×

blog/cara-mendapatkan-pelat-nomor-putih-untuk-mobil-bekas-102022

Cara Mendapatkan Pelat Nomor Putih untuk Mobil Bekas

03 Okt 2022

Sejak satu bulan terakhir, kendaraan dengan plat nomor putih terlihat seliweran di jalan. Ya, perubahan warna dasar pada Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dari hitam menjadi putih memang sudah diberlakukan sejak pertengahan 2022.

Perubahan ini diatur melalui Peraturan Polisi Nomor 7 Tahun 2021, yakni dalam Pasal 45 Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Baca juga: Tips Jual Mobil Masih Kredit Supaya bisa Upgrade

Pada pasal tersebut, dijelaskan bahwa pelat nomor untuk kendaraan bermotor, perseorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing (PNA) dan Badan Internasional akan berubah menjadi warna putih dengan tulisan hitam.

 

Alasan penggantian warna

Pemilihan warna tersebut ditujukan untuk meningkatkan efektivitas tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). 

Pasalnya, sifat kamera menyerap warna hitam, sehingga pelat nomor dengan warna dasar hitam dan tulisan putih sulit ditangkap kamera. Terkadang terjadi kesalahan identifikasi seperti angka 5 terbaca huruf S, atau angka 1 terbaca huruf I.

Baca juga: Perawatan Mesin Turbo, Jaga Oli dan Kualitas Bahan Bakar

Sebaliknya, pelat nomor dengan dasar warna putih dan tulisan hitam lebih mudah ditangkap kamera ETLE, sehingga kesalahan identifikasi bisa dihindari.

Pelat nomor putih ini berlaku untuk kendaraan roda empat dan dua. Tetapi, tidak semua kendaraan bisa memperoleh pelat putih tersebut.

 

Cara mendapatkan pelat putih

Pelat nomor putih sendiri sebenarnya lebih diprioritaskan bagi kendaraan baru. Namun, kendaraan lama juga bisa ganti apabila masa berlaku TNKB atau pajak 5 tahunan sudah habis.

Baca juga: Istilah Jual Beli Mobil Biar Luwes Saat Main ke Showroom dan Negosiasi

Teknisnya sama seperti saat memperpanjang STNK di kantor Samsat. Kamu cukup membawa STNK, KTP dan BPKB asli serta foto kopi. Apabila sudah waktunya ganti pelat nomor maka akan mendapatkan pelat nomor dengan warna putih.

 

Biaya ganti pelat nomor putih

Adapun biaya ganti pelat nomor putih ini sama dengan tarif pencetakan TNKB, tanpa ada biaya tambahan. 

Untuk kendaraan roda dua, perpanjangan STNK yaitu Rp 100 ribu dan biaya pencetakan TNKB yakni sekitar Rp 60 ribu untuk setiap pasang, sehingga totalnya adalah Rp 160 ribu.

Sementara itu, perpanjangan STNK untuk kendaraan roda empat berkisar Rp 200 ribu dan biaya pencetakan TNKB yaitu Rp 100 ribu untuk setiap pasang. Jadi, total biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 300 ribu.

Baca juga: Cicilan Lunas, Ini Cara Mengambil BPKB Mobil Bekas

Selain biaya di atas, pemohon juga akan dikenakan biaya asuransi kendaraan sekitar Rp 23 ribu hingga Rp 35 ribu tergantung dari jenis kendaraannya.

Sementara itu, penggunaan plat nomor hitam masih diperbolehkan, selama masih sesuai dengan surat kendaraan bermotor tersebut. Kendaraan yang masih belum saatnya memperpanjang STNK tidak diharuskan untuk menggantinya menjadi warna putih.

 

Bolehkah cat pelat nomor putih sendiri?

Untuk melakukan cat pelat nomor sendiri, setiap daerah memiliki aturan yang berbeda-beda dan masih berubah-ubah.

Baca juga: Yuk Kenali Perbedaan Safety Driving dan Defensive Driving!

Sebut saja di Ogan Komering Ilir (OKI), Kanit Regident Satlantas Polres Ogan Komering Ilir, Ipda Faisal pada awalnya memperbolehkan masyarakat untuk mengecat pelat nomor sendiri, dari yang semula hitam menjadi putih. 

Namun pada akhirnya Kasatlantas Polres OKI, AKP Sadeli melarang warga untuk melakukan hal tersebut. 

Hal ini karena penggantian pelat nomor harus berjalan secara bertahap mulai dari daftar baru, STNK habis atau mutasi masuk ke wilayah Regident Sumsel. Jadi, sebaiknya tetap ikuti aturan, ya!

 

Pelat nomor putih untuk mobil bekas

Nah, buat kamu yang baru aja beli mobil bekas, pelat nomor putih juga bisa didapatkan saat balik nama STNK. Dokumen yang perlu disiapkan juga tidak berbeda jauh.

Baca juga: Cara Mengurus Balik Nama Mobil Bekas

Dokumen tersebut yakni KTP asli dan fotokopi pemilik baru, STNK asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi, fotokopi dokumen cek fisik yang didapatkan di Samsat dan fotokopi kwitansi dengan paraf penjual dan pembeli plus materai Rp 10.000.

Jika dokumen sudah siap, kamu hanya tinggal datang ke Samsat untuk melakukan balik nama pada STNK baru kemudian BPKB.

Jadi, buat kamu yang baru aja beli mobil bekas dan ingin segera ganti pelat nomor jadi warna putih, yuk segera urus proses balik nama!

Baca juga: Cicilan Lunas, Ini Cara Mengambil BPKB Mobil Bekas

Nah, kalau belum, beli mobilnya di mobbi aja, yuk! Semua unit mobil bekas dijamin tidak pernah mengalami tabrakan yang mengubah struktur rangka dan terendam banjir. Dokumen dan odometer pun dijamin keasliannya. 

Jangan tunggu lebih lama lagi, yuk beli mobil bekas di mobbi sekarang juga! Sekarang mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di App Store dan juga Play Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan