×

blog/7-manfaat-rutin-servis-ac-mobil-102022

7 Manfaat Rutin Servis AC Mobil

25 Okt 2022

Untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara, selain merawat bagian-bagian yang berkaitan dengan performa seperti mesin, pemilik mobil juga wajib melakukan servis AC mobil secara rutin.

Ya, untuk menjaganya agar berfungsi dengan baik dan bisa menjaga hawa sejuk di dalam mobil, AC tidak boleh luput dari perawatan. Bukan cuma itu, berikut sejumlah manfaat servis AC mobil secara rutin.

 

1. Mencegah kerusakan lebih besar

Rutin melakukan perawatan pada AC mobil akan membuat kamu lebih cepat mengetahui apabila ada komponen yang yang perlu diganti atau diperbaiki, sehingga kerusakan yang lebih besar bisa dicegah. 

Baca juga: Komponen Penyebab Overheat pada Mobil Bekas, Memang Ada?

Dengan begitu, kamu juga terhindar dari risiko membayar biaya perbaikan yang lebih besar. Sebab, semakin parah kerusakan, semakin besar juga biaya yang akan kamu keluarkan, mulai dari untuk perbaikan hingga penggantian komponen.

 

2. Memperpanjang usia pakai AC

AC yang terawat dengan baik usia pakainya bisa mencapai lima hingga sepuluh tahun. Sedangkan, AC yang tidak melakukan perawatan rutin, usia pakainya tidak akan bertahan lama, apalagi jika mobil digunakan untuk sehari-hari.

 

3. Menghindari korosi 

Kondensor yang ada pada AC merupakan komponen yang rentan alami korosi.akibat terkontaminasi udara di oli kompresor AC. Oli yang terkontaminasi akan bersifat asam dan menjadi sumber endapan komponen pada mesin AC.

Baca juga: Alasan Ban Mobil Dirotasi dan Bagaimana Caranya

Bukan cuma kondensor, komponen yang ada di dalam mesin AC sendiri memang terdiri dari material yang rentan korosi. Dengan rutin servis AC mobil, komponen tersebut akan terjaga kebersihannya dan kerusakan hingga penggantian spare part bisa diminimalisir.

 

4. Mencegah bakteri dan debu masuk ke dalam kabin

Debu dan bakteri berbahaya bisa masuk ke dalam mobil akibat filter AC mobil yang jarang atau bahkan tidak pernah diganti. Bukan cuma tidak sehat, bakteri dan debu tersebut akan menimbulkan bau tidak sedap.

Dengan melakukan servis AC mobil secara rutin, komponen-komponen yang ada di dalamnya juga akan terjaga, sehingga bau tidak sedap akibat penyumbatan pada filter bisa dicegah, udara di dalam kabin pun juga lebih sehat dan bersih.

 

5. Menghindari overheat pada sistem mesin AC

Kipas radiator atau kipas kondensor yang mati bisa menyebabkan overheating pada sistem AC mobil. Dengan servis berkala, kerusakan pada kipas radiator bisa dideteksi lebih awal dan risiko kerusakan yang lebih besar bisa dihindari.

 

6. Mencegah AC mati tiba-tiba

Pernah alami AC mobil kamu mati secara tiba-tiba saat berkendara? Hal tersebut disebabkan oleh kegagalan sistem pada mesin AC akibat kelalaian dalam perawatannya.

Hal ini bisa dicegah dan dideteksi lebih awal jika AC mendapatkan perawatan terbaik secara rutin.

 

7. Menambah pengetahuan soal AC mobil

Nah, kalau manfaat yang satu ini hanya bisa kamu dapatkan jika kamu proaktif dengan teknisi saat melakukan servis AC mobil. 

Baca juga: Tips Merawat Dashboard Mobil yang Sering Parkir Outdoor

Kamu bisa jadikan momen ini sebagai kesempatan untuk menambah pengetahuan tentang AC mobil, seperti cara merawat atau memperbaiki hingga spare part. 

Dengan begitu, apabila terjadi masalah pada AC mobil di situasi yang tidak terduga, kamu bisa mengatasinya sendiri sebelum membawanya ke bengkel.

Jadi, melakukan perawatan pada AC mobil secara rutin, bukan cuma kabin yang sejuk dan nyaman saja yang akan kamu dapatkan. Kamu juga bisa menghemat pengeluaran hingga ilmu yang bermanfaat. 

Baca juga: Tips Membersihkan Noda Aspal di Bodi Mobil

Maka dari itu, jangan tunggu gerah dulu baru servis AC mobil, ya! Lakukan perawatan dan pengecekan pada AC mobil secara rutin setiap 20 ribu kilometer atau 1 tahun sekali atau 4.000 jam pakai. 

Jangan lupa juga untuk lakukan perawatan rutin secara menyeluruh! Selain untuk menjaga performa mobil, perawatan berkala juga membuat harga jualnya tetap stabil. 

Kalau mau lebih untung,  jangan lupa jualnya di mobbi, aja! Kamu dijamin mendapat penawaran harga terbaik! Soalnya, penilaian mobil dilakukan secara profesional dan akurat. Prosesnya juga mudah dan cepat. 

Baca juga: Nama Baru Promo Lebih Seru, Jual Mobil di mobbi Ada Bonus Cashback Rp 2 Juta!

Bukan cuma itu, spesial bulan Oktober 2022, jual mobil bekas di mobbi bisa dapet cashback hingga Rp 2 juta.

Yuk jual mobil di mobbi sekarang! Kamu juga bisa mengakses mobbi melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan