×

blog/biar-tetap-awet-ini-setelan-ac-mobil-yang-tepat-062023

Biar Tetap Awet, ini Setelan AC Mobil yang Tepat

08 Jun 2023

AC mobil adalah salah satu fitur penting yang memberikan kenyamanan saat pengemudi mengendarai kendaraannya. Sebab, AC berfungsi untuk menjaga temperatur dalam kabin menjadi sejuk dan sesuai dengan yang diinginkan pengemud maupun penumpang.

Untuk itu, penting bagi pemilik kendaraan untuk selalu menjaga kondisi AC mobil agar berfungsi dengan baik. Salah satu cara untuk menjaga agar AC mobil tetap awet dan berfungsi dengan baik adalah dengan melakukan penyetelan yang tepat saat menggunakannya.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menyetel AC mobil agar tetap awet dan berkinerja optimal.

 

1. Nyalakan ketika mesin mulai hangat

Jangan langsung nyalakan AC mobil ketika kondisi mesin masih dingin. Adapun kondisi paling baik dalam mengaktifkan AC ketika suhu mesin mulai meningkat dan kendaraan berada dalam kondisi idle.

Baca juga: Mengapa di Indonesia Setir Mobil Ada di Kanan?

Mengapa demikian? Hal ini karena pada suhu rendah, AC dapat membebani mesin lebih berat dan mempengaruhi kinerja pendingin mesin. Ketika mesin berada dalam kondisi idle, beban kerja pada mesin lebih rendah dibandingkan saat mengemudi. 

Hal ini memungkinkan mesin untuk memberikan daya yang cukup untuk menjalankan AC dengan efisien. Dengan mengaktifkan AC pada kondisi idle, Anda memberikan kesempatan bagi sistem AC untuk beroperasi dengan efektif dan menghasilkan udara dingin yang cukup

Selain itu, saat suhu mesin meningkat, pelumas di dalam sistem AC juga mulai mengalir dengan baik. Ini penting untuk melumasi komponen-komponen kritis dalam sistem AC, seperti kompresor dan magnetic clutch agar tidak cepat aus.

 

2. Nyalakan di suhu normal

Hindari mengoperasikan AC pada suhu ekstrem yang terlalu rendah atau terlalu tinggi. Usahakan untuk menjaga suhu yang nyaman, antara 22-24 derajat celcius. Kemudian atur kecepatan angin di level pertama saja.

Baca juga: Sedang Mengincar BMW 320i E90? Ini Dia Plus Minusnya!

Namun hal ini berbeda jika mobil yang kamu kendarai sudah lama diparkir di tempat panas. Jika mobil yang parkirnya di tempat terik atau langsung dibawah sinar matahari, maka cara menyetel AC adalah dengan kecepatan level pertama terlebih dahulu. 

Kemudian atur temperatur kesejukan sekitar 20 derajat celcius. Tidak hanya itu, kamu juga diwajibkan untuk membuka kaca mobil sambil menyalakan AC.

Tujuannya agar udara panas yang tadinya terperangkap di dalam kabin cepat keluar. Walhasil kinerja AC terbantu karena tidak perlu bekerja terlalu berat untuk membuat udara kabin berubah menjadi sejuk.

Baca juga: Review KIA EV6 GT-Line, Mobil Kia Bertenaga Listrik Bernuansa Sporty

Setelah suhu di dalam kabin mulai menurun, tutup kembali jendela mobil untuk mencegah masuknya udara kotor ke dalam kabin. Kamu dapat mengatur ulang suhu AC sesuai dengan preferensi jika suhu di dalam kabin sudah dingin dan nyaman.

 

3. Gunakan fitur auto

Jika mobil kamu dilengkapi dengan fitur otomatis atau auto pada sistem AC, disarankan untuk mengaktifkan fitur tersebut saat pertama kali menggunakan AC. 

Dengan mengatur setelan pada mode auto, AC akan secara otomatis menyesuaikan suhu di dalam kabin, termasuk pengaturan suhu yang diinginkan dan kecepatan angin yang optimal.

Baca juga: Sejarah Mobil Esemka, Merek Lokal yang Punya Kendaraan Listrik

Beberapa mekanik profesional mengatakan bahwa mobil dengan fitur otomatis pada sistem AC-nya aman saat dinyalakan dan tidak memerlukan perlakuan khusus. 

Fitur auto pada sistem AC dirancang untuk memberikan kenyamanan dan kinerja yang optimal tanpa perlu campur tangan pengguna secara manual. 

Dengan mengaktifkan fitur tersebut, kamu dapat mempercayakan pengaturan suhu dan kecepatan angin kepada sistem yang cerdas untuk menciptakan kondisi yang nyaman di dalam kabin mobil.

Baca juga: Punya Tampilan yang Atraktif, Begini Cara Merawat Interior Xpander

Nah, kalau mau AC mobil kamu awet, terhindar dari kerusakan, dan selalu bekerja dengan optimal, lakukan cara-cara di atas, ya!

Kunjungi mobbi untuk temukan mobil idamanmu atau informasi-informasi menarik lainnya seputar otomotif. mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan unduh aplikasi mobbi di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan