×

blog/cara-cas-aki-mobil-yang-benar-dan-tepat-022023

Cara Cas Aki Mobil yang Benar dan Tepat

09 Feb 2023

Sebagai komponen kelistrikan utama pada mobil, pastikan kamu memahami cara cas aki dengan baik dan benar. Dengan perannya yang begitu vital maka perawatan dan pemeliharaan secara berkala sangat tidak boleh untuk dilewatkan. Kerusakan yang fatal akan menyebabkan masalah pada mesin.

Tentunya kamu tidak mau kan masalah aki ini terjadi pada mobil kesayangan kamu? Sangat disayangkan jika body mobil sudah oke, tapi komponen di dalamnya bermasalah. Nah simak yuk cara cas aki dengan baik dan tepat agar aki kamu tetap terjaga.

 

1. Lepas aki dari mobil

Langkah awal dalam mengecas aki mobil yaitu kamu harus melepas aki dari badan mesin mobil. Perlu diketahui jika beberapa jenis mobil memerlukan reset ECU (Electronic Control Unit) sebelum melepas aki.

Baca juga: Sudah Soak, Bolehkah Aki Kering Dicas?

Kesalahan langkah dalam pengecasan akan menurunkan kinerja mobil karena mengakibatkan gangguan pada sistem kelistrikan. Dengan melepaskan aki dari mobil sebelum proses charging, ini akan menghindarkan kamu dari permasalahan kelistrikan yang bisa saja terjadi. 

Cara mengecas aki mobil dengan listrik memungkinkan munculnya busa pada lubang ventilasi aki. Air aki yang keluar beresiko menyebabkan iritasi pada kulit. Maka jangan lupa gunakan sarung tangan saat melepaskan aki dari mobil dan alas kaki berbahan dasar isolator listrik.

 

2. Membuka aki dengan benar 

Selanjutnya, setelah melepas aki dari mesin mobil yaitu dengan membuka tutup ventilasi aki. Hal tersebut bertujuan untuk mengeluarkan gas bertekanan tinggi yang berpotensi menyebabkan penggelembungan pada baterai aki bahkan ledakan yang tidak diinginkan. 

Baca juga: Ketahui 7 Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat

Kamu perlu memperhatikan kadar ketinggian air aki untuk tetap sesuai. Jika dirasa air aki telah berkurang, tambahkan air aki sampai ⅓ bagian dari total volume aki. Jangan mengisi air aki terlalu penuh karena air aki akan meluber dan mengenai badan aki itu sendiri. 

 

3. Sambungkan dengan kabel charger dengan tepat

Langkah ketiga, pasanglah kabel listrik dengan tepat. Pastikan pemasangan kabel yang terpasang sesuai dengan posisi kutub. Saklar charger tersedia dalam 3 saklar untuk mengecas aki: saklar arus pengisian, saklar arus tegangan dan saklar pengaturan waktu pengisian. 

Kamu juga harus menyesuaikan dengan kemampuan tegangan listrik. Umumnya untuk pengecasan aki, hanya diperbolehkan 1/10 dari jumlah ampere aki, misalnya aki mobil dengan kapasitas 50 Ampere, berarti kapasitas listrik yang diperbolehkan masuk hanya 5 Ampere saja.

 

4. Nyalakan charger dengan posisi yang tepat

Jika kabel sudah terpasang dengan tepat, lanjutkan dengan menghidupkan alat charger aki dan mengatur saklar pengisi daya ke posisi yang tepat.  Sesuaikan kabel listrik dengan setiap posisi saklar charger sesuai dengan petunjuk karena setiap merek bisa saja memiliki posisi berbeda.  

 

5. Tunggu aki terisi penuh

Setelah menyelesaikan beberapa langkah diatas. Kamu hanya perlu menunggu hingga proses cas aki Mobil selesai. Ketika aki terisi penuh maka akan otomatis pengecasan aki mobil akan berhenti. Perlu alat untuk memastikan aki telah terisi penuh. 

Baca juga: Tips Memeriksa Mobil Bekas Secara Menyeluruh

Alat charger tegangan aki yang digunakan memiliki fitur sensor tegangan bias untuk memutuskan tegangan listrik bila aki telah penuh. Ketika aki terisi penuh maka bunyi alarm akan berbunyi dengan kencang. Beberapa alat charger tegangan aki dapat diatur dengan timer.

 

6. Matikan alat cas dan tutup aki seperti semula 

Langkah terakhir adalah dengan mengembalikan aki mobil ke tempat semula. Perhatikan urutan yang benar saat memasang kembali aki tersebut yakni mulai dari memang terminal positif terlebih dahulu, dilanjutkan dengan terminal negatif. 

Perhatikan pula kebersihan dalam instalasi cas aki mobil untuk menghindari terjadinya kelalaian yang berakibat fatal seperti terjadinya arus listrik pendek sampai kecelakaan tersetrum. 

Baca juga: Jangan Salah! Begini Ciri-Ciri Aki Rekondisi dan Palsu

Nah, itu tadi cara cas aki yang baik dan benar agar mobil kamu tetap nyaman untuk berkendara. Jangan sampai mobil kesayanganmu bermasalah karena kamu melakukan kesalahan saat pengecasan aki. 

mobbi situs penyedia layanan jual beli mobil bekas berkualitas dengan harga miring dari segala merk. Metode transaksi pun dijamin aman sehingga kamu tidak perlu khawatir akan keamanan data pribadimu. 

Selain itu, kamu bisa menggunakan layanan tukar tambah di mobbi jika bosan dengan mobil yang kamu gunakan saat ini. Mobil dengan aki yang original dan aki awet yang memungkinkan kamu menjaganya dengan sepenuh hati pun ada. Yuk, tukar tambah mobil kamu di mobbi

Baca juga: Alasan Servis Berkala Mobil Bisa Dongkrak Harga Jualnya

Jangan lupa unduh aplikasi mobbi di Play Store atau pun App Store, untuk mendapatkan informasi terkini lainnya serta tips-tips menarik seputar mobil idamanmu!

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan