×

blog/cara-mendeteksi-kerusakan-pada-kaki-kaki-mobil-052023

Cara Mendeteksi Kerusakan pada Kaki-kaki Mobil

29 Mei 2023

Kaki-kaki mobil merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk memastikan kendaraan berjalan dengan baik dan aman. Kaki-kaki mobil sendiri terdiri dari beberapa komponen seperti suspensi, rem, roda, dan sistem kemudi. 

Kerusakan pada kaki-kaki mobil dapat mengakibatkan kendaraan sulit dikendalikan dan berbahaya bagi pengendara dan penumpang. 

Baca juga: Awas Keliru, ini Perbedaan Toyota Corolla Cross Versi Bensin dan Hybrid

Untuk menghindari hal tersebut, penting bagi pemilik mobil untuk dapat mendeteksi kerusakan pada kaki-kaki mobil secara dini. Berikut adalah beberapa cara untuk mendeteksi terjadinya kerusakan kaki-kaki mobil.

 

1. Periksa suspensi

Suspensi merupakan salah satu komponen utama pada kaki-kaki mobil. Untuk memeriksa suspensi, kamu dapat melakukan tes guncangan. Tekan kuat-kuat pada setiap sudut mobil dan lepaskan. 

Jika mobil terus berayun atau bergoyang lebih lama dari biasanya, hal ini dapat menunjukkan adanya kerusakan pada suspensi. Selain itu, perhatikan juga adanya kebocoran atau keausan pada per yang digunakan untuk menyerap kejutan.

 

2. Cek sistem rem

Sistem rem yang baik sangat penting untuk menjaga keselamatan berkendara. Untuk memeriksa sistem rem, perhatikan apakah ada bunyi aneh saat menginjak pedal rem. Jika terdengar suara berdecit atau berdesis, kemungkinan ada kerusakan pada sistem rem. 

Baca juga: Lebih dari 30 Merk Mobil dan Motor akan Ramaikan GIIAS 2023, Ada Apa Saja?

Perhatikan juga apakah mobil cenderung miring ke satu sisi saat mengerem. Hal ini bisa menandakan adanya masalah pada kaliper rem atau sistem keseimbangan rem.

Selain itu, Jika kamu merasakan getaran saat menginjak pedal rem atau merasa sulit untuk menginjak pedal rem, ini bisa menunjukkan adanya kerusakan pada sistem rem. Mungkin ada masalah pada cakram rem yang aus, kaliper rem yang macet, atau masalah lainnya yang perlu segera ditangani.

 

3. Periksa keausan pada ban

Ban yang sudah aus dapat mengurangi traksi dan mengakibatkan kendaraan sulit dikendalikan. Periksa keausan pada ban dengan melihat kedalaman alur. Jika kedalaman alur sudah sangat tipis, maka waktunya untuk mengganti ban. 

Baca juga: Selain Bentuknya, Ini Dia Perbedaan Honda City Hatchback dan Sedan

Selain itu, perhatikan juga adanya keausan yang tidak merata pada ban. Misalnya pada satu sisi ban lebih cepat aus dibandingkan dengan sisi yang lain, ini bisa menunjukkan adanya masalah pada suspensi atau sistem roda. Hal ini perlu diperiksa lebih lanjut untuk mencegah kerusakan yang lebih serius.

 

4. Periksa kemiringan roda

Roda yang tidak miring atau berbelok terlalu jauh menandakan adanya masalah pada sistem kemudi atau suspensi. 

Kamu dapat memeriksa kemiringan roda dengan melihat apakah roda terlihat miring saat mobil berhenti. Jika roda terlihat tidak sejajar, segera periksakan ke bengkel untuk memperbaikinya.

 

5. Getaran pada kemudi atau mobil

Jika kamu merasakan getaran yang tidak biasa pada kemudi atau mobil saat berkendara, hal ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada kaki-kaki mobil. 

Baca juga: Jangan Asal, ini Aturan Membunyikan Klakson Mobil

Getaran yang terasa terutama saat kamu melaju dengan kecepatan tinggi bisa menunjukkan adanya ketidakseimbangan pada roda atau masalah pada suspensi.

 

6. Bunyi aneh saat melintasi rintangan

Jika kamu mendengar bunyi aneh seperti gemeretak, berdecit, atau berderak saat melintasi jalan berlubang atau rusak, itu bisa menandakan adanya masalah pada suspensi, seperti longgar atau aus.

 

7. Perubahan pada tinggi mobil

Jika kamu melihat perubahan pada tinggi mobil, ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada suspensi. Perhatikan apakah mobil terlihat lebih rendah dari biasanya atau ada perubahan yang mencolok pada ketinggian mobil saat berhenti. Jika iya, maka kemungkinan kaki-kaki mobil bermasalah.

 

8. Velg penyok atau rusak

Periksa velg mobil kamu secara visual. Jika melihat ada penyok atau retakan pada velg, hal ini bisa menandakan adanya kerusakan pada kaki-kaki mobil. 

Baca juga: Lagi Cari Toyota Voxy Bekas? Yuk Simak Kelebihan dan Kekurangannya Berikut!

Penyok atau retakan pada velg dapat memengaruhi keseimbangan roda dan mengakibatkan masalah saat berkendara. Segera perbaiki atau ganti velg yang rusak untuk menjaga keamanan dan kinerja mobil.

 

9. Suara berdecit saat belok

Jika kamu mendengar suara berdecit saat belok, terutama saat belok tajam, itu bisa menunjukkan adanya masalah pada sistem kemudi. 

Kemungkinan ada komponen yang aus atau perlu dilumasi. Jangan abaikan suara berdecit ini, segera periksakan mobil untuk mencegah kerusakan yang lebih serius.

 

10. Keausan pada bagian sasis

Periksa bagian sasis mobil kamu. Jika kamu melihat adanya keausan yang signifikan atau keretakan pada sasis, hal ini bisa menjadi tanda adanya kerusakan pada kaki-kaki mobil. 

Baca juga: 6 Tanda Mobil Kamu Butuh Spooring Balancing

Kerusakan pada sasis dapat memengaruhi kestabilan dan kekuatan struktural mobil. Jika kamu mencurigai adanya masalah pada sasis, segera konsultasikan ke ahli di bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

11. Perubahan handling atau kendali yang Buruk

Jika kamu merasakan adanya perubahan dalam handling atau kendali mobil, seperti mobil terasa tidak stabil saat berbelok atau sulit dikendalikan, hal ini bisa menunjukkan adanya kerusakan pada kaki-kaki mobil. 

Perhatikan perubahan-perubahan tersebut dan pastikan untuk memeriksakan mobil ke bengkel untuk evaluasi dan penanganan yang tepat.

Bagaimana? Tidak sulit bukan untuk mendeteksinya? Nah, jika mobil kamu mengalami masalah-masalah di atas, jangan diabaikan, ya! 

Kunjungi mobbi dan temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di  Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan