Apa saja deretan komponen mobil paling mahal saat melakukan servis? Yuk cari tahu biar jangan sampai rusak!
Nah, sekarang udah tahu kan apa saja komponen mobil paling mahal bila rusak dan harus melakukan perbaikan? Jadi, pastikan kamu merawatnya dengan baik untuk meminimalisir kerusakan.
Harga perbaikan komponen mobil paling mahal
Tapi, penasaran nggak sih harga perbaikan komponen-komponen mobil paling mahal tersebut? Nih, mo88i (baca: Mobi) kasih estimasinya!
Mesin
Mengingat di dalam mesin ada berbagai bagian, biaya yang harus kamu keluarkan saat melakukan perbaikan mulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah, tergantung berapa banyak bagian mesin yang alami kerusakan.
Baca juga: 7 Tips Memilih Kaca Film Terbaik untuk Mobil Kesayangan
Sebut saja untuk overhaul atau turun mesin, besaran biaya yang harus kamu keluarkan berkisar di angka Rp 2 juta hingga Rp 5 juta, tidak termasuk biaya ganti komponen.
Bila ada komponen yang diganti, maka besaran biayanya mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 5 juta.
Transmisi
Harga perbaikan komponen yang satu ini juga nggak kalah mahal. Kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 8 juta-an, bahkan bisa lebih jika mobil kamu menggunakan transmisi matic.
Head gasket
Biaya perbaikan head gasket tidak mahal, hanya ratusan ribu rupiah. Yang membuat mahal justru perbaikan komponen lain yang terkena imbas, bisa sampai jutaan hingga belasan juta rupiah.
Kompresor AC
Untuk melakukan perbaikan pada kompresor AC, setidaknya kamu harus menyiapkan dana sekitar Rp 1,5 juta hingga Rp 6 juta, tergantung jenis mobil dan kerusakan yang dialami.
Turbocharger
Harga satu unit turbocharger relatif mahal bisa mencapai Rp 20 juta-an. Sedangkan biaya perbaikannya tidak kurang dari Rp 2 juta, tergantung kerusakan dan jenis mobilnya.
Semua masalah dan biaya perbaikan yang menguras dompet tersebut bisa dicegah dengan servis berkala. Meski kadang terasa mahal, namun dengan melakukan perawatan yang baik, kerusakan fatal bisa dicegah, begitupun pengeluaran untuk perbaikan.
Baca juga: 6 Cara Mudah Bersihkan Dashboard Mobil Kusam
Idealnya, servis berkala dilakukan setiap 10.000 kilometer atau setiap enam bulan sekali. Namun jika mobil digunakan untuk harian, sebaiknya servis dilakukan sebelum enam bulan, apalagi jika jarak tempuh sudah bertambah 10.000 kilometer.
Mobil yang jarang dipakai juga tetap harus melakukan servis berkala sesuai jadwal agar terbebas dari berbagai kerusakan.
Selain perawatan berkala, jika kamu berencana membeli mobil bekas, jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh agar kerusakan pada komponen-komponen di atas bisa terdeteksi, sehingga kamu terhindar dari perbaikan yang bikin kantong boncos.
Baca juga: Biar Makin Kinclong, Segini Biaya Detailing Mobil
Tapi, kalau belinya di mo88i kamu nggak perlu khawatir. Soalnya, semua unit mobil bekas di mo88i dijamin yang terbaik karena sudah sudah melewati pemeriksaan secara seksama dan teliti oleh inspektor berpengalaman.
Jadi, dijamin berkualitas dan tidak pernah mengalami tabrakan yang mengubah struktur rangka apalagi terendam banjir. Dokumen dan odometer-nya pun dijamin keasliannya.
Nggak cuma itu, di mo88i kamu juga bisa menemukan berbagai pilihan mobil bekas siap pakai yang sudah diperbaiki dan dipercantik hingga kualitas terbaik dan bisa langsung kamu gunakan! Spesial Agustus 2022, beli mobil bekas di mo88i bisa dapet cashback Rp 2 juta.
Baca juga: Beli Mobil di mo88i (Mobi) Cashback-nya 2 Juta, Lebih Untung!
Tunggu apalagi? Yuk beli mobil bekas di mo88i sekarang! mo88i juga bisa diakses melalui smartphone dengan mengunduhnya di Playstore atau Appstore.