×

blog/benarkah-salah-pilih-oli-mesin-bikin-boros-bbm-012023

Benarkah Salah Pilih Oli Mesin Bikin Boros BBM?

03 Jan 2023

Salah pilih oli mesin bikin boros BBM (Bahan Bakar Minyak) ternyata bukan mitos semata. Ya, oli mesin pada kendaraan tidak hanya berperan untuk melindungi komponen dari gesekan, tetapi juga dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar.

Itulah mengapa, dalam memilih oli mesin sangat disarankan untuk mengikuti rekomendasi yang ada dalam buku panduan pengguna guna menghindari berbagai dampak buruk seperti borosnya konsumsi bahan bakar.

Baca juga: Sejarah Airbag Sebagai Fitur Keselamatan Mobil

Lantas, mengapa salah pilih oli mesin bikin boros BBM?

 

Kinerja mesin jadi berat

Tugas utama oli mesin adalah untuk mengurangi koefisien gesekan pada komponen, seperti poros, bearing, dan juga beberapa elemen lainnya yang bergerak secara konstan dalam waktu tertentu.

Pelumas yang tidak sesuai seperti terlalu encer atau terlalu kental akan membuat kinerja mesin ketika berjalan menjadi lebih berat. Dampak langsung dari hal ini adalah pembakaran BBM yang lebih banyak dari semestinya.

Contohnya untuk Daihatsu Rocky, mobil compact SUV Daihatsu ini menggunakan oli yang mempunyai karakter cair atau encer. Daihatsu menyarankan untuk Daihatsu Rocky menggunakan oli mesin dengan spesifikasi SAE 0W-16.

Baca juga:  7 Manfaat Rutin Servis AC Mobil

Kalau lebih kental akan berpengaruh ke performa, karena semakin kental akan semakin berat kerjanya, itulah mengapa salah pilih oli mesin bikin boros BBM

Bahkan tidak hanya pada konsumsi bahan bakar, hal tersebut juga akan mempengaruhi performa dan akselerasi mobil.

 

Dampak lain apabila salah pilih oli

Selain membuat BBM jadi boros, menggunakan oli yang tidak sesuai juga bisa menyebabkan berbagai dampak buruk lainnya. Apa saja?

 

1. Mesin cepat panas

Penggunaan oli yang tidak sesuai rekomendasi pabrik bisa membuat suhu di area mesin menjadi cepat panas. Bahkan bila dibiarkan mobil bisa overheat. Sebagai contoh, jika kamu menggunakan oli yang cenderung encer, maka oli akan cepat menguap.

Baca juga: Mengenal Fungsi Cruise Control dan Cara Menggunakannya

Hal ini karena jenis mobil yang berkendara di wilayah yang panas seperti Jakarta lebih membutuhkan oli dengan kadar yang lebih kental dibanding negara dengan suhu yang lebih dingin seperti Eropa.

Aktivitas jalan yang cenderung padat dan sering macet juga menjadi faktor penyebab panasnya mesin mobil. Maka dari itu, dibutuhkan oli yang tepat untuk melumasi mesin guna meningkatkan performa dan membuat suhu di dalam mesin menjadi tetap dingin.

 

2. Engine knocking

Dampak buruk selanjutnya adalah timbulnya suara kasar beserta getar dari mesin, atau yang juga dikenal sebagai engine knocking. Sebagai contoh, mobil kamu sebenarnya membutuhkan oli dengan jenis fully synthetic, tapi justru kamu menggunakan oli mineral.

Baca juga: Mesin Mobil Ngelitik? Kenali 12 Penyebab dan Solusinya

Alhasil, beban kerja mesin jadi semakin berat serta gesekan yang terjadi di crankshaft dan dinding piston juga lebih besar, sehingga percepatan gerak piston jadi lebih lambat dan mengacaukan timing pembakaran yang tepat.

Kondisi tersebut akan membuat timbulnya gejala knocking akibat oli yang menghambat proses gerak komponen mesin. Jika dibiarkan, bisa berujung overheat dan merusak komponen mesin lainnya.

 

3. Engine stress

Salah pakai oli juga bisa menyebabkan engine stress. Pergerakan komponen mesin menjadi tidak teratur dan lama kelamaan akan menjalar ke berbagai komponen, seperti piston menjadi bengkok hingga bocornya blok mesin.

Baca juga: Kamus Istilah Jual Beli Mobil Biar Gampang Negosiasi

Jika tidak ingin mobil kamu mengalami hal-hal buruk tersebut, pastikan memilih oli yang tepat, ya. Gunakan oli rekomendasi pabrik yang tertera dalam buku panduan. Yuk berikan yang terbaik untuk mobil kesayangan!

Jadi, salah pilih oli mesin bikin boros BBM bukan sekedar mitos. Bahkan, dampak buruknya bisa lebih parah jika dibiarkan. 

Maka dari itu, pastikan kamu nggak salah pilih oli, ya. Gunakan oli yang sesuai rekomendasi pabrikan, kamu dapat melihatnya di buku panduan.

Baca juga: Mesin Bensin Salah Isi BBM Pakai Diesel, Apa Akibatnya?

Untuk informasi dan tips-tips menarik lainnya, kunjungi mobbi, ya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan