×

blog/busi-iridium-mobil-bisa-tambah-tenaga-bagaimana-faktanya-012023

Busi Iridium Mobil Bisa Tambah Tenaga, Bagaimana Faktanya?

16 Jan 2023

Banyak yang beranggapan bahwa menggunakan busi iridium mobil mampu mendongkrak performa dapur pacu. Ternyata, hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Saat ini, busi mobil sendiri ada tiga jenis.

Yakni busi biasa yang umumnya terbuat dari logam tembaga, busi platinum yang berasal dari platina, dan busi iridium yang terbuat dari material iridium dan memiliki bentuk elektroda yang meruncing.

 

Lantas, benarkah busi iridium mobil mampu tingkatkan performa mobil?

Busi iridium mobil dikenal sebagai busi racing berperforma tinggi yang digunakan dalam RPM tinggi. Jenis busi ini termasuk busi dingin.

Baca juga: Harga Mobil dan Motor Listrik Makin Terjangkau dengan DP 0% dari OJK

Kemampuan akselerasinya lebih agresif daripada kedua jenis busi lainnya. Hal ini karena  ada respons yang lebih cepat terhadap operasi throttle mobil. Kamu dapat merasakannya saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

Selain itu, busi ini memiliki bentuk ujung elektroda yang meruncing, sehingga percikan api yang dihasilkan bisa merata dan performa terjaga. Busi iridium juga sangat tahan panas dan anti karat, karena titik lelehnya mencapai 2.000 celcius. 

Material yang digunakan pada busi jenis ini termasuk logam dengan bentuk yang keras dan mampu menjadi konduktor yang baik. Durabilitas yang dihasilkan busi iridium mobil juga lebih baik daripada busi biasa. 

Baca juga: Ciri Kompresor AC Mobil Lemah yang Membuatnya Tidak Dingin

Ini artinya, umur pemakaian busi jenis ini juga lebih panjang daripada busi-busi lainnya. Penggantian busi iridium bisa dilakukan jika mobil sudah mencapai interval 10.000 kilometer.

Meskipun tenaga yang dihasilkan tinggi, untuk memunculkan percikan api busi ini tidak begitu memerlukan tegangan listrik yang besar. Ini secara tidak langsung membantu aki menjadi lebih panjang umur.

 

Kelebihan busi iridium mobil

Selain dapat meningkatkan performa dan akselerasi mobil, berikut sejumlah kelebihan busi iridium lainnya:

1. Hanya ada sedikit dispersi pada komponen ini, sehingga kondisi idling kendaraan menjadi lebih stabil sesudahnya. Dengan begitu, kendaraan akan semakin terawat jika dibandingkan dengan menggunakan busi standar.

2. Menggunakan busi iridium dapat meningkatkan jarak tempuh kendaraan di jalan raya atau di perkotaan, karena busi iridium memiliki profil pengapian yang lebih baik yang memungkinkan bahan bakar kendaraan terbakar lebih efisien. 

 

Kekurangan busi iridium mobil

Meski memiliki sejumlah kelebihan, busi iridium juga memiliki kekurangan. Apa saja?

1. Deposit karbon pada busi, membuat tenaga mobil malah menghilang. 

2. Salah pengapian alias misfiring. Kondisi ini terjadi akibat waktu pencampuran udara dan bahan bakar pada silinder yang tidak pas.

3. Karena performanya tinggi, mengakibatkan sejumlah komponen yang berhubungan dengan busi akan lebih cepat panas.

 

Tidak disarankan untuk mobil harian

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, busi iridium mobil memiliki performa yang tinggi, maka dari itu penggunaannya pun lebih disarankan untuk mesin berperforma tinggi juga.

Baca juga: Parade Promo Seru, Tukar Tambah Mobil di mobbi Bisa Dapet Cashback Rp 3 Juta!

Perbedaan dari sisi kompresi mesin, suhu, getaran, juga pembakaran yang melebihi kemampuan dari mesin mobil harian malah bisa merusak mesin. Jadi apabila kamu berniat memasang busi iridium mobil untuk dipakai harian, tentu saja kurang tepat.

Jika kamu tetap ingin memasang busi iridium mobil untuk pemakaian harian, sebaiknya konsultasikan ke bengkel resmi, ya. Kamu dapat menanyakan jenis busi yang cocok dan rekomendasinya agar kinerja mesin optimal.

Untuk informasi dan tips-tips menarik lainnya, kunjungi mobbi, ya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan