×

blog/asal-usul-tulisan-ambulance-dibuat-terbalik-072023

Asal Usul Tulisan Ambulance Dibuat Terbalik

25 Jul 2023

Ambulance atau ambulans, kendaraan darurat yang selalu siap sedia membantu orang yang membutuhkan pertolongan medis, telah menjadi simbol keselamatan dan harapan bagi banyak orang di seluruh dunia. 

Salah satu hal yang menarik perhatian banyak orang tentang ambulance adalah tulisan "ambulance" yang terbalik di bagian depan kendaraan tersebut. 

Lantas, bagaimana sebenarnya asal usul dari tulisan ambulance yang unik ini dan apa tujuannya? Yuk simak ulasannya berikut ini!

 

Tujuan tulisan ambulance dibuat terbalik

Asal usul mengapa tulisan "ambulance" di bagian depan mobil cukup sederhana, yaitu bertujuan agar tulisan tersebut dapat dibaca dengan benar dari kaca spion kendaraan lain di depannya. 

Baca juga: Mengenal Fitur Hill Start Assist, Mobil Jadi Anti Mundur di Tanjakan

Saat ambulance bergerak dengan kecepatan tinggi dalam situasi darurat, seringkali pengemudi kendaraan lain di depannya tidak dapat melihat dengan jelas tulisan yang ada di mobil ambulance.

Dengan tulisan terbalik, maka saat dilihat melalui kaca spion, tulisan "ambulance" akan terbaca dengan benar dan memberi peringatan kepada pengemudi di depannya untuk memberi jalan. 

Selain itu, gaya penulisan terbalik ini juga berguna saat sirine ambulance mati, hal ini membantu pengemudi di depannya tetap memahami dan merespons kehadiran kendaraan darurat tersebut dengan cepat.

 

Khusus bagian depan yang ditulis terbalik

Penting untuk dicatat bahwa hanya bagian depan dari tulisan "ambulance" yang ditulis terbalik. Hal ini karena bagian depan adalah sisi kendaraan yang paling sering dilihat oleh pengemudi kendaraan lain.

Baca juga: Harga Mirip, ini Komparasi Toyota Raize 1.2 Vs Kia Sonet 1.5

Terutama saat ambulance berusaha untuk mendapatkan akses cepat dalam situasi darurat. Bagian lain dari ambulance tetap menggunakan gaya penulisan yang normal.

 

Kendaraan darurat lain yang menggunakan gaya penulisan terbalik

Tidak hanya ambulance yang menggunakan tulisan terbalik untuk memberi peringatan dan informasi. Kendaraan darurat lainnya, seperti mobil pemadam kebakaran dan mobil SAR (Search and Rescue), juga mengadopsi gaya penulisan serupa. 

Penggunaan gaya penulisan terbalik ini memastikan bahwa ketika kendaraan darurat tersebut tiba di lokasi kejadian, informasi pada kendaraan dapat dengan jelas terlihat oleh orang di sekitarnya.



Ambulance termasuk kendaraan prioritas

Ambulance sendiri merupakan salah satu kendaraan yang memperoleh hak utama untuk didahulukan. Hak utama tersebut harus dikawal oleh petugas kepolisian dan atau menggunakan isyarat lampu merah atau biru dan bunyi sirine. 

Berdasarkan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 34, berikut adalah urutan hak prioritas kendaraan yang harus diikuti oleh seluruh pengemudi di jalan raya:

1. Damkar yang sedang bertugas
2. Ambulance yang mengangkut orang sakit
3. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas
4. Kendaraan pimpinan lembaga negara Republik Indonesia
5. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara
6. Iring-iringan pengantar jenazah
7. Konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan kepolisian.   

Dalam perkembangannya, tulisan "ambulance" yang terbalik telah menjadi standar untuk kendaraan darurat. Hal ini disepakati untuk memastikan keseragaman dan pengenalan yang mudah di seluruh dunia. 

Baca juga: Mau Beli Toyota Soluna Bekas? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Setiap negara mungkin memiliki peraturan yang berbeda-beda, namun inti dari penggunaan tulisan terbalik adalah memberikan peringatan dan informasi dengan jelas dan efektif kepada masyarakat di sekitarnya.

Jadi, jika kamu bertemu dengan ambulance atau kendaraan prioritas lainnya saat berada di jalan, segera memberi jalan, ya!

Mau tau informasi dan tips-tips otomotif menarik lainnya? Atau sedang mencari mobil idaman? Yuk kunjungi mobbi! Kamu juga bisa mengakses mobbi melalui aplikasi dengan mengunduhnya di  Play Store atau App Store

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan