×

blog/cara-memperbaiki-central-lock-mobil-yang-bermasalah-012023

Cara Memperbaiki Central Lock Mobil yang Bermasalah

18 Jan 2023

Central lock mobil merupakan salah satu bukti kemajuan teknologi dalam industri otomotif. Dengan adanya fitur tersebut, pengemudi dapat dengan mudah mengunci pintu mobil secara bersamaan

Yup, hanya dengan menekan satu tombol, seluruh pintu mobil akan terkunci. Jadi, central lock mobil sifatnya otomatis, tidak lagi manual seperti mobil keluaran lama.

Selain lebih praktis dan nyaman, central lock mobil juga menambah keamanan saat berkendara. Namun, layaknya komponen mobil lainnya, central lock juga berpotensi alami masalah.

Baca juga : Penyebab Mobil Overheat di Tengah Jalan dan Cara Mengatasinya

Penyebabnya pun beragam, mulai dari adanya komponen central lock yang aus, kabel yang putus, dinamo yang lemah, hingga benturan keras pada mobil. Nah, untuk memperbaikinya, terdapat beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

 

1. Kondisi kawat penyambung

Untuk memperbaiki central lock mobil, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa kondisi kawat penyambung. Karena biasanya masalah pada komponen ini dipicu oleh kawat penyambung yang berada di antara motor central lock dan handle pintu.

 

2. Periksa fuse dengan multimeter

Masalah pada central lock mobil juga bisa dipicu oleh sekring yang menjadi satu pada kotak fuse. Untuk itu, jika central lock bermasalah, lakukan pengecekan pada bagian ini. Proses bisa kamu lakukan dengan multimeter.

 

3. Cek modul central lock

Bagian selanjutnya yang sebaiknya kamu cek apabila komponen ini mobil bermasalah adalah modul central lock. Modul sendiri adalah bagian pada central lock yang bekerja untuk membuka dan mengunci pintu mobil secara otomatis dengan menggunakan remote.

Baca juga: Power Steering Mobil Terasa Berat, Ini Penyebabnya

Cara mengeceknya bisa dilakukan dengan memeriksa sumber masuk dan keluar modul central lock. Apabila ada arus maka dipastikan kerusakan bukan pada bagian modul.

 

4. Motor bekerja dengan baik

Pada central lock juga terdapat motor yang bekerja untuk menarik pengunci pintu secara otomatis. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan prinsip elektromagnetik.

Untuk memeriksanya, kamu bisa memberikan arus plus dan minus pada masing-masing kaki motor. Apabila motor dapat bergerak masuk atau keluar saat arus dihubungkan dan diputuskan, maka motor masih bekerja dengan baik.

 

5. Periksa kondisi kabel

Central lock mobil pada dasarnya terdiri atas rangkaian instalasi kelistrikan. Oleh karenanya, kondisi kabel yang ada di dalamnya memiliki peran yang penting. 

Baca juga: Masa Berlakunya Habis, Begini Cara Perpanjang SIM Online

Apabila kabel-kabel tersebut bermasalah, maka central lock tidak dapat bekerja dengan optimal. Maka dari itu, cek kondisi kabel apabila central lock mobil tidak berfungsi.

 

Cara merawat central lock mobil

Supaya kamu nggak perlu repot-repot melakukan perbaikan, sebaiknya central lock mobil dirawat dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Jangan menutup pintu terlalu keras, karena benturan yang berlebihan bisa membuat gigi penggerak mengalami perubahan posisi. 

Gigi penggerak sendiri berkaitan dengan lengan atau batang penggerak, apabila batang penggerak bengkok akibat benturan, maka sistem central lock tidak lancar atau seret. 

2. Rutin membersihkan sela-sela pintu dan melakukan pengecekan berkala, minimal enam bulan sekali. Dengan begitu sistem central lock mobil akan lebih awet. Hindari penggunaan air saat membersihkan agar tidak terjadi korsleting.

3. Cek kabel-kabel yang berkaitan dengan kelistrikan central lock agar tenaga listrik yang dialami tidak mengalami hambatan saat digunakan.

Tidak sulit kan cara merawatnya? Komponen ini memang seringkali disepelekan perawatannya. Tak jarang, kerusakannya pun sudah terlalu parah, sehingga sulit diperbaiki dan mau tidak mau diganti dengan biaya berkisar antara Rp 400 ribu-600 ribuan.

Untuk menghindari biaya pergantian yang relatif mahal tersebut, yuk lakukan langkah-langkah perawatan di atas!

Baca juga: Tukar Tambah Mobil dengan Innova Zenix di mobbi, Bisa Dapet Voucher BBM hingga Road Trip Kit!

Kunjungi mobbi untuk temukan mobil idamanmu dan informasi serta tips-tips menarik seputar otomotif! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan