×

blog/awas-keliru-ini-perbedaan-toyota-corolla-cross-versi-bensin-dan-hybrid-052023

Awas Keliru, ini Perbedaan Toyota Corolla Cross Versi Bensin dan Hybrid

26 Mei 2023

Toyota Corolla Cross di Indonesia secara general punya varian Hybrid dan Gasoline. Kedua model ini serupa namun tak sama. Terdapat beberapa perbedaan yang mendasarinya mulai dari interior, eksterior, hingga pastinya urusan mesin. 

Penasaran apa saja detail perbedaannya? Yuk kulik spesifikasi Toyota Corolla Cross Gasoline dan Hybrid di bawah ini.

 

Spesifikasi Toyota Corolla Cross Gasoline

 

1. Eksterior 

Bicara soal eksterior, Toyota Corolla Cross hadir dengan dimensi yang mengesankan, dengan panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm. Jarak sumbu roda atau wheelbase mobil ini mencapai 2.640 mm. 

Baca juga: Fungsi, Jenis, dan Tips Memilih Karpet Mobil

Desain eksterior mobil ini menampilkan kesan modern dan garang, terlihat dari lekuk tegas pada kap mesin dan pintu bagian belakang.

Salah satu fitur menonjol dari segi eksterior adalah desain grille yang tegas dengan ukuran yang besar dan berbentuk trapesium. Tampilan ini memberikan kesan tangguh dan mewah pada mobil ini. 

Corolla Cross juga dilengkapi dengan velg alloy berukuran 18 inci, yang tidak hanya memberikan sentuhan estetika yang menarik, tetapi juga dirancang secara aerodinamis untuk meningkatkan efisiensi dan performa mobil.

Baca juga: 6 Tanda Mobil Kamu Butuh Spooring Balancing

Bagian depan Corolla Cross dilengkapi dengan Headlamp menggunakan teknologi LED yang dirancang dengan bentuk sipit dan tajam. Headlamp ini memberikan pencahayaan yang terang saat berkendara di malam hari tanpa memakan banyak daya. 

Selain itu, terdapat juga Beaming LED Fog Lamp dengan ukuran kecil yang memberikan keamanan ekstra saat berkendara dalam kondisi hujan lebat atau berkabut. Stop Lamp pada bagian belakang dirancang dengan desain ramping yang memberikan kesan elegan.

Di bagian atas, terdapat fitur Power Moonroof yang dapat dibuka dan ditutup secara otomatis. Fitur ini tidak hanya memberikan akses cahaya tambahan, tetapi juga menambah kesan mewah pada mobil. 

Baca juga: Mengenal Power Steering dan Cara Kerjanya

Selain itu, terdapat roof rail di atap mobil yang memungkinkan kamu untuk membawa barang bawaan tambahan yang tidak muat di bagasi, seperti sepeda. 

Dengan adanya roof rail, kamu dapat dengan mudah membawa barang-barang ekstra saat bepergian tanpa mengorbankan ruang di dalam mobil.

 

2. Interior

Tidak hanya tampil stylish dari segi eksteriornya, Toyota Corolla Cross juga menawarkan interior yang tak kalah menarik. Dengan fitur-fitur canggih yang mudah digunakan, mobil ini berhasil memikat perhatian.

Baca juga: Diprediksi Meluncur Juni 2023, ini Bocoran Toyota Alphard dan Vellfire Generasi Baru

Desain interior Corolla Cross memiliki nuansa classy dengan kombinasi warna hitam yang elegan dan aksen silver pada detailnya. Kursi-kursi mobil dapat diatur secara fleksibel sesuai dengan preferensi.

Ruang kemudi Corolla Cross dirancang dengan setir mobil yang nyaman digenggam. Kamu dapat dengan mudah mengatur ketinggian setir secara tilt (atas-bawah) dan telescopic (maju-mundur), sehingga dapat menyesuaikan posisi yang paling nyaman bagi kamu. 

Selain itu, tombol pengaturan audio dan voice command juga ditempatkan dengan ergonomis pada setir, memungkinkan untuk tetap fokus dan konsentrasi saat berkendara. Dengan begitu, kamu dapat mengontrol sistem audio atau memberikan perintah suara tanpa harus mengalihkan pandangan dari jalan. 

Baca juga: Garasi Mobil Erick Thohir Nambah Genesis G80 dan Ioniq 5, ini Spesifikasinya

Corolla Cross juga dilengkapi dengan Multi-Purpose Head Unit, sebuah teknologi layar sentuh berukuran 9 inci yang menawarkan berbagai fitur yang praktis.  Kamu dapat menikmati hiburan dengan fitur AM/FM Stereo, terhubung secara nirkabel melalui Bluetooth, serta memanfaatkan fitur Miracast dan NFC untuk konektivitas yang lebih luas. 

Selain itu, Voice Command juga tersedia untuk memberikan kemudahan dalam mengoperasikan sistem tersebut tanpa harus menyentuh layar. Di bawah layar sentuh, terdapat panel pengaturan AC Dual Zone yang terpusat, memungkinkan kamu untuk dengan mudah mengatur suhu dan sirkulasi udara di seluruh kabin mobil. 

Dengan fitur ini, penumpang di baris depan dan belakang dapat menyesuaikan preferensi suhu mereka masing-masing, menciptakan kenyamanan yang optimal untuk semua penumpang.

Baca juga: Cuaca Panas Ekstrem Masih Berlanjut, Lakukan Ini Agar AC Mobil Tetap Dingin

Selain itu, Corolla Cross juga menyediakan Illuminating Console di area dashboard, memberikan tempat yang nyaman untuk meletakkan barang-barang yang penting. 

Kamu dapat dengan mudah mengakses dan menyimpan barang-barang kecil seperti kunci, ponsel, atau dompet di area ini, sehingga tetap tersusun rapi dan mudah dijangkau saat sedang berkendara.

 

3. Mesin

Toyota Corolla Cross Gasoline punya mesin 2ZR-FE yang memiliki mesin 4 silinder sejajar dan menggunakan teknologi DOHC dengan 16 katup. Mesin ini memiliki kapasitas sebesar 1.798 cc, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 140 PS pada putaran 6.400 RPM, dengan torsi maksimal mencapai 171,6 Nm pada 4.000 RPM.

Baca juga: Lamborghini Urus S Resmi Hadir di Indonesia, Supercar Bertampang SUV

Mobil ini menggunakan transmisi CVT-i (7 percepatan) dengan fitur Sequential Shift dan Shift Lock. Mobil ini juga menggunakan tipe penggerak Front Wheel Drive (FWD), yang memberikan stabilitas dan kontrol yang baik saat melaju di jalan raya. 

Sistem penggerak ini memastikan tenaga mesin yang optimal terdistribusi ke roda depan, sehingga memberikan traksi yang baik dan penanganan yang responsif dalam berbagai kondisi perjalanan.

Bicara konsumsi bahan bakar, Toyota Corolla Cross mencatatkan angka 11,1 km/liter dan untuk luar kotanya di angka 17,7 km/liter. Cukup irit, bukan?

 

4. Fitur keamanan

Corolla Cross menawarkan fitur keamanan dan keselamatan yang handal. Setiap kursi penumpang dilengkapi dengan 3-Points Seat Belt with Pretensioner and Force Limiter, yang membantu mengurangi risiko cedera saat terjadi tabrakan. 

Baca juga: Spesifikasi Mercedes Maybach, Mobil Johnny G Plate Seharga Hampir 7 Miliar

Tidak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan Dual Front SRS Airbags, Side SRS Airbags, Curtain Shield SRS Airbags, hingga Driver’s Knee SRS Airbag, sehingga bagik penumpang maupun pengemudi dapat terhindar dari cedera serius apabila alami kecelakaan. 

Mobil Corolla Cross dilengkapi dengan fitur Emergency Brake Signal (EBS) yang secara otomatis memberikan sinyal saat pengereman mendadak, membantu menjaga jarak dengan kendaraan di depan dan mencegah tabrakan.

Untuk keamanan saat berkendara di tanjakan, mobil ini dilengkapi dengan fitur Hill-Start Assist (HSA), yang memastikan kendaraan tetap berada pada posisi diam saat memulai berkendara di tanjakan. 

Baca juga: 8 Tips Mengemudi Aman di Tengah Cuaca Ekstrem Jakarta

Fitur lainnya, seperti Vehicle Stability Control (VSC), menjaga stabilitas kendaraan saat melintasi kondisi jalan licin atau saat menikung.

 

Spesifikasi Toyota Corolla Cross Hybrid

Selain versi Gasoline tentunya ada juga versi hybrid yang menawarkan keiritan bahan bakar yang sangat superior, varian ini lebih menarik buat kamu? Cek dulu spesifikasi lengkapnya di sini yuk!

 

1. Eksterior 

Toyota Corolla Cross Hybrid memiliki tampilan eksterior yang identik dengan versi bensin. Dimensinya juga sama, dengan panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.620 mm, dan jarak sumbu roda 2.640 mm.

Bodi mobil ini memiliki lekukan yang tegas dan gagah, serta grille berbentuk trapesium yang menarik. Velg alloy berukuran 18 inci dengan desain aerodinamis menambah kesan stylish pada versi Hybrid.

Baca juga: Review dan Harga Suzuki Ignis Bekas Per April 2023

Lampu utama dibuat menyipit tajam dengan pencahayaan yang terang. Untuk tipe Hybrid, terdapat aksen biru pada Headlamp. Stop Lamp dan Fog Lamp juga didesain elegan dengan ukuran kecil dan ramping, memberikan manfaat yang besar dalam perjalanan.

Fitur Power Moonroof pada atap mobil memberikan akses cahaya tambahan dan kesan mewah. Di bagian belakang, terdapat fitur Automatic Power Back Door with Activated Kick Sensor, yang memudahkan akses ke bagasi dengan pintu bagasi yang dapat terbuka secara elektrik dan ditutup dengan sensor menggunakan tendangan kaki.

 

2. Interior

Interior Toyota Corolla Cross Hybrid menawarkan desain yang classy dan fitur-fitur yang canggih. Kombinasi warna hitam dengan aksen silver menciptakan kesan mewah, sementara setir kemudi dapat disesuaikan secara otomatis untuk kenyamanan.

Baca juga: Rolls-Royce Boat Tail jadi Mobil Termahal di Dunia 2023, Ini Alasannya!

Tak hanya mewah, kenyamanan juga menjadi prioritas Toyota Corolla Cross Hybrid, hal tersebut dibuktikan dari hadirnya ruang kabin luas dan lega serta dilengkapi dengan kursi berbalut material kulit berkualitas tinggi untuk kenyamanan maksimal. 

Kamu dapat mengatur posisi kursi pengemudi hingga 6 posisi melalui fitur Electric Power Seat. Ada pula multi-Purpose Head Unit dengan layar sentuh 9 inci yang dilengkapi dengan fitur-fitur modern seperti AM/FM Stereo, Bluetooth, Miracast, NFC, hingga Voice Command.

Mobil ini juga memiliki pengaturan AC yang terpusat dan Illuminating Console, sehingga akan memudahkan penumpang, terutama bagi penumpang di bagian depan.

Baca juga: Daftar Harga Aki Mobil dan Tips Merawatnya

Tipe Hybrid dilengkapi dengan beberapa mode berkendara, seperti Eco, Sport, dan EV yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu saat berkendara. Selain itu, terdapat pula layar MID dan Combi Meter yang memberikan informasi detail tentang performa kendaraan.

 

3. Mesin

Toyota Corolla Cross Hybrid menggunakan mesin 2ZR-FXE dengan 4 silinder in-line dan teknologi DOHC VVT-i 16 katup berkapasitas 1.798 cc. Tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 96 PS per 5.200 RPM dengan torsi maksimal 142 Kgm per 3.500 RPM.

Varian Hybrid menggabungkan bahan bakar bensin dengan tenaga motor listrik dari baterai. Motor listrik dari Toyota Corolla Cross ini menghasilkan tenaga sebesar 71 PS dan torsi maksimal 162.7 Kgm yang dimana ketika menggunakan mode sport, gabungan tenaga mesin bensin dan listrik digabung sehingga menghasilkan akselerasi dan tenaga yang lebih menjambak ketimbang varian Gasoline.

Baca juga: 5 Merek Mobil yang Kerap jadi Koleksi Crazy Rich Surabaya

Keuntungan Hybrid adalah efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan akselerasi yang lebih cepat. Konsumsi bahan bakar rata-rata Toyota Corolla Cross Hybrid adalah 23.3 km/liter dengan emisi karbondioksida sebesar 98 gr/liter. 

Transmisi menggunakan CVT-i dengan 7 percepatan, dilengkapi fitur Sequential Shift and Shift Lock, dan tipe Front Wheel Drive (FWD).

 

4. Fitur keamanan

Fitur keamanan Toyota Corolla Cross Hybrid menjadi prioritas utama selain kenyamanannya. Dilengkapi dengan 3-Points Seat Belt dan fitur Pretensioner and Force Limiter di setiap kursi untuk mengurangi risiko cedera saat terjadi kecelakaan.

Baca juga: Mobil ini Jadi Favoritnya Vin Diesel di Fast and Furious 10

Selain itu, terdapat fitur Emergency Brake Signal (EBS) untuk mencegah tabrakan, fitur Vehicle Stability Control (VSC) untuk menjaga stabilitas kendaraan di jalan licin atau saat berbelok, serta fitur Hill-Start Assist (HSA) untuk kestabilan saat jalan menanjak.

Dengan segudang keunggulan yang dimiliki Toyota Corolla Cross bensin dan hybrid, keduanya sama-sama layak untuk dipertimbangkan. Namun, sebagai informasi, saat ini Toyota Corolla Cross versi bensin sudah tidak lagi tersedia di website resmi Toyota.

Di awal tahun 2023 lalu, Toyota Corolla Cross mendapat pembaruan berupa hadirnya versi GR Sport, di mana saat ini kamu hanya bisa menemukan Toyota Corolla Cross Hybrid versi GR Sport dan non GR Sport. Tidak ada versi Gasoline untuk varian GR Sport.

Baca juga: Daihatsu dan Toyota Indonesia Pastikan Produknya Tidak Terlibat Manipulasi Uji Tabrak

Tapi tenang, buat kamu yang tertarik dengan Toyota Corolla Cross varian Gasoline, kamu bisa menemukannya di mobbi. Harganya mulai dari Rp 300 jutaan aja! 

Jadi, yuk segera kunjungi mobbi dan temukan mobil idamanmu! Kamu juga bisa mengakses mobbi melalui aplikasi dengan mengunduhnya di  Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan