×

blog/alarm-mobil-bunyi-sendiri-cari-tahu-11-penyebabnya-dan-cara-mengatasinya-112022

Alarm Mobil Bunyi Sendiri? Cari tahu 11 Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

24 Nov 2022

Alarm mobil bunyi sendiri memang sangat mengganggu. Apalagi jika kita tidak tahu bagaimana cara untuk membuatnya berhenti berbunyi. Selain tidak nyaman di telinga, fungsinya sebagai sistem keamanan pada kendaraan juga tidak lagi optimal. 

Untuk mengatasi kondisi tersebut, kamu harus mengetahui apa penyebabnya. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mencari solusinya. Berikut 11 penyebab alarm mobil bunyi sendiri dan cara mengatasinya.

 

1. Pintu mobil tidak tertutup dengan rapat

Pintu mobil yang tidak tertutup dengan sempurna menjadi salah satu penyebab alarm mobil bunyi sendiri. Pintu yang masih terbuka akan membuat sensor alarm mendeteksi sinyal dari pintu sehingga mengeluarkan bunyi.

Baca juga: Pelat RF Akan Ditertibkan Kapolri Demi Kenyamanan di Jalan

Tidak perlu panik, bunyi dari alarm tersebut merupakan bagian dari sistem keamanan akibat pintu yang masih terbuka. Solusinya tentu dengan mengecek keadaan pintu dan memastikan bahwa pintu sudah tertutup dengan rapat.

Selain itu, agar tidak terganggu dengan bunyi alarm, kamu bisa memaksimalkan sesnor lampu mobil dengan mengaktifkan lampu pada posisi pintu.

Dengan begitu, apabila ada pintu yang tidak tertutup rapat, pintu mobil akan tetap menyala dan akan mati dengan sendirinya jika semua pintu sudah tertutup sempurna.

 

2. Baterai central lock habis

Baterai central lock yang habis menjadi penyebab bunyinya alarm secara terus menerus. Central lock atau kunci sentral bertugas mengunci semua pintu dalam satu saklar.

Baca juga: Bea Balik Nama Mobil Bekas Bakal Dihapus, Kapan Mulai Berlaku?

Apabila baterai central lock habis, kamu hanya bisa membuka pintu dengan cara manual. Nah, hal tersebut bisa membuat alarm berbunyi. Solusinya tentu segera mengganti baterai central lock yang habis dengan yang baru.

 

3. Sensitivitas modul alarm

Modul alarm merupakan salah satu komponen pendukung yang ada pada alarm mobil, fungsi untuk  menangkap setiap getaran yang ada pada mobil. 

Bentuk getarannya bisa berupa suara, getaran dari mobil lain, hingga adanya objek bergerak yang melintas di depan mobil. 

Baca juga: Dimulai Dari Operasi Simpatik, Bagaimana Aturan Penghapusan Tilang Manual?

Modul alarm dengan sensitivitas yang tinggi bisa menangkap setiap getaran dan gerakan. Alhasil, alarm akan sering berbunyi. Untuk mengatasinya, kamu bisa menurunkan tingkat sensitivitas modul alarm.

 

4. Sensor kap mesin rusak

Sensor kap mesin yang rusak juga bisa membuat alarm mobil bunyi sendiri. Sama seperti pintu mobil yang tidak tertutup sempurna, saat sensor kap mobil rusak, sinyal yang ditangkap adalah kap mobil yang masih terbuka.

Alarm akan menerima sinyal dari sensor kap mobil dan mengeluarkan bunyi. Solusinya, buka kap mobil dan tutup kembali dengan benar. Kemudian tekan tombol kunci pada remote. Apabila tidak berhasil, maka kamu sebaiknya kamu mengganti sensor tersebut.

 

5. Terdapat komponen yang rusak

Alarm mobil terdiri dari beberapa komponen, bila terdapat satu komponen rusak maka bisa membuat alarm bunyi sendiri. Untuk itu, sebaiknya cek dan pastikan apakah terdapat kerusakan pada alarm. Bila iya, maka solusinya adalah menggantinya dengan yang baru.

 

6. Sensor kunci mobil rusak

Alarm mobil akan berbunyi saat ada orang yang berusaha membuka pintu. Apabila sensor tersebut rusak, alarm akan merespon seakan-akan ada yang mencoba membuka pintu. 

Baca juga: Masa Berlakunya Habis, Begini Cara Perpanjang SIM Online

Solusinya maka kamu bisa mengecek bagian ini, apabila ada kerusakan jangan menunda untuk memperbaikinya demi keamanan dan kenyamanan.

 

7. Kunci fob rusak

Kunci fob merupakan perangkat yang digunakan untuk membuka dan mengunci pintu mobil, serta menghidupkan mesin dengan menekan satu tombol saja.

Kunci fob yang tersambung dengan sistem alarm akan berpengaruh apabila ada komponen yang alami kerusakan. Kunci fob akan mengirimkan sinyal yang salah kepada alarm, sehingga menimbulkan bunyi.

Baca juga: Karpet Mobil Bisa Bikin Kecelakaan? Cek Dulu Faktanya!

Apabila kamu mengalami kondisi ini, sebaiknya ganti baterai kunci fob atau menyetel ulang perangkat tersebut.

 

8. Instalasi alarm salah

Pemasangan atau instalasi yang salah dapat membuat alarm mobil bunyi sendiri. Apabila instalasi di lakukan di bengkel, segera hubungi bengkel tersebut. 

Namun apabila kamu melakukannya sendiri, cek kembali buku manual untuk memastikan apakah instalasi yang kamu lakukan sudah benar atau belum.

 

9. Koneksi ke unit kontrol buruk

Apabila kamu membersihkan dan menutup kap mesin tapi alarm mobil berbunyi sendiri, besar kemungkinan disebabkan oleh sambungan yang buruk ke unit kontrol utama mobil.

Baca juga: Efek Negatif Mobil Turbo Pakai Oli Mesin Tidak Sesuai

Dalam beberapa kondisi, hal ini bisa memicu bunyi pada alarm bahkan membuat lampu airbag menyala. Solusinya, sebaiknya lepas dan sambungkan kembali sensornya atau membawanya ke bengkel agar ditangani dengan tepat.

 

10. Frekuensi terganggu

Frekuensi remote mobil yang terganggu dengan frekuensi bisa menyebabkan alarm bermasalah. Hal ini biasanya terjadi apabila mobil diparkir di dekat tower listrik atau pemancar telepon seluler.

Tidak sulit untuk mengatasinya, kamu cukup mendekatkan remote ke mobil hingga berfungsi kembali dengan normal.

 

11. Aki yang soak

Aki yang soak tidak hanya bisa membuat mobil mogok, tetapi juga menganggu kinerja alarm mobil. Jika sudah begini, maka aki harus diganti dengan yang baru.

 

Cara mengatasi alarm mobil bunyi sendiri

Selain cara-cara di atas, terdapat cara lain yang bisa kamu lakukan apabila alarm mobil bermasalah dan mengeluarkan bunyi secara terus menerus.

Baca juga: mobbi dari Astra, Beli Mobil Bekas Langsung Dapet Asuransi Gratis dan Diskon 2 Juta!

Di antaranya seperti me-reset remote alarm, mengaktifkan mode silent, mengecek baterai alarm dan menggantinya bila sudah habis, atau membuka pintu secara manual. Cara-cara tersebut bisa membuat alarm berhenti berbunyi.

Dengan mengetahui penyebabnya, mulai sekarang apabila mengalami hal tersebut kamu tidak perlu panik lagi, ya! Cukup mengecek bagian yang terindikasi menjadi sumber masalah dan lakukan cara di atas untuk memperbaikinya.

Mau informasi dan tips-tips lainnya, atau sedang mencari mobil bekas berkualitas? Kunjungi mobbi, ya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan