×

blog/apa-perbedaan-toyota-chr-hybrid-dengan-non-hybrid-042023

Apa Perbedaan Toyota CHR Hybrid dengan Non Hybrid?

13 Apr 2023

Toyota CHR (C-HR) adalah SUV crossover yang dihadirkan oleh Toyota dengan desain yang unik dan modern. Kendaraan ini hadir dalam dua varian, yaitu hybrid dan non-hybrid

Meskipun keduanya memiliki kemiripan dalam hal desain dan fitur, namun terdapat beberapa perbedaan signifikan antara Toyota CHR hybrid dan non-hybrid. Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan antara keduanya.

 

1. Mesin

Perbedaan utama antara Toyota CHR hybrid dan non-hybrid terletak pada mesin yang digunakan.

Baca juga: ETLE Mobile dan ETLE Statis Resmi Dirilis, Apa Perbedaannya?

Toyota CHR hybrid dilengkapi dengan mesin bensin 1.8 liter empat silinder yang dikombinasikan dengan motor listrik, sementara Toyota CHR non-hybrid dilengkapi dengan mesin bensin 2.0 liter empat silinder yang tidak dilengkapi dengan motor listrik.

Mesin mobil ini memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi karena motor listrik membantu menggerakkan kendaraan pada kecepatan rendah dan memberikan torsi tambahan saat akselerasi. 

Motor listrik juga membantu mengisi ulang baterai saat kendaraan sedang berjalan, yang disebut sebagai regenerasi energi. Dengan demikian, pengguna hybrid dapat menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi karbon dioksida yang dihasilkan oleh kendaraan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Jual Mobil Modifikasi Bisa Lebih Untung?

Sementara itu, mesin pada Toyota CHR non-hybrid memiliki performa yang lebih baik di jalan tol karena memiliki mesin yang lebih besar dan menghasilkan tenaga yang lebih tinggi. 

Mesin bensin 2.0 liter pada Toyota CHR non-hybrid memberikan tenaga sebesar 141 tenaga kuda dan torsi sebesar 178 Nm, sedangkan mesin bensin 1.8 liter pada mesin hybrid memberikan tenaga sebesar 136 tenaga kuda dan torsi sebesar 207 Nm.

 

2. Konsumsi Bahan Bakar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Toyota CHR dengan mesin hybrid lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan Toyota CHR non-hybrid

Baca juga: Cek Pajak Mobil, Di mana Saja Dan Kapan Saja!

Menurut data yang dirilis oleh Toyota, mesin hybrid memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih baik daripada Toyota CHR non-hybrid

Konsumsi bahan bakar mobil yang menggunakan mesin hybrid ini mencapai 20,8 km/liter, sedangkan Toyota CHR non-hybrid hanya mencapai 13 km/liter.

 

3. Fitur

Toyota CHR hybrid dan non-hybrid memiliki fitur yang hampir sama. Keduanya dilengkapi dengan fitur keamanan seperti airbag, rem ABS, dan kamera mundur. 

Baca juga: Perbedaan Istilah Spooring dan balancing dalam Perawatan Mobil

Selain itu, keduanya juga dilengkapi dengan fitur hiburan seperti layar sentuh, koneksi Bluetooth, dan sistem audio. Namun, Toyota CHR hybrid dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan seperti mode pengemudi elektronik dan sistem pengisian daya regeneratif.

 

4. Harga

Harga Toyota CHR hybrid lebih mahal dibandingkan dengan Toyota CHR non-hybrid. Ini disebabkan karena teknologi hybrid lebih canggih dan kompleks, sehingga memerlukan biaya produksi yang lebih tinggi. 

Harga CHR dengan hybrid berkisar antara Rp 520 jutaan, sementara Toyota CHR non-hybrid memiliki harga sekitar Rp 490 jutaan.

 

Pilih mana?

Dalam memilih antara Toyota CHR hybrid dan non-hybrid, pengguna perlu mempertimbangkan kebutuhan penggunaan dan preferensi masing-masing. 

Baca juga: Ini Syarat Perpanjang SIM, Bisa Online dan Offline Loh!

Jika pengguna membutuhkan kendaraan yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan, maka Toyota CHR hybrid adalah pilihan yang tepat. 

Namun, jika pengguna lebih mementingkan harga yang lebih terjangkau dan tidak terlalu mempermasalahkan konsumsi bahan bakar, maka Toyota CHR non-hybrid dapat menjadi alternatif yang baik.

Selain itu, pengguna juga perlu mempertimbangkan biaya awal dan biaya operasional dalam memilih antara mesin hybrid dan non-hybrid. 

Baca juga: Berlaku Kembali, Apa Saja Pelanggaran yang Kena Sanksi Tilang Manual?

Toyota CHR hybrid mungkin memiliki harga yang lebih mahal daripada Toyota CHR non-hybrid, namun biaya operasional yang lebih rendah dapat menghasilkan penghematan dalam jangka panjang.

Meski Toyota CHR hybrid dan non-hybrid memiliki perbedaan dalam hal mesin, performa, dan efisiensi bahan bakar, kedua kendaraan ini memiliki keunggulan masing-masing dan dapat menjadi pilihan yang tepat tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna.

Yuk kunjungi mobbi dan temukan mobil idamanmu atau informasi serta tips-tips otomotif menarik lainnya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan