×

blog/cara-cek-pelat-nomor-jakarta-jangan-sampai-bodong-112022

Cara Cek Pelat Nomor Jakarta, Jangan Sampai Bodong!

22 Nov 2022

Ternyata, tidak sulit untuk mengecek pelat nomor Jakarta. Langkah ini sangat berguna apabila kamu berencana membeli mobil bekas. 

Kamu bisa memastikan apakah mobil bekas incaran datanya tercatat secara resmi di kepolisian atau tidak. Jangan sampai, mobil bekas yang kamu idam-idamkan ternyata kendaraan bodong!

Tidak hanya itu, mengecek pelat nomor juga berguna untuk mengetahui bagaimana pajak dari mobil tersebut, seperti masa berlaku atau besarnya pajak tahunan.

Baca juga:  Toyota All New Kijang Innova Zenix Resmi Meluncur, Begini Spesifikasi Lengkapnya

Nah, untuk cek pelat nomor Jakarta, terdapat tiga cara, yakni melalui SMS, website dan aplikasi. Berikut selengkapnya.

 

1. Cek pelat nomor Jakarta melalui SMS

Cara pertama untuk mengeceknya, kamu bisa mengirim SMS ke nomor khusus dengan format pesan berikut ini. Ketik METRO [spasi] pelat nomor kendaraan yang akan dicek tanpa menggunakan spasi. Contoh, METRO B567ULM. Kemudian kirim ke 1717. 

Jika sudah, tunggu beberapa saat hingga kamu mendapatkan balasan yang berisi data kendaraan seperti nama pemilik dan berbagai informasi lainnya terkait kendaraan tersebut.

Baca juga: Pelat RF Akan Ditertibkan Kapolri Demi Kenyamanan di Jalan

Saat mengirim SMS, pastikan kamu mengetiknya dengan benar, ya. Mulai dari pemakaian huruf kapital hingga spasi. Karena jika tidak maka informasi mengenai data kendaraan tidak akan muncul.

 

2. Cara cek pelat nomor Jakarta melalui website

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengeceknya melalui website resmi Samsat DKI Jakarta di http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/

Caranya cukup mengakses website tersebut melalui browser yang ada di perangkat kamu, kemudian masukkan pelat nomor kendaraan yang ingin kamu cek riwayatnya.

Baca juga: Bea Balik Nama Mobil Bekas Bakal Dihapus, Kapan Mulai Berlaku?

Kemudian, di kolom berikutnya diisi dengan NIK pemilik kendaraan. Namun, bisa kamu kosongkan apabila tidak ada atau tidak mengetahuinya. 

Jika sudah, beri tanda centang 'V' pada kotak yang bertuliskan I'm Not a Robot' untuk verifikasi otomatif, lalu klik proses apabila sudah selesai.

Nantinya, kamu akan mendapatkan informasi mobil berdasarkan pelat nomor yang telah dimasukkan. Informasi tersebut terdiri dari merek mobil, tipe mobil, jenis bahan bakar, warna mobil, besaran pajak hingga masa berlaku pajak dari kendaraan tersebut.

 

3. Cara cek pelat nomor Jakarta melalui aplikasi

Cara terakhir untuk mengetahui plat nomor Jakarta adalah dengan menggunakan aplikasi Cek Ranmor DKI Jakarta yang bisa kamu akses melalui smartphone dengan mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store. 

Baca juga: Dimulai Dari Operasi Simpatik, Bagaimana Aturan Penghapusan Tilang Manual?

Jika sudah mengunduh aplikasi tersebut, kamu cukup masukkan nomor pelat nomor kendaraan dan informasi dari kendaraan tersebut akan ditampilkan. 

Selain itu, kamu juga bisa mengecek pelat nomor Jakarta dengan menggunakan aplikasi Pajak Online DKI Jakarta yang bisa kamu unduh di Google Play Store. 

Untuk menggunakan aplikasi tersebut, kamu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah melakukan registrasi, kamu cukup memilih menu PKB kemudian masukan pelat nomor kendaraan dan tunggu prosesnya. 

Baca juga: Dengan mobbi Certified, Bisa Dapat Mobil Bekas seperti Baru!

Jika sudah selesai, maka akan muncul nama pemilik kendaraan, besarnya pajak kendaraan, dan masa berlaku pajak kendaraan tersebut.

Mudah kan caranya? Jadi, agar aman, jangan lupa dicek ya sebelum meminang mobil bekas incaran. 

Kalau mau yang lebih aman, belinya di mobbi, aja! Bukan cuma kualitas unitnya aja yang terjamin, surat-surat, nomor rangka hingga nomor mesin juga terjamin keaslian dan keabsahannya. 

Baca juga: mobbi dari Astra, Beli Mobil Bekas Langsung Dapet Asuransi Gratis dan Diskon 2 Juta!

Nah, spesial bulan November 2022, beli mobil bekas di mobbi bisa dapetin cashback senilai jutaan rupiah, diskon langsung, potongan TDP,  hingga asuransi gratis yang bikin mobil kamu terjamin perlindungannya! 

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil bekas di mobbi sekarang agar tidak ketinggalan promonya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan