×

blog/apa-makna-dan-filosofi-logo-hut-ri-ke-77-082022

Apa Makna dan Filosofi Logo HUT RI Ke-77?

16 Agu 2022

Hari Ulang Tahun atau HUT RI ke-77 hanya tinggal menghitung hari. Mulai dari tema besar hingga logo resmi telah diumumkan Pemerintah Indonesia lewat Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg) sejak 12 Juli 2022 lalu.

Pemerintah juga menghimbau masyarakat untuk turut merayakan hari kemerdekaan dengan memasang dekorasi sesuai tema. Anjuran tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Sekretaris Negara Nomor B-620/M/S/TU.00.04/07/2022.

 

Tema besar

Tahun ini, hari kemerdekaan Indonesia mengusung tema "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat". 

Baca juga: Resmi Dibuka, Ada Apa Saja di GIIAS 2022?

Tema ini mendeskripsikan kondisi Indonesia selama dua tahun lebih yang menghadapi tantangan dan ujian sejarah, mulai dari kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi berat sangat dirasakan oleh rakyat Indonesia di penjuru tanah air. 

Namun di tengah keterpurukan itu, semua elemen bangsa bergerak bersama dan bergotong royong untuk mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor dan siap bangkit menghadapi tantangan global. 

Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 pada tahun ini merefleksikan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika mempersatukan kita dalam menghadapi tantangan yang ada.

Baca juga: Cara Test Drive di GIIAS 2022 dan Daftar Mobil yang Bisa Dicoba

Diharapkan, dasar-dasar negara bisa menuntut Indonesia untuk "bersama pulih lebih cepat" agar siap menghadapi tantangan global dan "bangkit lebih kuat" untuk siap membawa Indonesia maju.

Nah, logo Kemerdekaan ke-77 RI ini merupakan bentuk visualisasi dari tema tersebut. Logo ini memiliki dua variasi warna Merah dan Putih dengan angka 77 di dalamnya. Apa maknanya?

 

Makna dan filosofi logo HUT RI ke-77

Logo Hari Kemerdekaan RI ke-77 ini mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas dalam menghadapi tantangan global.

Baca juga: Apa Bedanya Mobil Listrik dan Mobil Hybrid?

Merupakan perwujudan harapan untuk bersama pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju. Dikutip dari situs resmi Kemensetneg, berikut 7 makna dalam logo HUT RI ke-77.

 

Dua panah ke atas (percepatan dan pergerakan) 

Bentuk angka 77 menyerupai dua panah ke atas melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. 

 

Dua anak tangga (progres dan pembangunan) 

Dua garis mendatar membentuk tangga yang mengarah ke atas melambangkan progress dan pembangunan segala sektor di Indonesia. 

 

Bagian atas terpotong (demokrasi dan keterbukaan) 

Bagian atas terpotong melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia. 

 

Garis miring dan sudut runcing (semangat juang dan Garuda Pancasila) 

Garis miring dan sudut runcing, yang terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila, melambangkan semangat pejuang untuk bangkit lebih kuat dan tangguh. 

 

Dua garis melengkung (sinergi dan harapan) 

Dua garis melengkung melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, menuju Indonesia Maju. 

 

Sudut penghubung (penghubung antar bangsa) 

Sudut penghubung melambangkan peran Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia. 

 

Siluet angka 1 (persatuan Indonesia) 

Siluet angka satu melambangkan semangat persatuan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat, dan bersatu.

Baca juga: Cara Beli dan Harga Tiket GIIAS 2022

Jika kamu tertarik mengunduh logo HUT RI Ke-77 secara resmi, tersedia dua versi. Untuk latar belakang logo warna merah bisa diunduh di sini. Sedangkan, untuk logo dengan latar belakang warna putih bisa diunduh di sini.

Gimana? Setelah mengetahui tema hingga makna logo HUT RI ke-77, kamu pasti jadi makin semangat untuk ikut memeriahkannya, kan? Nah, jangan lupa ikuti upacara bendera secara virtual dengan daftar melalui pandang.istanapresiden.go.id.

Biar makin seru, jika kamu yang belum ada agenda untuk mengisi Hari Kemerdekaan, berkunjung ke GIIAS 2022 bisa menjadi pilihan yang tepat. Soalnya, spesial 17 Agustus 2022, kamu bisa mendapatkan tiket GIIAS dengan harga khusus, yakni Rp 77 ribu!

Baca juga: Mau Beli Mobil Baru di GIIAS 2022? Tukar Tambah di mo88i (Mobi) Yuk!

Ada berbagai kendaraan terbaru di Indonesia yang ditampilkan di GIIAS 2022, mulai dari konvensional hingga elektrifikasi. Selain melihatnya, kamu juga berkesempatan untuk menjajalnya secara langsung.

Nggak cuma itu, di GIIAS kamu juga bisa melakukan tukar tambah mobil lama dengan mobil baru melalui mo88i (baca: Mobi) dan mendapatkan cashback senilai jutaan rupiah dengan mengunjungi booth Toyota, Daihatsu atau Astra Financial. 

Menarik, bukan? Jadi, jangan sampai kelewatan keseruannya, ya! Sampai jumpa di GIIAS 2022!

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan