×

blog/aki-mobil-tekor-ini-penyebab-dan-solusinya-012023

Aki Mobil Tekor? Ini Penyebab dan Solusinya!

24 Jan 2023

Aki mobil merupakan bagian penting dalam kendaraan roda empat yang berfungsi untuk sumber listrik. Tanpa aki, mobil tidak akan bisa dinyalakan. Pemilik mobil hendaknya kerap mengecek kondisi komponen yang satu ini. 

Beberapa hal sepele tanpa disadari bahkan bisa menyebabkan kondisi aki tekor. Selain karena penggunaan, aki juga bisa tekor karena umur pemakaian. 

Baca juga: Bagaimana sih Cara Melihat dan Mengukur Voltase Aki Mobil

Jika sudah waktunya ganti, mau tidak mau aki harus diganti dengan yang baru agar performa mobil kembali prima. Pemilik mobil dapat memilih beragam produk aki yang beredar di pasaran sesuai dengan kebutuhan mobilnya.

 

Penyebab aki mobil tekor

Bagi pemilik mobil, kamu dapat menghindari beberapa hal di bawah ini agar aki tidak tekor:

 

1. Mobil hanya diparkir di garasi dalam jangka waktu yang lama

Disaat macet ada dimana-mana, tentu banyak pengguna kendaraan roda empat beralih ke roda dua untuk mobilitas sehari-hari. Mobil dibiarkan terparkir dalam jangka waktu lama di garasi tanpa dipanasi. Hal ini tentu saja berdampak pada aki mobil.

Performa aki mobil dapat menurun karena aki tidak bisa menyimpan daya yang dihasilkan saat mobil menyala. Jika sumber listrik utama tidak berdaya tentu saja mobil tidak bisa dinyalakan atau sering mogok. Jika dibiarkan berlarut-larut, tentu saja aki akan tekor.

Baca juga: Benarkah Jarang Dipakai Bikin Aki Mobil Tekor?

Solusinya adalah panasi mobil kamu paling tidak seminggu sekali walaupun hanya di garasi. Hal ini dapat membantu aki mobil untuk tetap menyimpan daya listriknya.   

 

2. Hindari aksesoris mobil yang tidak sesuai

Menambahkan aksesori mobil tentu biasa dilakukan untuk menambah kenyamanan di dalam mobil. Namun tanpa disadari, aksesoris mobil yang berlebihan dan tidak memperhatikan kapasitas dapat merusak komponen ini. 

Aksesoris yang sering digunakan dan tanpa disadari menyerap tenaga aki mobil yang besar adalah perangkat audio. Jika daya aki terserap di aksesories ini, otomatis mobil akan sulit untuk untuk di-starter. Solusinya adalah sesuaikan kondisi aki dengan aksesoris yang akan dipasang di mobil.

 

3. Gunakan mobil secara tepat

Penggunakan mobil dengan intensitas tinggi juga dapat memicu aki tekor. Komponen ini bekerja terus menerus menghasilkan tegangan listrik yang tentu saja besar. 

Baca juga: Tidak Ditilang, Ternyata Ini Aturan dan Sejarah Lampu DRL Mobil

Selain itu, hal ini juga dapat memperpendek umur aki mobil. Sebaiknya gunakan mobil seperlunya. Ada kalanya mobil dibiarkan di garasi agar mesin-mesin mobil bisa beristirahat.

 

4. Gunakan lampu yang sesuai kebutuhan

Saat ini banyak mobil yang sudah menggunakan lampu proyektor HD. Lampu ini menyedot tenaga aki mobil lebih besar dibandingkan dengan lampu mobil biasa. 

Jika kamu ingin menggunakan lampu ini, hendaknya ganti aki kendaraan dengan yang ber-Ampere besar. Hal ini dimaksudkan untuk menyesuaikan kebutuhan listrik mobil.

Baca juga: 8 Cairan di Mobil yang Harus Dicek dan Ganti Berkala

Lampu yang menyala dalam jangka waktu yang lama tentunya dapat menurunkan performa aki. Jika dibiarkan, maka aki mobil akan tekor.

 

5. Telat mengisi air aki

Bagi pengguna aki basah, kamu harus memperhatikan kondisi air aki mobil. Jika kamu telat mengisi air, tentunya komponen ini tidak akan bekerja maksimal. Jika sering dibiarkan, hal ini akan memicu kerusakan pada aki. 

Jika ingin aki berusia panjang, lakukan pengecekan rutin pada mobil kamu. Kondisi mobil dan aki yang prima tentu akan memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Aktivitas pun tidak terhambat dan berjalan sebagaimana mestinya.

Baca juga: Tips Merawat Dashboard Mobil yang Sering Parkir Outdoor

Jika kendaraan roda empat kamu masih sering mogok, solusinya hanya satu, coba tengok beragam mobil bekas berkualitas di mobbi. Unduh dan instal aplikasi mobbi melalui Play Store dan App Store

Temukan mobil impianmu yang bebas mogok dan rasakan bertransaksi mudah dan cepat hanya di mobbi. Tunggu apalagi? Download mobbi sekarang juga!

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan