×

blog/8-tips-mengemudi-aman-di-tengah-cuaca-ekstrem-jakarta-122022

8 Tips Mengemudi Aman di Tengah Cuaca Ekstrem Jakarta

29 Des 2022

Cuaca ekstrem Jakarta dikabarkan akan berlangsung sampai awal 2023 oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Hingga pada waktu tersebut, Ibu Kota akan diguyur hujan lebat yang disertai angin kencang.

Bahkan, menurut pantauan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) beberapa waktu lalu, ada potensi hujan ekstrem hingga badai dahsyat di wilayah Jabodetabek.

Kondisi ini jelas berisiko jika kamu masih harus bepergian keluar rumah dengan mengendarai mobil. Untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, berikut tips mengemudi aman di tengah cuaca ekstrem Jakarta.

 

1. Pantau prakiraan cuaca

Sebelum berkendara, pastikan kamu memantau prakiraan cuaca, ya. Supaya lebih akurat, kamu bisa memantau prakiraan cuaca melalui informasi yang dibagikan di sosial media BMKG. Apabila cuaca diprakirakan buruk, sebaiknya tunda perjalanan.

Baca juga: Cara Mendapatkan Pelat Nomor Putih untuk Mobil Bekas

Namun jika terpaksa harus berkendara, disarankan untuk mencari waktu yang paling aman, seperti menunggu angin kencang atau hujan lebat reda, paling tidak sampai intensitasnya menurun.

Selain prakiraan cuaca, jangan lupa cek kembali apakah rute yang kamu pilih merupakan zona rawan banjir atau tidak. Jika iya, sebaiknya hindari tersebut.

 

2. Kurangi kecepatan mobil

Tips mengemudi aman di tengah cuaca ekstrem Jakarta selanjutnya adalah mengurangi kecepatan mobil. Saat berkendara di kondisi hujan deras, kecepatan yang disarankan adalah 20 persen atau sekitar 20 sampai 30 kilometer per jam. 

Baca juga: Bea Balik Nama Mobil Bekas Bakal Dihapus, Kapan Mulai Berlaku?

Sebab, dalam kondisi cuaca ekstrem seperti hujan lebat, visibilitas akan menjadi terbatas dan mobil akan menjadi sulit dikendalikan. 

 

3. Lebih fokus 

Berbeda saat berkendara di tengah cuaca yang cerah, distraksi yang muncul mungkin hanya pengendara yang ada di sekeliling mobil kamu saja. Namun saat cuaca ekstrem, fokus akan lebih terganggu akibat guyuran hujan yang lebat, suara angin, hingga suara petir.

Untuk itu, kamu perlu meningkatkan fokus. Jangan mengemudi sambil bermain ponsel, kecilkan volume audio mobil jika kamu sedang mendengarkan musik atau radio, kemudian hindari melakukan manuver yang tiba-tiba.

 

4. Waspada dengan hal-hal tidak terprediksi

Selain meningkatkan fokus, kamu juga harus lebih waspada terhadap hal-hal yang tidak terprediksi. Misal pada pengemudi pemula.

Baca juga: Hati-Hati Beli Mobil Bekas! Telat Bayar Pajak 2 Tahun Dianggap Kendaraan Bodong

Kemampuan berkendara pengemudi pemula biasanya terbatas, ditambah dengan visibilitas yang pendek, sehingga berpotensi membuatnya salah dalam bersikap dan mengambil keputusan. 

Belum lagi pengemudi agresif yang acuh dengan keselamatan. Untuk itu, agar berkendara lebih aman, tingkatkan kewaspadaan kamu, ya.

 

5. Jaga jarak aman

Sama seperti saat berkendara di tengah cuaca yang cerah, menjaga jarak aman juga wajib diterapkan jika berkendara di kondisi cuaca yang buruk. Dengan begitu, risiko kecelakaan atau mengerem secara mendadak bisa dihindari.

 

6. Cek kondisi mobil

Kondisi mobil harus juga dipastikan bekerja normal untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama diperjalanan. 

Baca juga: Bukan Cuma Ditilang, Pakai Pelat Nomor Palsu Terancam Pidana

Bagian seperti ban, rem, wiper, lampu, hingga aki mobil harus dipastikan dalam kondisi normal dan tidak bermasalah. Pasalnya, mengendarai mobil dengan kondisi ban yang buruk seperti botak, akan membuat laju mobil sulit dikendalikan karena permukaannya licin.

Rem yang tidak berfungsi dengan baik juga akan membuat kamu kesulitan mengontrol laju mobil. Wiper yang getas juga akan semakin membuat visibilitas terganggu. 

Sedangkan, aki yang kondisinya buruk akan membuat sejumlah komponen kelistrikan tidak berfungsi dengan baik, salah satunya lampu. Alhasil, kamu akan kesulitan melihat jalan serta memberikan sinyal kepada pengendara lain.

 

7. Hindari objek yang bisa tumbang

Hujan lebat yang disertai angin kencang berpotensi menumbangkan beberapa objek seperti pohon. Untuk itu, sebaiknya hindari melintas di dekat objek yang bisa tumbang.

Baca juga: ETLE Mobile dan ETLE Statis Resmi Dirilis, Apa Perbedaannya?

Sedangkan jika kamu menemukan pohon tumbang, segera lepas pijakan pada pedal gas, lakukan pengereman secara perlahan dan berikan lampu hazard sebagai sinyal untuk pengendara di belakang kamu.

Kalau memang aman dan dibutuhkan, segera lakukan manuver menghindari ke arah berlawanan. Tapi jangan terlalu agresif karena biasanya kondisi jalan licin, dan sekali lagi pastikan kondisi jalan aman.

 

8. Langkah darurat saat gagal menghindar

Jika dihadapkan dalam keadaan darurat, segera selamatkan barang pribadi yang mudah diraih, jangan memaksakan menyelamatkan barang lain yang membutuhkan waktu lama untuk mengambilnya, seperti barang-barang besar atau yang diletakkan di bagasi.

Setelah itu segera keluar dari kendaraan mengingat potensi bahaya masih ada, seperti tertimpa pohon tumbang, aliran listrik, atau tertabrak mobil lain dari belakang.

 

Penanggulangan cuaca ekstrem

Nah, itu dia tips mengemudi aman di tengah cuaca ekstrem Jakarta. Sebenarnya, kamu tidak perlu terlalu panik, sebab Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta juga tengah berupaya untuk melakukan langkah penanggulangan cuaca ekstrem.

Penanggulangan cuaca ekstrem ini dilakukan dengan teknik modifikasi cuaca, yakni dengan pola kompetisi. Pola ini membakar bahan semaian garam dan mengganggu pertumbuhan awan dengan cara menambah inti kondensasi.

Pola jumping process juga dilakukan sebagai bagian dari penanggulangan cuaca ekstrem. Pola ini akan memprematurkan awan hujan untuk dicegat masuk ke wilayah Jakarta, sehingga awan menjadi luruh dan hujan yang terjadi hanya sekedar gerimis.

Baca juga: Miliki Mobil Daihatsu Idamanmu di Trade-In Festival Week with mobbi & Daihatsu

Selain Jakarta, BMKG memprakirakan cuaca ekstrem ini juga akan terjadi di Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan sejumlah wilayah lainnya. Di mana pun kamu, jika tidak terlalu darurat sebaiknya hindari bepergian keluar rumah, ya! Stay safe!

Untuk informasi dan tips-tips menarik lainnya, kunjungi mobbi, ya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan