×

blog/bmw-x1-bekas-jadi-incaran-para-kawula-muda-jangan-lupa-perhatikan-ini-052023

BMW X1 Bekas Jadi Incaran Para Kawula Muda? Jangan Lupa Perhatikan Ini

29 Mei 2023

BMW X1 bekas menjadi salah satu pilihan populer di kalangan para kawula muda yang mencari mobil premium dalam harga yang ramah di kantong. Sebagai model SUV entry-level besutan BMW, X1 menawarkan gaya yang sporty, ground clearance tinggi khas SUV, dan performa yang memukau.

Bagi kamu yang berencana untuk membeli BMW X1 bekas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli. Berikut penjelasannya.

 

1. Versi pertama BMW X1 2009 (E84)

Versi pertama BMW X1 diperkenalkan pada tahun 2009 dan mencuri perhatian dengan desain yang kompak dan dinamis. BMW X1 generasi pertama menawarkan kenyamanan dan kualitas bahan yang khas dari BMW, meskipun ukurannya yang lebih kecil. 

Baca juga: Ada Uji Emisi Gratis di Jakarta, Catat Tanggal dan Lokasinya

Kelebihan dari X1 versi pertama adalah manuverabilitas yang baik di perkotaan, handling yang responsif, dan performa yang cukup baik. Interior yang lapang dan desain yang elegan juga menjadi daya tariknya. 

Ia dilengkapi dengan pilihan mesin 4 silinder 2.0 Naturally Aspirated berkode N46 dan Turbo berkode N20. Mobil ini juga punya pilihan mesin diesel 2.0 4 silinder berkode N47 yang sangat populer di Indonesia karena kehematan bahan bakar yang bisa mencapai 1:19 ketika dipakai dalam kota. 

Karakter semua mesin yang diusung oleh BMW X1 ini terasa sangat powerful dikarenakan mobil ini ukurannya kompak untuk ukuran SUV. Apalagi untuk versi dieselnya, mobil ini boleh dibilang sangat menyenangkan dikemudikan karena tenaga yang berlimpah dan pengendalian yang lincah.

Baca juga: BMW Z4 dan Seri 5 Touring Resmi Meluncur, Harganya Mulai Rp 1,5 M

Namun, perlu diingat bahwa sebagai versi pertama, X1 ini memiliki beberapa kekurangan yang harus diperhatikan. Salah satu kekurangan X1 versi pertama adalah ruang kabin yang terbatas, terutama di bagian belakang. 

Meskipun kenyamanan di kursi depan cukup baik, penumpang di baris kedua mungkin merasa sempit terutama saat perjalanan jarak jauh. 

Selain itu, BMW X1 generasi pertama ini punya ciri khas yaitu berupa setir yang cukup berat untuk ukuran mobil tahun 2009. 

Baca juga: Selain Bentuknya, Ini Dia Perbedaan Honda City Hatchback dan Sedan

Setir yang berat ini sebenarnya menyenangkan jika mobilnya dipakai di kecepatan tinggi, namun sedikit mengganggu ketika mobil ini dipakai untuk bermanuver di jalan sempit atau parkir karena setir yang berat membutuhkan effort lebih agar mobil dapat berbelok.

Mesin pada BMW X1 model diesel juga sensitif terhadap bahan bakar. X1 versi diesel hanya dapat meminum solar berkualitas seperti Pertamina Dex, Shell V Power Diesel, BP Diesel dan lain sebagainya. Jangan coba coba mengisi mobil ini dengan solar subsidi semisal Biosolar ya!

Dengan demikian, hal ini mungkin menjadi pertimbanganmu untuk membeli mobil BMW X1 generasi pertama bekas. 

 

2. Versi LCI BMW X1 2016 (E84)

Pada tahun 2016, BMW merilis versi facelift dari X1. Mobil ini  menghadirkan perubahan yang signifikan. Pada desain eksterior misalnya. Mobil ini hadir dengan eksterior yang lebih segar dan modern membuat X1 terlihat lebih sporty dan menarik. 

Baca juga: 8 Kelebihan Mobil Eropa Bekas

Fitur-fitur keselamatan yang ditingkatkan, sistem hiburan yang lebih canggih, dan teknologi terbaru menjadi nilai tambah bagi versi ini. 

Kelebihan lainnya adalah ruang kabin yang lebih luas dan legroom yang lebih baik di bagian belakang. Alhasil, penumpang dapat merasa lebih nyaman ketika diajak berkeliling dengan mobil keluaran tahun 2016 tersebut.

Soal setir yang berat di model pre-LCI juga sudah diperbaiki di model LCI ini. Setir pada BMW X1 LCI ini sudah lebih ringan dan asyik untuk diajak bermanuver di jalan sempit atau parkir di parkiran mall.

Baca juga: Review dan Harga Suzuki S-Presso, Compact City Car Rasa SUV

Namun, ada kekurangan yang perlu diperhatikan pada X1 versi 2016. Salah satunya adalah kurangnya pilihan mesin yang bervariasi dengan absennya pilihan mesin Diesel yang menjadi favorit di BMW X1 generasi pre-LCI.

Versi 2016 hanya tersedia dengan mesin bensin tiga silinder 1.5 B38 yang juga dipakai di MINI Cooper Base Model dan empat silinder 2.0 liter B48 yang mungkin tidak memberikan pilihan yang cukup bagi mereka yang menginginkan performa yang lebih tinggi. Tentu hal ini akan menjadi pertimbangan jika kamu merupakan pecinta mobil diesel.

Meskipun begitu, kenyamanan berkendara dan kualitas bahan dari BMW X1 versi 2016 tetap menjadi nilai yang menonjol.

 

3. Versi BMW X1 2020 (F48)

Versi terbaru dari BMW X1, yang dirilis pada tahun 2020, memiliki banyak peningkatan dalam hal desain, kinerja, dan teknologi. X1 generasi terbaru ini memiliki tampilan eksterior yang lebih tajam dengan gril depan yang lebih besar dan lampu LED yang elegan dengan opsi Laserlight yang bisa dipilih.

Baca juga: Modifikasi yang Bikin Harga Jual Mobil Jatuh

Interior X1 juga mengalami peningkatan signifikan. Mobil ini mengalami banyak upgrade di sektor interior, mulai dari layout hingga pemilihan bahannya. Sehingga terkesan lebih premium dan tidak terlalu plain seperti BMW X1 berkode E84.

Tidak hanya itu, fitur-fitur mewah menjadi daya tarik lain dari BMW X1 versi terbaru. Beberapa fitur tersebut meliputi layar sentuh yang responsif dengan sistem infotainment terbaru, koneksi Bluetooth, navigasi GPS, kamera belakang, sistem suara premium, dan banyak lagi. 

Selain itu, X1 juga dilengkapi dengan fitur keselamatan canggih seperti pengereman otomatis, peringatan tabrakan, peringatan keluar jalur, dan asisten parkir.

Baca juga: Garasi Mobil Erick Thohir Nambah Genesis G80 dan Ioniq 5, ini Spesifikasinya

Namun, seperti halnya dengan setiap kendaraan, BMW X1 generasi F48 ini tetap memiliki kekurangan. Misalkan saja soal mesinnya, model ini hanya tersedia dengan mesin 3 silinder 1.5 B38 saja. Ini tentu menjadi kekurangan bagi para enthusiast yang menginginkan mesin yang lebih bertenaga.

Selain itu, ruang kepala pada bagian belakang yang sedikit lebih sempit dibandingkan dengan versi sebelumnya juga dapat menjadi pertimbangan bagi mereka yang sering membawa penumpang di bagian belakang.

Baca juga: Fungsi, Jenis, dan Tips Memilih Karpet Mobil

Untuk harga, BMW X1 ini juga naik relatif banyak ketimbang model sebelumnya. Sehingga harga bekasnya pun cenderung jauh lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Dalam rangka membuat keputusan yang bijak sebelum membeli BMW X1 bekas, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari setiap versi yang telah disebutkan sebelumnya. 

Pastikan untuk mengujinya dengan melakukan test drive dan melihat secara langsung kondisi kendaraan bekas yang akan kamu beli. Selain itu, lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap riwayat perawatan dan servis mobil tersebut.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan