×

blog/cara-kerja-dan-keunggulan-mesin-turbocharged-pada-mobil-062023

Cara Kerja dan Keunggulan Mesin Turbocharged pada Mobil

05 Jun 2023

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata turbo? Apakah itu laju mobil yang ngebut atau mungkin tambahan daya dan tenaga? Kamu sama sekali tidak salah. Jenis mesin ini memang dikenal mampu membuat mobil lebih bertenaga dan ngacir.

Namun, tahukah kamu bagaimana mesin turbocharged bekerja dan apa saja keunggulannya? Berikut penjelasannya.

 

Apa itu mesin turbocharged?

Mesin turbo atau turbocharged memiliki kemampuan untuk meningkatkan tenaga mobil melalui induksi paksa. Secara sederhana, induksi paksa merupakan penambahan udara dingin yang dikompres oleh mesin, lalu didorong ke ruang pembakaran mesin mobil.

Baca juga: Deretan Koleksi Mobil Hotman Paris, Mewah!

Lantas, apa gunanya udara tersebut? Udara tambahan yang didorong masuk ke ruang pembakaran membuat lebih banyak bahan bakar yang akan disedot ke ruang tersebut. 

Hal ini meningkatkan tenaga karena udara mampu memberikan dorongan pada mesin. Karena bahan bakar tambahan tersebut terbakar pada tingkat yang lebih cepat daripada yang terjadi pada mesin dalam keadaan normal.

 

Apakah turbo bikin boros BBM?

Dari penjelasan di atas, mungkin akan muncul pertanyaan seperti apakah mesin turbo akan membuat mobil menjadi boros BBM? Menariknya, jawabannya adalah tidak.

Baca juga: Rolls-Royce Boat Tail jadi Mobil Termahal di Dunia 2023, Ini Alasannya!

Turbocharger umumnya justru membantu mobil untuk mencapai efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Ini karena turbocharger memungkinkan penggunaan daya mesin yang lebih kecil tetapi tetap menghasilkan tenaga dan performa yang sama. 

Sebagai contoh, mesin yang dilengkapi turbo dapat menjadi 8% - 10% lebih hemat bahan bakar dibandingkan mesin yang sama tanpa turbo. Namun, perlu diingat bahwa turbocharger tidak didesain untuk menghemat bahan bakar. 

Meskipun turbocharger memungkinkan penggunaan mesin yang lebih kecil untuk mencapai performa yang setara dengan mesin yang lebih besar, tujuannya bukanlah untuk menghemat bahan bakar. 

Baca juga: Ada Uji Emisi Gratis di Jakarta, Catat Tanggal dan Lokasinya 

Turbocharger dipasang dengan tujuan meningkatkan performa mobil. Oleh karena itu, jika efisiensi bahan bakar menjadi prioritas kamu, maka mobil dengan bermesin turbo bukanlah pilihan terbaik. Namun, jika ingin mobil yang bertenaga, mobil bermesin turbo bisa jadi pilihan yang tepat!

 

Turbocharged dan Supercharged, apa bedanya?

Jika kamu mencari “turbocharged” melalui mesin pencari manapun, pasti selalu muncul pembanding yang satu ini, yaitu “supercharger” atau “supercharged”. Apa bedanya dengan turbocharger?

Perbedaan utama antara turbocharger dan supercharger terletak pada sumber tenaga yang digunakan. Turbocharger menggunakan gas buang sebagai sumber tenaga, sementara supercharger ditenagai oleh mesin mobil melalui sabuk atau rantai yang terhubung dengan poros nok. 

Baca juga: Ford Rilis Teaser Mobil Baru, Diduga Ford Ranger

Poros ini terletak di atas blok mesin. Fungsinya untuk menggerakkan komponen seperti supercharger atau generator.

Keduanya berfungsi untuk meningkatkan daya mesin dengan cara menghasilkan tekanan udara tambahan dalam manifold hisap. Ini merupakan saluran yang mengarahkan udara ke dalam ruang bakar mesin.

 

Lebih baik turbocharger atau supercharger?

Jadi, pertanyaannya sekarang, mana yang lebih baik, turbocharger atau supercharger? Dari sudut pandang praktis, turbocharger adalah pilihan yang lebih baik. 

Baca juga: BMW X1 Bekas Jadi Incaran Para Kawula Muda? Jangan Lupa Perhatikan Ini

Sistem ini memberikan kombinasi sempurna antara peningkatan tenaga dan efisiensi bahan bakar. Hal ini tentu merupakan keinginan sebagian besar pembeli mobil. Oleh karena itu, produsen mobil jaman sekarang menggunakan turbocharger pada sebagian besar mobil modern.

Bagaimana? Tertarik untuk memiliki mobil bermesin turbo? Cek berbagai pilihannya di mobbi yuk! Kamu juga bisa mengakses mobbi dengan mudah melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan