×

blog/8-masalah-umum-yang-kerap-terjadi-pada-mobil-matic-092023

8 Masalah Umum yang Kerap Terjadi pada Mobil Matic

01 Sep 2023

Mobil matic kian menjadi pilihan banyak orang karena kemudahan penggunaannya. Namun, seperti halnya mobil manual, mobil matic juga dapat mengalami beberapa masalah.

Secara umum, terdapat 8 masalah yang kerap terjadi pada mobil matic. Untuk mengetahuinya, yuk kita bahas penjelasan serta akar penyebabnya kerusakan umum pada mobil matic.

 

1. Tuas Transmisi Sulit Dipindahkan

Salah satu penyebab umum tuas transmisi sulit dipindahkan adalah cairan transmisi yang kotor atau rendah. Selain itu, ada kemungkinan juga terdapat masalah pada kabel atau komponen mekanis yang menghubungkan tuas transmisi dengan transmisi sebenarnya. 

Baca juga: Mobil Rusak Akibat Bencana Alam, Bisa Klaim Asuransi?

Periksa cairan transmisi secara berkala dan pastikan cairan dalam kondisi yang baik. Jika masalah persisten, segera periksakan ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

2. Lampu Engine Check Terus Menyala

Lampu Engine Check yang terus menyala bisa menandakan berbagai masalah, seperti sensor yang rusak, sistem emisi yang tidak berfungsi, atau bahkan masalah pada mesin itu sendiri.

Gunakan alat pemindai OBD (On-Board Diagnostics) untuk membaca kode kesalahan. Kode ini akan memberikan petunjuk mengenai masalah yang perlu diperbaiki. Dalam beberapa kasus, kamu mungkin perlu mengganti sensor atau melakukan perbaikan pada komponen tertentu.

 

3. Suara Dengungan yang Tidak Wajar

Suara dengungan yang tidak wajar dapat berasal dari berbagai komponen, seperti bearing yang aus, sabuk kipas yang kendur, atau masalah pada komponen transmisi. 

Baca juga: Apa Sih Perbedaan Spooring 3D dengan Spooring Biasa?

Identifikasi sumber suara dengungan terlebih dahulu. Jika berasal dari bearing atau komponen lain, segera ganti yang rusak. Jika suara berasal dari transmisi, periksakan ke bengkel untuk evaluasi lebih lanjut.

 

4. Tenaga Seakan Tertahan

Reduksi tenaga pada mobil matic bisa disebabkan oleh masalah pada sistem bahan bakar, filter udara yang kotor, atau bahkan masalah pada transmisi.

Periksa dan bersihkan filter udara secara teratur. Pastikan sistem bahan bakar dalam kondisi baik dan lakukan perawatan berkala. Jika masalah tetap ada, periksakan ke ahli otomotif.

 

5. Gigi Mundur Macet

Gigi mundur yang macet bisa disebabkan oleh gesekan pada komponen transmisi atau adanya masalah pada kopling. Periksa sistem transmisi secara keseluruhan dan pastikan tidak ada gesekan yang berlebihan. Jika perlu, lakukan penggantian komponen yang rusak.

 

6. Perpindahan Gigi Tidak Halus

Perpindahan gigi yang tidak halus bisa jadi akibat gesekan yang tidak normal pada komponen transmisi atau keausan pada clutch. Lakukan pengecekan pada komponen transmisi, pastikan cairan transmisi dalam kondisi baik, dan periksa juga kondisi clutch. 

Baca juga: Sejarah Mobil Nissan Evalia hingga Akhirnya Stop Produksi

Jika perlu, lakukan perbaikan atau penggantian komponen yang rusak. Kamu dapat tanyakan hal ini secara detail kepada mekanik profesional di bengkel resmi dan terpercaya.

 

7. Overheat

Overheat bisa terjadi karena masalah pada sistem pendinginan, seperti kebocoran pada radiator, kerusakan pada kipas pendingin, atau masalah pada thermostat. Periksa sistem pendinginan secara berkala. Pastikan tidak ada kebocoran pada radiator, kipas pendingin berfungsi dengan baik, dan thermostat dalam kondisi normal.

 

8. Getaran Mesin yang Tidak Wajar

Getaran mesin yang tidak wajar bisa disebabkan oleh keseimbangan yang terganggu pada komponen mesin atau masalah pada sistem pembakaran. Lakukan pengecekan keseimbangan komponen mesin dan pastikan semua baut dan mur terpasang dengan baik. Jika getaran terkait dengan sistem pembakaran, periksakan sistem pengapian dan injeksi bahan bakar.

Baca Juga: Lagi Keliling Jawa? Ini Rest Area Terbaik yang Patut Kamu Sambangi

Dengan pemeliharaan yang baik dan perbaikan tepat waktu, sebagian besar masalah dapat dihindari atau diminimalkan dampaknya. Ingatlah bahwa mobil matic kamu adalah investasi yang perlu dijaga agar tetap memberikan kenyamanan dan performa yang optimal. 

Jika kamu mengalami salah satu dari masalah di atas, sebaiknya segera periksakan ke bengkel resmi atau ahli otomotif terpercaya untuk mendapatkan diagnosis dan solusi yang akurat.

Jadi, itulah beberapa jenis perawatan mobil matic yang bisa dilakukan. Untuk beli mobil, yuk kunjungi mobbi dan temukan berbagai pilihannya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan