×

blog/berawal-dari-sedan-hingga-menjadi-hatchback-begini-sejarah-mobil-baleno-082023

Berawal dari Sedan hingga Menjadi Hatchback, Begini Sejarah Mobil Baleno

02 Agu 2023

Mobil Baleno adalah salah satu mobil legendaris yang telah hadir di Indonesia sejak tahun 1995. Melalui perjalanan panjangnya, mobil Baleno mengalami transformasi yang menarik, dari awalnya sebagai model sedan hingga berubah menjadi mobil hatchback yang modern dan sporty. 

Sejarah Baleno merupakan cerminan dari ketangguhan dan adaptasi Suzuki dalam menghadapi perubahan tren dan kebutuhan pasar otomotif. Alhasil, mobil ini boleh dikata akan tetap hidup sepanjang zaman.

Lantas, bagaimana sejarah Suzuki Baleno? Untuk mengetahui sejarah Baleno generasi pertama hingga akhir, simak artikel ini hingga tuntas!

 

Generasi pertama (1995 - 2003)

Mobil Baleno pertama kali unjuk gigi di Indonesia pada tahun 1995. Mobil ini disokong mesin empat silinder 1.600 cc lengkap dengan teknologi fuel injection, dan pada saat itu hanya ada pilihan transmisi manual 5 percepatan saja. 

Baca juga: Velg Mobil Retak, Apakah Bisa Diperbaiki?

Suzuki Indonesia sendiri sangat bangga dengan kehadiran mobil Baleno generasi pertama ini. Hal tersebut karena mobil sedan ini irit bensin dan nyaman untuk dikendarai berkat suspensinya yang empuk.

Kemudian pada tahun 2000, Suzuki Indonesia menambahkan facelift pertama dengan cara mengurangi kapasitas mesin jadi 1.500 cc yang disebut Baleno Millenium. Penampilannya jadi lebih kekinian dengan bentuk oval, dan ada ubahan pada grille, lampu depan, dan desain velg-nya. 

Pada versi facelift pertama ini, Suzuki juga menambahkan fitur-fitur keren seperti tilt steering, central lock, power steering, dan head unit double DIN. Belum puas dengan fitur-fitur tadi, pada tahun 2002, Suzuki Indonesia kembali mendesain velg dan grille untuk mendapatkan sentuhan sporty.

 

Generasi Kedua: Baleno Next-G (2003-2007) 

Suzuki memberikan banyak ubahan penting pada Baleno generasi kedua dan diberi nama Suzuki Baleno Next-G.

Baca juga: Waspada Efek Buruk Busi Palsu, Begini Cara Membedakannya

Mobil Baleno generasi kedua ini hadir dengan bodi, sasis, dan interior yang disesuaikan dengan tren medio awal 2000-an. Interiornya jadi lebih keren, terdapat panel meter digital yang lebih modern, dan ruang kabinnya juga dibikin lebih lega dibanding Suzuki Baleno generasi pertama.

Bukan cuma dari sisi tampilan saja yang diubah, tapi juga fitur keselamatannya. Baleno Next-G dilengkapi fitur-fitur canggih macam ABS (Auto Braking System) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution) buat menyokong keselamatan pengendara. 

Dari segi mesinnya juga dibuat lebih up to date. Baleno generasi kedua ini disokong mesin M15A dengan teknologi VVT dan kapasitas 1.500 cc. Tak ayal, mesin ini bikin tenaga mobil meroket hingga 100 hp pada 5.900 rpm dan torsi 133 Nm pada 3.100 rpm.

Baca juga: Nggak Perlu Emosi, Begini Cara Menghadapi Lane Hogger di Jalan Tol

Adapun untuk pilihan transmisinya ada yang manual 5-percepatan dan ada juga yang otomatis 4-percepatan. Dua tahun berikutnya, di tahun 2005, Suzuki memberikan sedikit ubahan pada Baleno Next-G, yang terdapat pada bodi dan grille baru. Selain itu desain interior juga diubah, dan tambahan fitur MID (Multi Information Display) di tengah dasbor.

 

Generasi Ketiga: Neo Baleno (2008-2010)

Pada tahun 2008, Baleno kembali beregenerasi. Kali ini mobil tersebut dinamai Neo Baleno dan hadir dengan desain yang lebih modern. Hal ini bisa dilihat pada lampu depannya yang panjang sampai ke bagian fender dan kap mesin. Bodi mobil ini juga terlihat lebih membulat. Mirip dengan pendahulunya, Suzuki Baleno generasi pertama.

Untuk urusan mesin, Neo Baleno masih menggunakan mesin M15A seperti generasi kedua. Meski demikian, fitur mobil ini lebih baru dan canggih ketimbang pendahulunya itu. 

Baca juga: Mengenal Sejarah Lamborghini, Mobil Super yang Lahir dari Penghinaan

Tapi sayang seribu sayang, Suzuki Baleno generasi ketiga, kedua, dan pertama berhenti diproduksi pada 2010 hingga nyaris tujuh tahun lamanya. Ini disebabkan karena perubahan kebutuhan konsumen.

 

Generasi Keempat: New Baleno (2017-2019)

Setelah nyaris 7 tahun absen, Baleno akhirnya mulai unjuk gigi dengan kehadiran New Baleno alias generasi keempatnya. Mobil ini pertama kali dipamerkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show, tanggal 10 Agustus 2017. 

Mobil berlogo “S” ini hadir dengan slogannya yang baru yaitu 'The Complete Hatchback'. Adapun New Baleno hadir dengan tampilan luar yang disebut liquid flow dan desain yang lebih mewah. Mobil ini juga berubah bentuk dari sendan menjadi hatchback yang elegan dan sporty.

Baca juga: Ada Varian Apa Saja Ya? Yuk Bedah Perbedaan Varian Hyundai Creta

Pada generasi keempat ini, New Baleno mulai tampil menggunakan platform yang dinamakan HEARTECT yang ringan tapi kuat. Mesin mobil ini juga sudah diperbaharui menjadi K14B dengan kapasitas 1.373 cc.

Mesin mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 92,4 ps pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 130 Nm pada 4.200 rpm. Pada generasi ini juga, New Baleno memperkenalkan teknologi MID yang lebih informatif buat pengendara, Auto Climate Control sebagai penentu suhu di dalam kabin dan banyak lagi.

 

New Baleno Facelift (2019-2022)

Di akhir tahun 2019, Suzuki Indonesia kembali perkenalkan generasi terbaru dari New Baleno dengan beberapa fitur tambahan nan keren. New Baleno yang sekarang jadi mobil hatchback bertenaga sebesar 92,4 ps pada 6.000 rp dan torsinya 130 Nm pada 4.200 rpm. 

Baca juga: Jadwal Servis Mobil Sebaiknya Ikut Kilometer atau Hitungan Bulan?

Tidak hanya tenaganya yang dimodernisasi, New Baleno facelift ini juga mendapat ubahan pada bagian bumper depan. Alhasil mobil ini menjadi jadi lebih sporty.

Tidak sampai di sana, mobil ini juga dibekali grille yang lebih lebar dipadukan dengan tampilan pelek 16 inci. Mobil ini turut dibekali  desain fog lamp yang lebih bergaya serta LED Projector Headlamp.

Di dalamnya, New Baleno facelift menampilkan interior dengan sentuhan nuansa kabin berwarna abu-abu. Hal ini dilakukan untuk menghadirkan rasa yang lebih elegan dari pendahulunya.

Baca juga: Kena Tilang Manual, Begini Cara Mengurusnya

Mobil ini juga menyematkan tuas pengatur di bagian jok. Fungsinya agar pengemudi bisa menyesuaikan tinggi dan rendahnya posisi mengemudi. Fitur ini menjadi salah satu visi Baleno untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam mengemudi.

 

Generasi Kelima : New Baleno (2022 - sekarang)

Terakhir, di tahun 2022 lalu Suzuki meluncurkan New Suzuki Baleno dengan ubahan yang cukup signifikan. Tampilan eksteriornya lebih segar dan sporty dengan dimensi panjang 3.990 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 1.485 mm. Ia memiliki desain fascia depan dan belakang yang baru dengan tampilan layaknya tiger claw di bagian DRL dan lampu belakangnya. Tampilan ini tentu saja mendongkrak penampilan mobil ini secara signifikan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Pada dapur pacunya dilengkapi dengan mesin yang lebih bertenaga, yakni mesin yang sama dengan Suzuki Ertiga yaitu mesin berkode K15B 4 silinder 16 katup dengan kapasitas 1.462cc. Mesin tersebut berkekuatan 104,6 PS pada 6.000 rpm dan 138 Nm pada 4.400 rpm. Pilihan transmisinya, ada manua 5 percepatanl dan matik torque converter 4 percepatan.

Itu adalah sejarah dari Suzuki Baleno. Menarik, bukan? Selain mengenai artikel pembahasan mobil, kamu juga dapat temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya di mobbi! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan