbulkan goresan pada kaca.

Ganti wiper mobil adalah satu-satunya solusi. Begini caranya.

 

Cara ganti wiper mobil

Untuk mengganti wiper mobil, kamu perlu melepas wiper lama yang sudah terpasang terlebih dahulu baru kemudian menggantinya dengan yang baru. 

 

Melepas wiper lama

Caranya, angkat kedua wiper ke posisi atas seperti saat sedang mencuci mobil. Kemudian lepas frame wiper satu persatu dari tangkainya. 

Baca juga: Bea Balik Nama Mobil Bekas Bakal Dihapus, Kapan Mulai Berlaku?

Jika kamu menggunakan wiper dengan model frame, caranya adalah dengan mengarahkan wiper ke atas, tekan penjepit tangkai pada frame, kemudian dorong frame ke arah bawah.

Sedangkan jika kamu menggunakan wiper dengan model tanpa frame atau frameless, pertama buka pengunci pengait wiper dan selanjutnya lepas wiper ke arah bawah.

Gunakan handuk atau lap tebal pada ujung tangkai untuk mengantisipasi wiper yang terlepas jatuh dan menimpa kaca.

 

Memasang wiper baru

Jika wiper lama sudah terlepas dengan sempurna, maka cara ganti wiper mobil selanjutnya adalah memasang wiper yang baru. 

Baca juga: Cara dan Biaya Mengurus SIM A yang Hilang, Cepat Tidak Ribet!

Untuk wiper dengan model frame bisa dimulai dengan masukkan pengait yang ada pada tangkai ke rumah frame wiper, tekan dan dorong ke atas hingga berbunyi terdengar bunyi klik. 

Sementara untuk memasang wiper model frameless, buka penutup rumah wiper, masukkan tangkai pengait pada rumah wiper, dorong ke atas hingga terdengar bunyi klik kemudian tutup kembali rumah wiper dengan benar.

Jika seluruh wiper telah diganti, jangan lupa untuk membersihkan kembali kedua karet wiper itu dengan lap kering dan selanjutnya turunkan kembali kedua wiper pada kaca secara perlahan.

Baca juga: Pemutihan Pajak Jakarta Hingga 15 Desember, Begini Syaratnya

Untuk memastikan apakah wiper sudah terpasang dengan baik, kamu bisa menggeser-gesernya.

 

Ukuran wiper mobil

Sebelum ganti wiper mobil, pastikan wiper baru yang akan dipasang ukurannya sesuai dengan kebutuhan mobil. 

Menggunakan wiper yang terlalu pendek akan membuat kinerjanya tidak maksimal saat menghapus air atau kotoran pada kaca. Sedangkan apabila terlalu panjang, akan membuat wiper saling bertabrakan.

Baca juga: Waspada, Teknologi Kamera ETLE Nantinya Bisa Deteksi SIM Pengendara

Untuk mengetahui ukuran wiper yang tepat tidaklah sulit, kamu bisa menggunakan penggaris untuk mengukur dari ujung ke ujung karet atau blade wiper atau kamu bisa konsultasikan ke orang terpercaya biar nggak salah pilih.

Bagaimana? Tidak sulit kan cara ganti wiper mobil? Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak menggantinya secara berkala, ya. Ingat, fungsi wiper adalah untuk membantu kamu memberikan visibilitas yang lebih baik saat mengemudi. 

Namun, menggunakan wiper yang kinerjanya sudah buruk akan membuat visibilitas terganggu. Hal tersebut jelas akan membahayakan kamu. Jadi, yuk berikan perawatan terbaik pada mobil kamu dan selalu utamakan keselamatan!

Baca juga: 10 Pelanggaran yang Kena Sanksi Tilang Kamera ETLE, Berapa Dendanya?

Untuk informasi dan tips-tips seputar otomotif menarik lainnya, kunjungi mobbi, ya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan