×

blog/banyak-yang-belum-tahu-ini-bedanya-supercar-hypercar-dan-megacar-062023

Banyak yang Belum Tahu, Ini Bedanya Supercar, Hypercar, dan Megacar

14 Jun 2023

Supercar, Hypercar, dan Megacar merupakan salah satu istilah yang sering digunakan dalam dunia otomotif. Kata-kata tersebut merujuk untuk menggambarkan mobil-mobil dengan performa tinggi dan kelas teratas.

Meskipun tidak ada definisi yang sepenuhnya disepakati untuk membedakan ketiga jenis mobil tersebut. Meski demikian, ketiga mobil tersebut ternyata berbeda dan dapat dibedakan.

Untuk mengetahui perbedaannya, yuk simak artikel berikut hingga tuntas.

 

Supercar

Supercar adalah mobil sport performa tinggi yang umumnya memiliki performa luar biasa dan mewakili puncak teknologi otomotif pada saat produksinya. Supercar seringkali memiliki mesin bertenaga, desain aerodinamis, teknologi canggih, dan fasilitas mewah.

Baca juga: Usianya Sudah Lebih dari 1 Abad, Begini Sejarah Panjang Mobil Bugatti

Mobil Supercar terkenal memiliki kecepatan, handling, dan performa secara keseluruhan. Beberapa contoh Supercar terkenal termasuk Ferrari 812 Superfast, Lamborghini Aventador, Dodge Viper, Porsche 911 Turbo, dan Audi R8.

Dari contoh mobil-mobil diatas, rata-rata horsepower Supercar berkisar antara 500-800 HP, dengan top speed melebihi 300 km/jam. Torsi yang dihasilkan juga cukup besar, mencapai angka di atas 700 Nm.

 

Hypercar

Di sisi lain, Hypercar adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kelas elit kendaraan performa tinggi yang melampaui performa dan kemampuan teknologi Supercar tradisional. 

Baca juga: Mengenal Lamborghini Revuelto, Sang Penerus Trah V12 Lamborghini Aventador

Hypercar umumnya menggunakan teknik rekayasa terkini dan bahan-bahan canggih seperti serat karbon secara menyeluruh atau titanium.

Jenis mobil ini dikenal karena memiliki tenaga luar biasa, akselerasi, kecepatan maksimum, dan desain aerodinamis. 

Hypercar seringkali mendorong batas teknologi otomotif dan diproduksi dalam jumlah terbatas. Beberapa Hypercar terkenal termasuk Pagani Huayra BC, McLaren P1, dan Koenigsegg Agera R.

Baca juga: Pengukuran Tekanan Ban Mobil Harus Dilakukan dengan Tepat, Begini Caranya

Rata-rata horse power Hypercar bisa mencapai angka di atas 700 hingga 1.500 HP, dengan top speed yang melebihi 400 km/jam. Torsi yang dihasilkan juga sangat besar, mencapai angka di atas 1.000 Nm. Tidak ada standar baku, angka diatas adalah rata-rata dari mobil Hypercar yang ada.

 

Megacar

Sementara itu, istilah "Megacar" jarang digunakan dan tidak memiliki definisi yang disepakati secara luas. Namun, terkadang istilah ini digunakan untuk menggambarkan kelompok hypercar dengan teknologi lebih ekstrem.

Megacar biasanya memiliki angka performa yang tidak tertandingi, menggunakan teknologi yang sangat canggih, dan menunjukkan keunggulan rekayasa teknologi yang luar biasa.

Baca juga: Lexus GX Generasi Ketiga Meluncur, Apa Saja Ubahannya?

Salah satu contohnya adalah Koenigsegg Gemera, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 1.700 HP dan memiliki akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 1,9 detik. Beberapa contoh lain ada Bugatti La Voiture Noire, Rimac Concept S, Nio EP9, Koenigsegg One:1.

Megacar seperti ini biasanya diproduksi dalam jumlah terbatas, misalnya sebanyak 300 unit di seluruh dunia. Istilah "Megacar" juga dapat digunakan sebagai strategi pemasaran untuk menekankan kualitas luar biasa yang dimiliki oleh beberapa mobil performa tinggi tertentu.

Supercar, Hypercar, dan Megacar adalah istilah yang sering kita dengar dalam dunia otomotif. Namun, tidak banyak orang yang benar-benar memahami perbedaan antara ketiga jenis mobil ini.

Baca juga: Daftar Terbaru Tarif Parkir Mobil di Bandara Soekarno-Hatta

Banyak yang menganggap bahwa semua mobil sport dengan performa tinggi dapat digolongkan ke dalam satu kategori yang sama. Padahal, sebenarnya ada perbedaan yang signifikan di antara ketiga jenis mobil ini.

Perlu diingat bahwa klasifikasi ini bersifat subjektif, dan batas antara kategori-kategori tersebut dapat berubah seiring perkembangan teknologi otomotif dan munculnya model-model baru.

Perbedaan antara Supercar, Hypercar, dan Megacar tidaklah baku, dan produsen sering menggunakan istilah-istilah ini untuk branding dan pemasaran.

Baca juga: Cara Mengurus STNK Mobil Bekas yang Hilang

Pada akhirnya, klasifikasi mobil spesifik ke dalam salah satu kategori ini dapat bervariasi tergantung pada perspektif individu dan tren industri.

Kunjungi mobbi dan temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di  Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan