×

blog/bakal-ada-hybrid-kenalan-dulu-yuk-sama-sejarah-toyota-innova-102022

Bakal Ada Hybrid, Kenalan Dulu Yuk Sama Sejarah Toyota Innova!

04 Okt 2022

Sejarah Toyota Innova tidak lepas dari nama Kijang yang ada di depannya. Ya, sebelum berevolusi menjadi Toyota Innova, mobil legendaris ini memiliki nama Toyota Kijang dan pertama kali diluncurkan pada 1977 dalam konsep Basic Utility Vehicle (BUV).

Setelah hadir dengan beberapa generasi, lahirlah Toyota Innova yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2004. Lebih lanjut, yuk simak sejarahnya!

 

Toyota Innova Gen 1 2004-2008

Sejarah Toyota Innova dimulai pada tahun 2004 dan hadir jauh lebih mewah dan modern dari versi Toyota Kijang berkat berbagai aksesori tambahan.

Baca juga: Cara Over Kredit Mobil yang Masih Nyicil

Bicara soal performa, generasi pertama ini hadir dengan pilihan mesin bensin 1TR-FE VVT-i 2.000 cc dan 2TR-FE VVT-i 2.700 cc khusus varian V.

Hadir pula versi diesel D4D atau Direct Four Stroke Turbo Common Rail Injection 2.500 cc hanya tersedia pada varian E, G, dan V. Nah, kalau pilihan transmisinya, untuk transmisi otomatis hanya dimiliki tipe G dan V.

Beralih ke interior, untuk tipe E sudah menggunakan lapisan jok fabric dan dilengkapi dengan empat speaker

Baca juga: Fungsi Filter Oli Mobil dan Dampaknya Kalau Telat Ganti

Sedangkan untuk tipe G dilengkapi empat speaker dan dua tweeter serta ada high adjuster untuk pengaturan jok. Khusus tipe G Luxury, ada pilihan layar monitor berukuran 8 inci di plafon.

Nggak kalah mewah, tipe V yang merupakan varian teratasnya sudah dihidai aksen wood panel dan balutan kulit sintetis pada interiornya. 

Ada pula AC digital, Multi Information Display (MID) yang menyajikan informasi seputar kendaraan dalam satu layar serta, captain seat di baris kedua yang menambah rasa nyaman serta ABS dan airbag untuk fitur keselamatannya.

Baca juga: Tips Merawat Mobil Putih Agar Selalu Bersih dan Kinclong

Pada tahun 2005, varian Kijang Innova 2.7 diluncurkan. Namun karena dianggap lebih boros konsumsi bahan bakarnya, tipe ini hanya bertahan 2 tahun saja.

 

2008-2013

Sejarah Toyota Innova masih berlanjut, nih. Pada tahun 2009, Toyota memberi beberapa penyegaran pada Kijang Innova sebagai update dari generasi sebelumnya. 

Salah satunya adalah desain grill-nya yang diberi sentuhan krom dengan model empat garis horizontal. Ubahan juga diberikan pada desain lampu utama dan belakang serta lekukan bumper yang lebih modern.

Baca juga: Daftar Bengkel Uji Emisi Jaringan Astra di Jakarta, Catat Ya!

Pada generasi ini, Toyota menghadirkan tipe terendah yakni tipe J  dengan harga yang lebih terjangkau dan hanya dilengkapi dengan AC single di depan, power steering, power window, velg 14 inci serta tidak dilengkapi sistem entertainment seperti perangkat audio.

Kemudian pada tahun 2011, Toyota Kijang Innova mendapat ubahan berupa facelift dengan tampilan yang lebih segar pada eksteriornya berkat penggunaan lima garis horizontal yang dilapisi krom.

Model lampu depannya juga diganti dengan ujung yang mirip dengan sayap dan berpadu dengan fog lamp.

Baca juga: Mesin Mobil Ngelitik? Kenali 12 Penyebab dan Solusinya

Pada penyegaran kedua ini, Toyota Kijang Innova tipe J sudah lebih lengkap dibanding versi sebelumya, yakni dilengkapi head unit double DIN, plus empat speaker, AC double blower, velg kaleng 14 inci, wiper belakang, dan wiper intermittent.

 

2013-2016

Di rentan tahun ini, semua varian Toyota Kijang Innova sudah dilengkapi dual SRS airbag, sabuk pengaman dengan pre-tensioner dan force limiter.

Sedangkan untuk tampilannya, mobil ini punya desain yang lebih lebar lengkap dengan body kit underground, serta cover fog lamp baru yang membuatnya tampil lebih berkelas.

Baca juga: Mesin Bensin Salah Isi BBM Pakai Diesel, Apa Akibatnya?

Model ini merupakan versi terakhir sebelum akhirnya Toyota mengeluarkan versi all new pada tahun 2016.

 

Toyota Innova Reborn

Sejarah Toyota Innova masih berlanjut dengan hadirnya Toyota Innova reborn yang berstatus all new alias mendapat ubahan secara menyeluruh. Tak ada lagi tampilan bulat pada bagian depannya.

Pada generasi ini, seluruh strukturnya lebih padat dengan garis-garis semi kotak yang mendominasi tampilan eksteriornya, baik dari tampang depan, samping hingga belakang.

Baca juga: Mengenal Fungsi Cruise Control dan Cara Menggunakannya

Varian ini menawarkan dua pilihan mesin, yakni bensin 1TR-FE berkapasitas 2.000 cc dan diesel 2GD-FTV berkapasitas 2.400 cc lengkap dengan VNT Intercooler.

Di generasi ini juga muncul varian baru yakni Toyota Venturer yang merupakan tipe tertinggi dengan kesan yang lebih mewah, gagah, serta fiturnya yang lebih lengkap.

 

Toyota All New Kijang Innova facelift 2020

Toyota All New Kijang Innova versi penyegaran atau facelift diluncurkan pada tahun 2020 lalu. Pada versi ini, hadir daftar varian yang lebih lengkap. 

Baca juga: Tarif Tol Naik Dalam Waktu Dekat, ini Daftar Ruasnya

Sebut saja varian Luxury Grade (G Luxury Gasoline dan V Luxury Gasoline) yang dilengkapi captain seat di kabin tengah yang memberikan kenyamanan lebih baik dan juga menguatkan prestigious feeling bagi penggunanya.

Perjalanannya yang panjang, Toyota Innova juga memiliki varian edisi terbatas yang pasti jarang kamu lihat di jalan. Salah satunya adalah Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia sebanyak 2.633 unit.

Lalu ada juga Toyota Kijang Innova Limited Edition 50th Toyota Anniversary yang diluncurkan pada tahun 2021 sebanyak 50 unit. Dengan jumlahnya yang terbatas, tentu mobil ini akan jadi collector item di masa yang akan datang.

 

Toyota Innova Hybrid

Baru-baru ini muncul kabar kalau Toyota Innova Hybrid akan segera meluncur. Namun sayangnya, PT Toyota Astra Motor (TAM) belum memberikan informasi pasti terkait hal tersebut.

Baca juga: Sudah Soak, Bolehkah Aki Kering Dicas?

Yang jelas, Toyota memang akan memproduksi mobil hybrid secara massal dan diluncurkan di akhir tahun ini. Jadi, ditunggu saja, ya!

Nah, kalau kamu sendiri lebih suka Toyota Innova yang mana, nih? Apapun pilihan kamu, jangan lupa belinya di mobbi aja, ya! Pilihannya banyak, unitnya berkualitas!

Semua unit di mobbi dijamin tidak pernah mengalami tabrakan yang mengubah struktur rangka dan terendam banjir. Dokumen dan odometer pun dijamin keasliannya.

Baca juga: mo88i Berubah Nama menjadi mobbi, Yuk Kenalan Lagi!

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil bekas di mobbi sekarang! mobbi juga bisa diakses melalui smartphone dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan