×

blog/canggih-toyota-bz4x-punya-fitur-parkir-otomatis-begini-cara-kerjanya-062023

Canggih! Toyota bZ4X Punya Fitur Parkir Otomatis, Begini Cara Kerjanya

06 Jun 2023

Fitur Parkir otomatis pada Toyota bZ4X menjadi salah satu keunggulan mobil listrik ini. Sebab, sistem yang disebut sebagai Advance Park ini mampu memberikan keamanan ekstra. 

Fitur Advanced Park ini dirancang untuk memudahkan pengemudi dalam melakukan manuver parkir. Tidak tanggung-tanggung, fitur ini memungkinkan pengemudi untuk memarkirkan mobilnya tanpa perlu menggerakkan kemudi sedikitpun. 

 

Cara kerja Advanced Park

Cara kerja fitur Advanced Park ini sungguh luar biasa. Fitur parkir otomatis ini memanfaatkan beragam sensor yang tertanam di berbagai titik mobil. Untuk mengaktifkannya, pengemudi hanya perlu menekan tombol Advanced Park yang terletak pada layar sentuh.

Baca juga: BMW X1 Bekas Jadi Incaran Para Kawula Muda? Jangan Lupa Perhatikan Ini

Setelah fitur parkir otomatis ini aktif, mobil akan secara otomatis mencari ruang parkir dengan bantuan sensor sonar parkir yang terdistribusi di berbagai titik, seperti pada bagian fender depan, belakang, kanan, dan kiri mobil. Fitur Advanced Park juga dibantu oleh kamera dan sensor di bagian bawah kaca spion.

Namun, perlu diperhatikan bahwa terdapat beberapa kondisi yang harus dipenuhi agar fitur Advanced Park dapat berfungsi dengan baik. Kecepatan mobil harus di bawah 10 kilometer per jam, pengemudi harus melepas pedal gas dan menginjak pedal rem, serta memastikan seatbelt terpasang dengan baik.

 

Keunggulan lainnya

Selain itu, Toyota bZ4X juga menawarkan berbagai keunggulan lainnya, beberapa di antaranya adalah kehadiran fitur Toyota Safety Sense 3.0, T Intouch, dan tentunya performa yang ciamik!

 

1. Toyota Safety Sense 3.0

Toyota bZ4X juga dilengkapi dengan Toyota Safety Sense (TSS) 3.0, yang merupakan generasi terbaru dari sistem Advance Driver Assistance System (ADAS).

Baca juga: Rolls-Royce Boat Tail jadi Mobil Termahal di Dunia 2023, Ini Alasannya!

Secara sederhana, sistem ini menggabungkan kamera dan teknologi radar untuk beroperasi. Kamera digunakan untuk memantau kondisi sekitar, termasuk marka jalan dan rambu lalu lintas.

Teknologi radar digunakan untuk mendeteksi jarak dengan objek di depan dan belakang mobil. Perbedaan dengan Toyota Safety Sense 2.0, generasi terbaru Toyota Safety Sense 3.0 memiliki sensor yang lebih canggih dan kemampuan deteksi yang lebih baik.

Dalam TSS 3.0, terdapat berbagai fitur canggih seperti Pre-Collision System with Pedestrian Detection, Lane Departure Alert with Steering Assist, Automatic High Beams, Lane Tracing Assist, Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control, dan Road Sign Assist.

Baca juga: Deretan Koleksi Mobil Hotman Paris, Mewah!

Selain TSS, Toyota bZ4X juga dilengkapi dengan fitur lainnya seperti Vehicle Stability Control, Hill-start Assist System, Regenerative Braking System, Electronically Controlled Brake System, Blind Spot Monitor, Safe Exit Assist, Clearance Sonar, Rear Cross Traffic Alert, Rear Camera Detection, Parking Support Brake, dan Panoramic View Monitor.

 

2. T Intouch

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah T Intouch. Fitur ini merupakan fitur telematika yang menghubungkan pengguna dan mobil dengan berbagai layanan mobilitas Toyota melalui aplikasi ponsel mTOYOTA. 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menikmati layanan seperti Find My Car, Geofencing, E-Care (Maintenance). Kemudian Trip Driving Update, Road Assistance, dan masih banyak lagi.

 

3. Performa Toyota bZ4X

Tentu saja, selain fitur-fitur canggih tersebut, performa Toyota bZ4X juga tidak kalah menarik. Mobil ini menggunakan penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD), yang terbukti efisien dan memadai di jalan perkotaan.

Dengan tenaga sebesar 204 daya kuda dan torsi 266 Nm, Toyota bZ4X mampu mencapai akselerasi 0-100 kilometer per jam dalam waktu 8,3 detik dan akselerasi pertengahan 48-90 kilometer per jam dalam waktu 2,9 detik. 

Baca juga: Review dan Harga Suzuki S-Presso, Compact City Car Rasa SUV

Terdapat juga mode berkendara ECO yang membantu menghemat daya listrik dan mode SNOW untuk berkendara di medan off-road ringan.

Bicara soal baterai, Toyota bZ4X memiliki baterai berkapasitas 71,4 kWh dan dapat diisi daya dari 0 hingga 80 persen dalam waktu 9 hingga 10 jam menggunakan pengisian daya normal, atau dalam waktu 30 menit menggunakan fast charging. Dengan baterai yang terisi penuh, mobil ini dapat menempuh jarak hingga 500 kilometer.

Harga Toyota bZ4X

Dengan sejumlah keunggulan tersebut, tidak heran jika Toyota bZ4X dihargai sekitar Rp 1,19 miliar (OTR Jakarta) Toyota bZ4X benar-benar memberikan pengalaman berkendara yang nyaman, aman, dan memanjakan pengemudi dengan teknologi mutakhir yang dimilikinya.

Baca juga: Cara Memoles Mobil Agar Tetap Kinclong

Nah, sekarang udah nggak penasaran lagi kan sekeren apa fitur parkir otomatis Toyota bZ4X beserta keunggulan-keunggulan lainnya? 

Kalau kepo dengan informasi menarik lainnya seputar otomotif atau lagi mengincar mobil bekas berkualitas, yuk kunjungi mobbi! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan