×

blog/alasan-mobil-masa-kini-banyak-yang-menggunakan-mesin-4-silinder-012023

Alasan Mobil Masa Kini Banyak yang Menggunakan Mesin 4 Silinder

16 Jan 2023

Saat ini hampir semua kendaraan yang dijual di Indonesia menggunakan mesin 4 silinder. Ya, mesin 3 silinder kini tak lagi banyak digunakan.

Sebut saja pada Toyota Astra Motor, hampir semua lini produk pabrikan asal Jepang tersebut telah meninggalkan teknologi mesin 3 silinder dan beralih ke mesin 4 silinder. Mulai dari mobil LCGC-nya, MPV, sedan, hingga MPV premium.

Mesin 4 silinder sendiri sebenarnya sudah mulai dikembangkan secara massal pada dunia otomotif sejak tahun 1960-an dan teknologinya terus diperbarui dan banyak digunakan oleh pabrikan mobil dunia.

Baca juga: Bahaya Air Hujan untuk Cat dan Bodi Mobil, Jika Malas Mencucinya

Maraknya penggunaan mesin 4 silinder tentunya bukan tanpa alasan, hal ini karena jenis mesin tersebut memiliki sejumlah kelebihan. Apa saja?

 

1. Lebih stabil dan halus

Keunggulan utama dari mesin ini adalah proses pembakaran yang lebih stabil dan halus dibandingkan dengan mesin konfigurasi 1, 2, dan 3 silinder.  

Hal ini karena proses yang terjadi dalam mesin ini sudah mencapai keseimbangan yang baik karena pistonnya bergerak secara berpasangan. Dengan begitu, ketika satu pasang piston bergerak ke atas, satu pasang lainnya akan bergerak ke bawah.

 

2. Putaran mesin lebih tinggi

Teknologi ini juga menawarkan putaran mesin yang lebih tinggi, sehingga tenaga yang dikeluarkan lebih responsif jika dibandingkan dengan mesin 3 silinder. 

Baca juga: Jarang Ganti Filter Oli Mobil, Apa Efeknya Pada Mesin?

Itulah mengapa, mesin 3 silinder umumnya menambahkan turbo untuk dapat menghasilkan tenaga yang setara dengan mobil mesin 4 silinder.

 

3. Bobotnya ringan

Jumlah pistonnya yang tidak banyak menjadikan mesin 4 silinder memiliki bobot yang lebih ringan. Selain itu, bobot ringan tersebut juga dipengaruhi oleh ukuran dan bentuknya yang lebih kompak, sehingga cocok untuk disematkan pada mobil berukuran kecil atau sedang.

Mesin ini juga memiliki biaya produksi yang lebih efisien, karena konfigurasinya yang lebih ringkas.

 

4. Perawatan mudah

Teknologi 4 silinder yang terus dikembangkan menjadikan mesin ini sangat efisien bagi mobil-mobil keluaran terbaru. Karakternya bandel dan mudah dirawat membuat banyak pabrikan mengeluarkan produk terbaru dengan menyematkan mesin ini.

 

Kekurangan mesin 4 silinder

Tak heran jika mesin ini semakin banyak digunakan pada mobil-mobil terbaru. Tapi ternyata, mesin ini juga memiliki kekurangan.

 

Tenaga terbatas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mesin ini jarang digunakan pada mobil mewah dengan volume mesin yang besar. 

Baca juga: Cara Menggunakan Simulasi Kredit Mobil di mobbi untuk Tahu DP dan Cicilan

Sebab, jika dipaksakan maka guncangan akan semakin kasar, lantaran percepatan dan perlambatan piston lebih besar di putaran atas crankshaft daripada putaran di bawah. 

Maka dari itu, mobil dengan tenaga dan volume mesin besar umumnya menggunakan konfigurasi dengan silinder yang lebih banyak, seperti berjumlah 6 hingga 8.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena pada mesin 4 silinder, pabrikan telah mengembangkan teknologi peredam yang disebut balance shaft. Teknologi tersebut mampu meredam getaran mesin pada mobil bervolume mesin 2.000 cc ke bawah.

Baca juga: Alasan Pentingnya Membeli Mobil Bekas Bergaransi

Bagaimana? Tertarik untuk memiliki mobil bermesin 4 silinder? Ada beberapa pilihan mobil yang bisa dijadikan opsi, beberapa di antaranya adalah Toyota Agya, Toyota Yaris, Toyota Camry, Toyota Vellfire, Daihatsu Sirion, hingga Daihatsu Ayla.

Nggak perlu bingung belinya di mana, langsung aja kunjungi mobbi! Tenang, semua unit mobil bekas di mobbi dijamin tidak pernah mengalami tabrakan yang mengubah struktur rangka dan terendam banjir. Dokumen dan odometer pun dijamin keasliannya. 

Spesial Januari 2023, beli mobil di mobbi bisa dapetin bonus hingga Rp 3 juta, ada juga bonus asuransi yang bikin mobil kamu terjamin perlindungannya.

Baca juga: Parade Promo Seru, Beli Mobil di mobbi Bisa Dapet Bonus hingga Rp 3 Juta!

Tunggu apalagi? Yuk beli mobil di mobbi sekarang! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan