×

blog/butuh-mobil-yang-kabinnya-lega-toyota-sienta-bekas-bisa-jadi-pilihan-062023

Butuh Mobil yang Kabinnya Lega? Toyota Sienta Bekas Bisa Jadi Pilihan!

15 Jun 2023

Toyota Sienta adalah salah satu mobil multi-purpose vehicle (MPV) yang cukup populer. Hal ini karena desainnya yang menarik, serta fitur-fitur fungsional yang canggih.

Belum lagi jika bicara soal kenyamanan. Sienta ini memiliki kabin yang luas dan juga cocok dijadikan sebagai kendaraan keluarga yang nyaman dan praktis.

Tak ayal, mobil ini masih menjadi incaran, bahkan untuk model bekasnya. Nah jika kamu tertarik membeli mobil Toyota Sienta bekas, berikut reviewnya.

 

Sejarah Toyota Sienta

Toyota Sienta generasi pertama diproduksi di Jepang pada 2003. Mobil tersebut sangat berbeda dengan yang biasa kita lihat di jalanan saat ini.

Baca juga: Sebelum Beli, Ini Tips Test Drive Mobil Bekas yang Tepat dan Aman

Pada generasi pertama, desainnya tetap kompak dan memiliki pintu geser mirip penerusnya. Namun terlihat perbedaan mencolok pada bagian lampu depan yang membulat. Desain mobil tersebut khas mobil kei car.

Sienta adalah mobil yang dirancang khusus untuk penggunaan di perkotaan, dengan kemampuan mengangkut hingga tujuh penumpang sekaligus.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, Sienta menawarkan ruang kabin yang lapang dan pintu geser elektrik yang mudah diakses di kedua sisi. Generasi pertama Sienta menggunakan mesin 1NZ-FE dengan tenaga sebesar 1.500 cc.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini Bedanya Supercar, Hypercar, dan Megacar

Mesin tersebut serupa dengan Vios dan Yaris. Adapun untuk transmisi yang digunakan hanya CVT saja. Sebabnya transmisi manual sudah lama tidak populer di Jepang.

Sienta generasi pertama memiliki penggerak roda depan (FWD) atau penggerak keempat roda (AWD). Mobil ini mengalami pembaruan tampilan pada tahun 2006 dan 2011.

Meski menarik dan terlihat unik, mobil ini tidak dijual bebas di negara lain. Sienta generasi pertama hanya dipasarkan melalui importir umum di kawasan Asia dan beberapa negara lainnya.

 

Toyota Sienta generasi dua, masuk Indonesia

Toyota Sienta bertransformasi pada 2015. Pada generasi kedua ini Sienta mulai diproduksi di negara-negara Asia lainnya seperti Malaysia, Thailand, Taiwan dan Indonesia. Sienta generasi ini lah yang sering kamu lihat di jalanan saat ini.

Baca juga: mobbi Hadirkan Pesta Mobil Bekas di PRJ 2023, Ada Benefit hingga Puluhan Juta!

Secara khusus, Sienta baru mulai masuk Indonesia tahun 2016. Generasi kedua yang diproduksi di Indonesia dan Jepang juga mengalami sedikit perbedaan karena adanya penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen di Tanah Air.

Salah satu perbedaan signifikan adalah tinggi ground clearance yang lebih tinggi 25 mm, ketimbang versi Jepang. Total tinggi ground clearance versi Indonesia adalah 170 mm. Namun, dimensinya tetap sama dengan panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.675 mm, serta jarak poros roda sekitar 2.750 mm.

Perbedaan lainnya terlihat pada tampilan eksteriornya. Sienta versi Indonesia dilengkapi body kit lengkap di semua sisi. Tipe tertentu Sienta versi Indonesia juga memiliki grille berwarna krom yang memberikan kesan mewah.

Baca juga: Harga Toyota Yaris Cross Resmi Dirilis, ini Daftarnya

Sienta versi Indonesia juga mengalami perbedaan pada bagian interior. Hal ini terlihat pada panel AC yang berbeda dari versi Jepang. Selain itu, posisi tuas transmisi juga ditempatkan secara konvensional, seperti yang ditemukan pada model Avanza dan Innova.

Adapun di Jepang, tuas transmisi terletak di bagian dashboard yang mirip dengan mobil niaga. Namun, untuk memenuhi kebiasaan pengemudi di Indonesia, Toyota memutuskan untuk menempatkan tuas transmisi pada posisi yang lebih umum digunakan oleh kendaraan di Tanah Air.

Meskipun terdapat perbedaan dalam panel AC dan posisi tuas transmisi, Sienta versi Indonesia hampir tidak memiliki perbedaan signifikan dengan varian yang ada di Jepang dalam hal fitur dan kualitas. Toyota tetap mempertahankan standar kualitas yang tinggi dan fitur-fitur unggulan yang telah menjadi ciri khas Sienta.

 

Mesin

Sienta menawarkan dua varian transmisi yang dapat dipilih sesuai dengan preferensi pengemudi, yaitu CVT 7 percepatan dan manual 6 percepatan. Dengan pilihan ini, pengemudi dapat mengatur pengalaman berkendara sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: Sejarah Honda Civic, Sudah Eksis dari Tahun 1970an!

Sienta mengandalkan mesin terbaru berkode 2NR-FE dengan kapasitas 1.497 cc segaris 4-silinder, dilengkapi dengan 16 katup DOHC Dual VVT-i. Mesin ini merupakan mesin yang sama yang digunakan oleh Toyota Yaris dan Vios, menunjukkan kualitas dan performa yang dapat diandalkan.

Mesin ini mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 107 ps pada putaran 6.000 rpm, serta torsi maksimum sebesar 14,3 kgm pada 4.200 rpm. Dengan tenaga yang cukup, Sienta dapat memberikan akselerasi yang responsif dan performa yang memadai dalam berbagai situasi berkendara.

Keandalan dan efisiensi mesin 2NR-FE telah terbukti melalui penggunaannya dalam model-model Toyota lainnya.

Baca juga: Mudah, ini Tips Memilih Oli Mesin Mobil yang Tepat

Mesin ini telah diuji dan dioptimalkan untuk memberikan kombinasi yang baik antara performa dan efisiensi bahan bakar, sehingga pengemudi dapat merasakan kesenangan berkendara tanpa harus khawatir dengan konsumsi bahan bakar yang tinggi.

 

Prioritas fitur keselamatan

Sienta tidak hanya menawarkan performa mesin yang handal, tetapi juga fitur-fitur keselamatan dan kenyamanan yang lengkap.

Sejak awal kemunculannya, Sienta telah dilengkapi dengan sejumlah fitur yang memberikan perlindungan dan kenyamanan ekstra kepada pengemudi dan penumpangnya.

Baca juga: Perbedaan Outlander Sport dan Outlander PHEV

Salah satu fitur yang ditawarkan oleh Sienta adalah AC Double Blower, yang memberikan sistem pendinginan yang efisien dan distribusi udara yang merata di seluruh kabin. Hal ini memastikan kenyamanan para penumpang dalam setiap perjalanan.

Dalam hal keselamatan, Sienta dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti 3 buah airbag untuk perlindungan maksimum dalam kecelakaan, termasuk knee bag yang terletak di bagian bawah kemudi untuk melindungi pengemudi dari benturan di area tersebut.

Fitur pengereman ABS + EBD membantu pengemudi mengontrol kendaraan dengan lebih baik dan mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman mendadak.

Baca juga: Lexus GX Generasi Ketiga Meluncur, Apa Saja Ubahannya?

Sienta juga dilengkapi dengan VSA (Vehicle Stability Assist) yang membantu menjaga stabilitas kendaraan dalam situasi mengemudi yang ekstrem. Selain itu, Hill Start Assist membantu pengemudi saat memulai perjalanan di tanjakan dengan mencegah mobil bergeser mundur.

Tidak hanya itu, Sienta juga dilengkapi dengan fitur Automatic Headlamp Leveling. Fitur ini memastikan bahwa lampu depan kendaraan selalu memiliki tingkat pencahayaan yang optimal, terutama saat berkendara di malam hari atau dalam kondisi cuaca yang buruk.

Fitur tersebut dapat membantu meningkatkan visibilitas dan keselamatan pengemudi serta pengguna jalan lainnya.

 

Interior

Toyota Sienta tidak hanya menawarkan kenyamanan dalam hal ruang kabin yang luas dan desain yang elegan, tetapi juga menghadirkan sejumlah fitur inovatif yang meningkatkan pengalaman berkendara dan kepraktisan.

Baca juga: Mudah, ini Tips Memilih Oli Mesin Mobil yang Tepat

Salah satu fitur menarik pada interior Sienta adalah globe box dengan chiller. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyimpan minuman dalam kondisi terjaga dan tetap dingin selama perjalanan tanpa harus khawatir kehilangan kesegaran saat dalam perjalanan yang panjang atau di cuaca yang panas.

Selain itu, Sienta juga dilengkapi dengan seat under tray yang terletak di bawah kursi penumpang depan. Fitur ini memberikan ruang tambahan yang berguna untuk menyimpan barang-barang kecil seperti dompet, ponsel, atau kunci.

Dengan adanya seat under tray, kamu dapat dengan mudah mengatur dan mengakses barang-barang tanpa perlu khawatir kehilangan atau merusaknya.

Baca juga: Sebelum Beli, Ini Tips Test Drive Mobil Bekas yang Tepat dan Aman

Selain itu, Sienta juga dilengkapi dengan fitur Multi Information Display (MID). Fitur ini mampu memberikan informasi perjalanan yang penting,  seperti informasi konsumsi bahan bakar real-time, konsumsi bahan bakar rata-rata, dan sisa jarak tempuh yang tersisa.

Selain itu, fitur menarik lainnya yang ditawarkan oleh MID Sienta adalah kemampuan untuk menampilkan speedometer dalam format digital. Ini memberikan tampilan yang modern dan mudah dibaca, sehingga pengemudi dapat dengan jelas melihat kecepatan kendaraan tanpa kesulitan.

MID Sienta juga dilengkapi dengan informasi penghematan bahan bakar dan penghematan biaya. Fitur ini memberikan gambaran yang jelas tentang seberapa efisien kendaraan dalam hal konsumsi bahan bakar, serta berapa biaya yang dapat pengemudi hemat dalam jangka waktu tertentu.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini Bedanya Supercar, Hypercar, dan Megacar

Namun, perlu diingat bahwa fitur ini hanya tersedia pada varian Sienta tipe Q dengan transmisi CVT. Jadi, bagi kamu yang memilih varian tersebut, kamu dapat menikmati fitur-fitur informatif dan menarik yang ditawarkan oleh Multi Information Display (MID) Sienta.

Toyota Sienta type tertinggi hadir dengan fitur Electric Sliding Door yang memberikan kenyamanan dan kemudahan akses penumpang dalam masuk dan keluar dari mobil.

Fitur ini merupakan salah satu keunggulan Sienta yang membuatnya menjadi pilihan yang populer di kalangan pengguna mobil keluarga.

Baca juga: Mudah, ini Tips Memilih Oli Mesin Mobil yang Tepat

Dengan Electric Sliding Door, pengguna Sienta dapat membuka dan menutup pintu mobil secara otomatis hanya dengan menggunakan remote atau tombol yang terletak di balik kemudi.

Hal ini memungkinkan penumpang untuk masuk atau keluar dari mobil dengan mudah dan cepat, terutama dalam situasi parkir yang sempit atau ketika membawa barang bawaan yang cukup banyak.

Kelebihan fitur Electric Sliding Door tidak hanya terletak pada kemudahan akses, tetapi juga pada keamanan. Fitur ini dirancang dengan sensor yang sensitif sehingga dapat mendeteksi halangan di sekitar pintu, seperti tangan atau benda lain yang mungkin terjepit saat pintu sedang tertutup.

Baca juga: Sebelum Beli, Ini Tips Test Drive Mobil Bekas yang Tepat dan Aman

Hal ini membantu mencegah terjadinya cedera atau kerusakan pada saat penutupan pintu. Dengan fitur Electric Sliding Door pada Toyota Sienta, pengguna dapat menghemat waktu dan usaha dalam membuka dan menutup pintu mobil. 

 

Harga Toyota Sienta bekas

Jadi, selain kabin yang lega, Toyota Sienta juga menawarkan berbagai keunggulan lainnya! Semakin tertarik untuk memilikinya? Untuk pilihan yang lebih ramah di kantong, Toyota Sienta bekas solusinya!

Di mobbi, kamu bisa menemukan Toyota Sienta bekas dengan harga mulai dari Rp 160 jutaan aja! Tenang, unitnya dijamin berkualitas kaya baru! Tunggu apalagi? Yuk segera kunjungi mobbi dan temukan mobil idamanmu!

mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan