×

blog/cuaca-panas-tak-kunjung-usai-ini-komponen-mobil-yang-harus-kamu-perhatikan-102023

Cuaca Panas Tak Kunjung Usai, Ini Komponen Mobil yang Harus Kamu Perhatikan

17 Okt 2023

Cuaca panas yang berkepanjangan dapat memberikan tantangan tersendiri bagi kendaraan kita. Sinar matahari dan suhu panas tinggi yang terus menerus dapat berdampak negatif pada beberapa komponen utama pada mobil.

Cuaca panas jelas berdampak pada persoalan serius yang berkepanjangan. Bahkan suhu panas bisa jadi pemicu masalah tertentu pada komponen kendaraan. Apabila mesin semakin panas, maka sistem pendinginan mesin tentu bekerja lebih keras.

Baca juga: BMW i7 Jadi Tunggangan Pemimpin Negara di KTT Asean ke-43, Harganya Fantastis!

Artikel ini akan membahas beberapa komponen yang perlu diperhatikan selama cuaca panas berkepanjangan untuk memastikan mobil tetap beroperasi dengan baik.

 

1. Sistem pendingin

Sistem pendingin adalah salah satu komponen paling vital yang perlu diperhatikan selama cuaca panas. 

Pastikan bahwa kipas radiator, termostat, dan cairan pendingin dalam kondisi baik. Jika sistem pendingin gagal, suhu mesin dapat naik secara drastis, mengakibatkan kerusakan serius.

 

2. Ban

Panas berkepanjangan dapat mempengaruhi tekanan ban. Pastikan tekanan ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan, karena tekanan ban yang tidak tepat dapat mengurangi traksi dan memperpendek umur ban.

 

3. Baterai

Suhu tinggi dapat mempercepat penguapan cairan dalam baterai, yang dapat mengurangi umur baterai. Periksa apakah terminal baterai bersih dan pastikan baterai dalam kondisi yang baik.

 

4. Sistem AC

Saat cuaca panas, sistem AC menjadi penolong utama. Pastikan bahwa AC berfungsi dengan baik, termasuk filter udara AC yang bersih. Jika sistem AC bermasalah, suhu dalam kabin dapat menjadi sangat tidak nyaman.

Baca juga: Agar Efektif Tekan Polusi, Kendaraan dari Luar Jakarta Wajib Lulus Uji Emisi

Cek juga bagian filter udara agar sirkulasi pada AC tetap bersih demi mencegah penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

 

5. Minyak mesin dan oli

Minyak mesin adalah "darah" mobil, dan oli adalah komponen penting dalam mesin. Suhu tinggi dapat menyebabkan minyak mesin dan oli bekerja lebih keras. Pastikan bahwa tingkat minyak mesin dan oli dalam kondisi optimal.

 

6. Sistem kelistrikan

Panas dapat memengaruhi sistem kelistrikan mobil, termasuk kabel dan konektor. Periksa apakah semua komponen elektrikal berfungsi dengan baik, termasuk lampu, klakson, dan sistem pengisian.

 

7. Sistem rem

Cuaca panas dapat mempengaruhi performa sistem rem. Pastikan bahwa piringan dan kampas rem dalam kondisi baik. Rem yang bekerja dengan baik sangat penting untuk keamanan berkendara.

 

8. Interior mobil

Selain komponen teknis, perhatikan juga interior mobil. Suhu tinggi dapat merusak jok, dashboard, dan bahan interior lainnya. Gunakan penutup jok atau parkir di tempat teduh jika memungkinkan.

Kaca film mobil dapat berperan efektif mengurangi panas masuk ke dalam kabin. Namun perlu diketahui, paparan matahari ekstrem bisa membuat usia kaca film berkurang. Kondisi ini ditandai dengan memudarnya kaca film disertai timbul gelembung udara.

Demi menghindari suhu panas ekstrem, pemilik disarankan untuk parkir mobil di tempat yang teduh. Bila tak memungkinkan parkir dalam ruangan pada siang hari, minimalisir risiko dengan memilih parkir di bawah pohon rindang.

Baca juga: Waspada, 7 Hal ini Bisa Bikin Mobil Turun Mesin

Dengan parkir mobil di tempat yang jauh dari paparan sinar matahari langsung, kamu sudah membantu menjaga suhu di dalam kabin tidak terlalu tinggi. Ini kemudian juga berdampak pada penggunaan AC, di mana AC tidak perlu bekerja keras ketika dinyalakan nanti.

Cuaca panas yang berkepanjangan dapat memberikan tantangan pada mobil kita. Untuk memastikan kendaraan tetap beroperasi dengan baik, pastikan untuk memeriksa dan merawat komponen seperti sistem pendingin, ban, baterai, AC, minyak mesin, oli, sistem kelistrikan, sistem rem, dan interior mobil. 

Dengan perawatan yang baik, pemilik mobil dapat menjaga mobil kesayangan tetap berjalan dengan baik meskipun suhu tinggi yang terus menerus. Jadi, pastikan kamu perhatikan komponen kendaraan diatas ya.

Untuk informasi dan tips-tips menarik lainnya, kunjungi mobbi ya! mobbi juga bisa diakses melalui smartphone dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan