×

blog/7-cara-mengusir-tikus-di-mobil-dijamin-ampuh-dan-efektif-012023

7 Cara Mengusir Tikus di Mobil Dijamin Ampuh dan Efektif

17 Jan 2023

Mengusir tikus-tikus di mobil adalah pekerjaan yang melelahkan. Tikus adalah salah satu hewan yang sangat merugikan kehidupan dan merupakan salah satu hewan yang banyak dibasmi, selain sering meninggalkan kotoran, tikus juga merupakan hewan pengerat yang kotor dan membawa penyakit. 

Hal yang paling menyebalkan dari ulah tikus salah satunya adalah karena tikus di mobil kerap menggigit kabel-kabel yang ada di ruang mesin hingga rusak, serta beberapa komponen yang terbuat dari plastik dan karet. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Bersihkan Dashboard Mobil Kusam

Tikus sering kali bersembunyi di beberapa tempat yang tertutup dan lembab salah satunya ruang mesin mobil. Ini yang harus diwaspadai dan jika menemukan tikus di mobil segeralah untuk mengusirnya. 

Mengusir tikus di mobil memang agak rumit. Apalagi bila tikus sampai masuk ke dalam kap mobil dan menggigiti kabel-kabel yang ada di dalam mesin. Oleh karena itu, para pengguna kendaraan mobil sebaiknya sering mengecek keadaan mesin mobilnya. 

Baca juga: 6 Perawatan Mobil Bekas Setelah Kamu Membelinya

Ada beberapa tanda bila tikus sudah terlanjur masuk ke dalam kap mesin mobil, seperti: kamu akan menemukan daun yang kamu tak pernah menaruhnya di mesin mobil, kotoran tikus yang berceceran di sudut-sudut kap mesin mobil, serta bau tidak enak khas bau tikus.

Tapi jangan khawatir, karena ada beberapa cara untuk mencegah masuknya hewan pengerat tersebut ke dalam mobil kesayanganmu. Simak tips selengkapnya berikut ini: 

 

1. Menyebar kapur barus atau kamper di dalam ruang mesin mobil

Tikus rupanya sangat membenci aroma kapur barus atau kamper. Nah, kamu bisa menumbuk atau menghancurkan kapur barus atau kamper terlebih dulu, baru kemudian kamu bisa menyebarkannya ke seluruh mesin mobil. 

Perlu diingat saat menyebarkan kamper atau kamper, kamu harus menyebarkan secara merata hingga sudut-sudut mobil, agar tikus tidak jadi masuk ke dalam kap mobil. 

 

2. Menyemprotkan cairan anti tikus ke dalam ruang mesin mobil

Jika merasa aneh dengan bau kapur barus, gunakan cairan spray anti tikus yang bisa dibeli di toko-toko perlengkapan otomotif. Karena spray hanya bersifat sementara, bisa juga semprotkan cairan anti tikus pada kain dan letakkan di sudut-sudut mesin mobil. 

Baca juga: Berapa Estimasi Biaya Turun Mesin Mobil?

Tetapi akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan kain yang sudah dibasahi dengan cairan tersebut ke sela-sela filter udara atau melilitkan kain tersebut ke selang AC agar aromanya merata sehingga tikus tak akan memasuki kap mobil kamu.

 

3. Menggunakan alat ultrasonik pengusir tikus

Jika tikus sudah terlanjur menyerang mobil cukup parah, seperti banyak menggerogoti kabel dan membuat mesin mobil tampak sangat kotor, cara ini solusinya yaitu menggunakan alat ultrasonic. Alat ultrasonic khusus yang mampu mengusir tikus.  

Baca juga: Basmi Kecoa di Dalam Mobil Pakai Mentega Terbukti Ampuh, Tapi..

Saat menggunakan alat, kamu harus berhati-hati dan teliti agar tidak merusak interior dan mesin mobil.  kamu hanya perlu membeli alat elektronik pengusir tikus ini lalu menghubungkan kabel positif ke baterai dan kabel negatif ke masa. 

Gunakan alat ini di malam hari, atau ketika mobil akan diparkirkan di bagasi hidupkan alat ini dengan menekan saklarnya. Karena alat ini bekerja menggunakan arus listrik dari aki selama semalaman, pastikan kondisi aki mobil kamu masih sehat ya. 

 

4. Memasang lampu LED low voltage di dalam ruang mesin mobil

Untuk mengusir tikus di mobil, kamu juga bisa menggunakan lampu LED ultra-low voltage. Dengan daya yang dikeluarkan tidak sampai 1 watt, lampu ini cukup efektif untuk mencegah tikus masuk ke kap mesin mobil. 

Baca juga: Bagaimana Sih Cara Melihat dan Mengukur Voltase Aki Mobil?

Cukup dengan meletakkan lampu LED di area mesin yang ditemukan kotoran tikus lalu hidupkan di kala mobil kamu diparkirkan. Maka tikus akan enggan untuk masuk ke kap mesin karena kondisinya yang terang.

 

5. Jangan lupa untuk selalu memanaskan mesin mobil setiap hari

Karena tikus menyukai tempat yang tenang dan lembab, pastikan untuk rutin memanaskan mesin mobil. Sehingga, area mesin mobil yang biasanya rawan akan lembab yang menjadi tempat tikus bersarang dan bersembunyi terbebas dari tikus. 

 

6. Lakukan pembersihan mesin mobil agar tetap terawat

Jika tikus pernah ada di mobil, sebaiknya cepat-cepat untuk membersihkan mesin mobil dari kotoran serta baunya, ya. Karena bau dan kotoran yang tersisa di dalam kap mesin mobil akan mengundang tikus-tikus lain untuk datang

Baca juga: Catat! Kenali 20 Ciri Mesin Mobil Sehat Saat Beli Bekas

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan kendaraan. Mobil yang bersih dan tidak lembab akan terbebas dari ancaman tikus-tikus serta kotorannya. 

 

7. Jangan memarkirkan mobil di dekat selokan atau semak-semak

Hal terakhir tapi yang bisa dilakukan untuk mencegah masuknya tikus ke dalam kap mesin mobil dengan tidak memarkirkan mobil di sembarang tempat.

Tempat yang gelap dan lembab adalah sumber dimana tikus bersembunyi dan siap masuk ke mobil. Selamat mencoba dan semoga tips ini bisa membantu, ya!

Baca juga: 8 Tips Mengemudi Aman di Tengah Cuaca Ekstrem Jakarta

Untuk informasi dan tips-tips menarik lainnya, kunjungi mobbi, ya! mobbi juga bisa diakses melalui aplikasi dengan mengunduh di Play Store atau App Store.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambahkan 0 Mobil

Tambahkan 1 mobil lagi untuk membandingkan